Wajib Tahu! Hal-hal Penting Mengenai Asuransi Kesehatan

Hal-hal Penting Mengenai Asuransi Kesehatan – Apakah Anda berpikir bila telah mempunyai asuransi kesehatan maka Anda akan bebas biaya berobat dan biaya rumah sakit?Bila iya, mulai saat sekarang buang jauh-jauh dulu pemikiran yang seperti itu dari pikiran Anda. Nyatanya, tidak semua asuransi kesehatan memberikan pelayanan tersebut. Semua pihak asuransi, baik asuransi swasta maupun asuransi negeri, tidak ingin ada yang rugi, maka dari itu dibuatlah suatu syarat dan kondisi yang diajukan pihak asuransi untuk peserta asuransi.

Kemudahan yang Anda dapat ketika mengikuti suatu asuransi kesehatan adalah “keringanan biaya” dari biaya yang harus Anda tanggung. Fasilitas yang didapat ketika Anda memutuskan untuk bergabung dipengaruhi dari jenis asuransi yang Anda pilih, besar premi yang diberikan serta polis asuransi yang Anda sepakati.

Wajib Tahu! Hal-hal Penting Mengenai Asuransi Kesehatan

Wajib Tahu! Hal-hal Penting Mengenai Asuransi Kesehatan

Hal-hal Penting Tentang Asuransi Kesehatan

Beberapa Istilah yang Wajib Anda Tahu

Dalam dunia asuransi, terdapat banyak sekali istilah yang digunakan dalam lingkup perjanjian asuransi. Namun Anda tidak usah pusing, berikut beberapa istilah yang kerap digunakan.

  1. Premi : iuran yang wajib dibayar oleh peserta setiap bulan.
  2. Polis asuransi : merupakan suatu perjanjian asuransi yang tertulis peserta dan pihak asuransi
  3. Underwriting : proses untuk menetapkan apakah diterima menjadi peserta atau tidak.
  4. Klaim asuransi : permintaan pembayaran pada pihak asuransi sesuai perjanjian.
  5. Lapsed : kondisi polis dalam masa tenggang karena tidak membayar premi (umunya 45 hari).

Ada banyak lagi istilah yang digunakan dalam perjanjian asuransi. Namun untuk sekedar pengetahuan, istilah di atas dapat dijadikan dasar untuk Anda. Bila Anda ingin mengenal lebih banyak istilah lainnya, Anda dapat mencari pada artikel terkait.

Tips Memilih Paket Asuransi Kesehatan yang Sesuai

  1. Ketahui proteksi yang ditawarkan

Secara garis besar, terdapat 2 macam proteksi yang ditawarkan berbagai macam asuransi.

  • Hospital Cash Plan, dikenal juga dengan istilah reimbursement, dimana peserta membayar terlebih dahulu biaya yang diperlukan selama berobat untuk kemudian diganti oleh pihak asuransi sesuai dengan polis asuransi yang telah disepakati kedua belah pihak.
  • Hospital Benefit, atau non-reimbursement atau cashless, dimana pihak asuransi akan menanggung biaya rumah sakit yang dikeluarkan peserta. Sistem pembiayaan yang dilakukan adalah dengan menggesek kartu asuransi kesehatan yang dimiliki.
  1. Perhatikan Anggaran yang Anda Punya

Penting untuk memperhatikan anggaran yang Anda miliki ketika akan memilih suatu asuransi. Untuk Anda yang ingin berfokus pada kesehatan Anda, pilih tipe Asuransi Kesehatan Murni, selain berfokus pada pembiayaan kesehatan Anda, anggaran yang dikeluarkan lebih murah. Namun bila Anda ingin asuransi yang dapat Anda jadikan tabungan, Anda dapat memilih tipe Asuransi Kesehatan Investasi.

  1. Pilih Asuransi yang Jelas

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bisa menjadi rujukan tepat bagi Anda yang ingin tahu kualitas dari pihak asuransi yang menawarkan produk ke Anda.

  1. Teliti Manfaat yang diperoleh

Teliti sebelum membeli dapat Anda terapkan ketika memilih Asuransi kesehatan yang sesuai. Pastikan manfaat asuransi yang Anda peroleh sama dengan kebutuhan Anda.  Akan ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh pihak asuransi, maka jangan sungkan bertanya hal yang tidak Anda ketahui dan pahami agar Anda benar-benar yakin dengan kebutuhan Anda.

  1. Pelajari Kemudahan Klaim

Yang tidak boleh ketinggalan ketika memilih suatu asuransi adalah kemudahan ketika Anda ingin mengajukan klaim asuransi. Pelajari dengan teliti dan jangan malu bertanya hal yang yang tidak dimengerti ketika ingin mengajukan klaim asuransi agar Anda tidak bingung dan buta arah ketika mengajukan klaim.

Semoga bermanfaat dan memberikan gambaran pada Anda mengenai asuransi kesehatan.

Baca Juga:

undang undang mengenai asuransi kesehatan, makalah tentang asuransi kesehatan di indonesia, makalah tentang asuransi kesehatan, makalah mengenai asuransi kesehatan, makalah lengkap tentang asuransi kesehatan, latar belakang tentang asuransi kesehatan, landasan teori tentang asuransi kesehatan, jurnal tentang asuransi kesehatan pdf, jurnal tentang asuransi kesehatan, judul skripsi tentang asuransi kesehatan, hukum islam tentang asuransi kesehatan, fatwa mui tentang asuransi kesehatan, fakta tentang asuransi kesehatan di indonesia, buku tentang asuransi kesehatan, artikel tentang asuransi kesehatan