Pengertian JPG, GIF dan PNG Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Banyak orang memiliki masalah dengan gambar mini pada posting blog atau situs web mereka yang tampak buram, berpiksel, atau sulit dibaca. Ini karena mereka menggunakan gambar yang disimpan dalam format yang disebut “JPEG” yang telah ada sejak akhir 90-an. Kabar baiknya adalah, cukup mudah untuk mengubah blog Anda menggunakan gambar yang disimpan dalam format yang disebut “GIF”!

Dengan popularitas media sosial, mudah bagi gambar kita untuk muncul di situs web dan blog dalam jumlah tak terbatas. Dan ketika gambar ini adalah gif atau jpg, ini bisa menjadi masalah. Ada banyak kesalahpahaman tentang jenis file ini di masa lalu, tetapi untungnya kami telah melakukan beberapa penggalian dan di sini untuk menjernihkan semuanya.

Saya seorang desainer grafis, dan saya suka memposting gambar di situs web saya untuk memamerkan karya saya. Terkadang menyenangkan untuk memotret sesuatu yang Anda lihat di siang hari, dan dapat membagikannya kepada dunia tanpa khawatir apakah gambar itu lossless atau tidak. Pada artikel ini, saya akan memberi Anda tiga hal cepat yang harus Anda ketahui tentang JPG, GIF, dan PNG sebelum memposting gambar secara online.

Apa itu JPG?

JPG adalah jenis file gambar yang digunakan sebelum web ada. Ini hanyalah salah satu dari banyak jenis file yang digunakan di internet. File JPG sebenarnya adalah akronim untuk Joint Photographic Experts Group dan berasal dari fakta bahwa gambarnya dibentuk menggunakan banyak gambar, yang membuatnya lebih kecil ukurannya daripada file lain seperti MP4 atau GIF.

JPG adalah singkatan dari Joint Photography Experts Group. Kebanyakan orang menggunakan istilah JPEG, tetapi itu bukan hal yang sama. JPEG adalah file gambar yang menggunakan kompresi untuk membuatnya lebih kecil dari file aslinya. Ini memiliki tingkat kualitas tinggi dan mendukung maksimal 255 warna pada satu waktu. PNG adalah singkatan dari Portable Network Graphics, yang lebih baik karena menawarkan resolusi dan tingkat transparansi yang lebih tinggi. GIF adalah animasi pendek yang biasanya digunakan di situs web yang dapat berisi hingga 256 warna sekaligus.

JPG, singkatan dari Joint Photographic Experts Group, adalah file gambar yang memampatkan data gambar agar lebih mudah dikirim melalui internet. GIF adalah jenis file lain dan merupakan singkatan dari Graphics Interchange Format. Ini sedikit berbeda dari JPG karena mendukung transparansi dan animasi. PNG mirip dengan JPG kecuali bahwa ia juga dapat menyertakan lapisan warna transparan.

Saat Anda menambahkan foto ke blog atau situs web, Anda menyimpannya ke komputer sebagai file JPG atau PNG. File JPG adalah jenis file yang paling umum digunakan dan dapat dibagikan dengan mudah. Ada dua jenis utama file JPG: 8-bit dan 24-bit. Dalam 8-bit, setiap piksel dalam gambar memiliki nilai warna satu byte, jadi 256 warna dimungkinkan sekaligus. Dalam gambar 24-bit, setiap piksel dapat memiliki hingga 4096 warna, sehingga lebih banyak warna tersedia untuk lebih detail.

Apa Itu GIF?

Istilah GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. Itu dibuat oleh CompuServe pada tahun 1987 dan dimulai sebagai format grafik bitmap. Gif sering digunakan untuk membuat animasi dan dapat dikompresi untuk menghemat waktu saat mengirim email dengan lampiran.

GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format dan merupakan ekstensi file yang kurang umum digunakan dalam membuat gambar. Tidak seperti JPG, GIF tidak dikompresi, sehingga memakan lebih banyak ruang penyimpanan. GIF dikenal karena kemampuannya untuk mengompresi sejumlah besar data gambar menjadi ukuran file kecil tanpa mengurangi kualitas. Ketika berbicara tentang seberapa besar file-file ini, Anda akan menemukan bahwa semakin besar file, semakin cepat dimuat.

Singkatan GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. Format ini adalah file yang digunakan untuk membuat animasi di komputer, biasanya gambar kecil yang biasanya tidak lebih dari 15-30 detik. Awalnya dirancang untuk gambar seperti logo dan iklan, tetapi penggunaannya kini telah diperluas ke banyak kegunaan lainnya.

Apa itu PNG?

PNG adalah format file yang digunakan untuk mengompresi gambar. Itu singkatan dari “Grafis Jaringan Portabel”. PNG diciptakan pada tahun 1989 oleh Steve Wilhite. Tidak seperti format file lainnya, ini tidak menggunakan algoritma kompresi lossy. Ini berarti bahwa kompresi tidak menurunkan kualitas file. Ekstensi file untuk PNG adalah .png dan menggunakan tipe gambar/png MIME.

PNG adalah ekstensi file untuk format gambar grafik. Ini paling sering digunakan untuk grafik web, tetapi juga dapat digunakan untuk mengirim gambar antar sistem komputer. Ekstensi file .PNG diucapkan sebagai “ping”.

PNG adalah singkatan dari Portable Network Graphics. Ini adalah format gambar yang mirip dengan JPEG, GIF, dan BMP. PNG dibuat 10 tahun yang lalu sebagai alternatif yang lebih baik untuk GIF karena mereka mampu menampung lebih banyak warna, menawarkan opsi transparansi, dan mengurangi ukuran file hingga setengahnya.

PNG adalah singkatan dari “Portable Network Graphics”. Ini adalah format file yang digunakan untuk menyimpan grafik berwarna yang dapat diskalakan secara portabel dan tanpa kerugian. Gambar PNG dibuat dari gambar komputer RGB 24-bit, dengan piksel 8-bit per saluran.

Manfaat Menggunakan GIF Dibandingkan JPG dan PNG

GIF, atau Graphics Interchange Format, dibuat populer saat internet pertama kali dibuat. Namun, mereka tidak cocok untuk semua situs web karena tidak dioptimalkan untuk situs web standar. Alih-alih GIF dan PNG, Anda harus menggunakan JPG jika Anda ingin membuat gambar di situs web Anda yang dioptimalkan untuk penggunaan web. GIF berfungsi paling baik di area yang lebih kecil seperti gambar di pos media sosial dan papan iklan.

Ada berbagai jenis format animasi yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. GIF dan JPG adalah dua format paling populer. Format yang Anda pilih akan bergantung pada apa yang ingin Anda capai, serta desain dan kebutuhan anggaran proyek Anda. GIF adalah cara yang sangat efisien untuk menganimasikan gambar atau video, tetapi ini juga berarti Anda harus menyediakan file suara atau musik Anda sendiri yang dapat meningkatkan beban kerja dan terkadang menaikkan biaya produksi.

GIF, JPG, dan PNG adalah tiga format file berbeda yang umum digunakan di internet, tetapi mana yang lebih baik? GIF memiliki ukuran file yang lebih kecil dari JPG atau PNG. Ini juga merupakan format vektor yang berarti terdiri dari piksel. Ini membuatnya sangat populer bagi pelukis digital, fotografer, dan desainer grafis yang perlu membuat karya mereka terlihat lebih realistis. Namun, karena GIF hanya dapat menampung 256 warna, biasanya tidak digunakan untuk foto atau grafik detail dengan lebih banyak warna. JPG dan PNG memiliki lebih banyak warna serta resolusi lebih tinggi yang menghasilkan layar yang lebih mulus di perangkat seluler

Perbedaan Antara 3 Gambar

JPG hanyalah jenis file gambar yang memiliki ekstensi .jpg. GIF sebenarnya adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. Format ini dikembangkan terutama sebagai alat online untuk berbagi gambar animasi secara online. Ukuran gambar GIF dibatasi hingga 256 warna, tetapi masih dapat digunakan untuk kartun atau gambar dengan desain sederhana. Gambar dalam jenis file PNG biasanya dianggap berkualitas lebih tinggi daripada gambar dalam format GIF dan JPEG.
PNG membutuhkan lebih sedikit waktu dan sumber daya sistem untuk memuat daripada JPG, membuatnya ideal untuk digunakan di halaman web dengan banyak gambar, itulah sebabnya mengapa sebagian besar terlihat di situs web seperti blog, majalah, dan platform e-niaga.

Ketiga gambar ini semuanya berbeda, tetapi yang paling umum adalah JPEG. JPEG adalah format gambar yang memiliki bitmap tidak terkompresi yang dikompresi dengan algoritma jpeg. Ini berfungsi paling baik saat mengedit foto di komputer Anda. PNG adalah format grafis berbasis piksel yang berarti tidak menggunakan kompresi lossless – tetapi memberikan kualitas yang sangat tinggi dan ukuran file yang lebih kecil.
GIF bekerja dengan mengurangi jumlah warna dalam gambar untuk membuat ukuran file yang lebih kecil dan paling baik untuk animasi seperti GIF.

Kesimpulan

Sekarang setelah kita membahas dasar-dasar apa itu JPG dan bagaimana menggunakannya, mari kita lihat apakah kita dapat mengetahui cara kerja GIF. Pertama, GIF pada dasarnya adalah serangkaian gambar yang diputar hanya beberapa detik sebelum diputar kembali. Gambar-gambar ini pada dasarnya adalah cuplikan kecil yang diambil dari video atau gambar lain dan kemudian dipasangkan dengan efek suara. Ternyata, ketika Anda membuat GIF dari video animasi di YouTube atau situs serupa lainnya, ukuran filenya sangat besar. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna beralih menggunakan jenis file lain: PNG.

Leave a Comment

Your email address will not be published.