Ide Usaha Ternak Paling Menguntungkan Tahun Ini

Jumlah pengusaha di Indonesia saat ini, jumlahnya baru mencapi 2% dari total keselurahan total pengusaha ternak yang dibutuhkan oleh pemerintah untuk mencukupi kebutuhan konsumsi daging masyarakat. Kurangnya jumlah pengusaha ternak di Indonesia membuat pemerintah terpaksa harus mengimpor daging dari negara lain untuk menjaga kestabilan harga daging dalam negeri.

Ide Usaha Ternak Paling Mengguntungkan

Ide Usaha Ternak Paling Menguntungkan

Sehingga tidak salah apabila usaha ternak menjadi usaha paling mengguntungkan terutama bagi pasar di Indonesia yang masih menyediakan banyak peluang bagi pengusaha ternak yang baru saja membangun bisnis tersebut. Nah, khusus bagi Anda yang berencana atau sedang membangun bisnis usaha ternak berikut beberapa usaha ternak paling mengguntungkan yang layak dicoba

Ide Usaha Ternak Paling Menguntungkan

1. Ternak Sapi

Salah satu alasan mengapa sapi bisa dijadikan sebagai usaha ternak yang mengguntungkan karena hampir semua bagian dari sapi mulai dari daging, susu dan tulangnya dapat dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi.

Selain itu beberapa jenis makanan terbuat dari susu sapi seperti keju, yogurt dan susu. Tingginya kebutuhan sapi tidak sesuai dengan jumlah peternak sapi di Indonesia yang saat ini masih sangat sedikit sekali sehingga pemerintah harus mengimpor daging sapi untuk menutupi kekurangan yang Anda. Sehingga dapat disimpulkan bila masih terdapat banyak peluang bagi Anda yang berencana membukan usaha ternak khususnya ternak sapi.

2. Ternak Kambing

Daging kambing sering dijadikan sebagai salah satu alternatif yang sering digunakan apabila harga sapi dipasaran terlalu tinggi atau tidak tersedianya daging sapi. Selain itu perawatan yang dibutuhkan oleh kambing lebih mudah dan tidak terlalu rumit apabila dibandingkan dengan sapi dan keuntungan yang diperoleh dari beternak kambing hampir setara dengan berternah sapi sehigga tidak heran apabila ternak kambing layak disebut sebagai salah satu usaha ternak hewan palig mengguntungkan.

3. Ternak Ayam

Telur menjadi salah satu bagian dari ayam yang banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam macam produk seperti kue, mayones dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran apabila kebutuhan masyarakat akan telur ayam semakin hari jumlahnya semakin meningkat.

Sebagai salah satu usaha hewan ternak paling mengguntungkan, hampir semua bagian dari ayam dapat diperjual belikan. Telur ayam digunakan untuk konsumsi dan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam produk, daging dan ceker ayam yang telah diolah sedemikian rupa untuk dikonsumsi oleh manusia sedangkan bulu ayam sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kemoceng.

4. Ternak Bebek

Sama dengan ayam, hampir semua bagian dari tubuh bebek dapat diperjual belikan mulai dari telurnya yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi telur asin, sedangkan daging bebek juga dapat dikonsumsi dan diperlu diketahui harga daging bebek relative lebih mahal apabila dibandingkan dengan daging ayam.

5. Ternak Lebah

Madu dikenal karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan sehingga tidak heran apabila harga madu dijual dengan harga yang tinggi. Berbeda dengan usaha ternak jenis lainnya, apabila Anda berencana untuk memulai bisnis sebagai peternak lebah maka Anda harus menyiapkan uang lebih banyak karena harga lebah yang cukup tinggi. Anda tidak perlu khawatir dengan modal yang harus dikeluarkan karena modal tersebut sesuai dengan harga atau penjualan madu yang memang mahal sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan dalam waktu yang singkat. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, selalu pastikan lingkungan yang dijadikan tempat berternak madu berada dalam suhu normal karena kondisi suhu akan sangat mempengaruhi kualitas dari madu yang dihasilkan.

Selama Anda menjalani usaha ternak dengan serius dan selalu melakukan inovasi maka usaha ternak yang Anda lakukan akan mengalami kemajuan yang pesat. Selamat mencoba.

Baca Juga:

hewan terlaris diperjual belikan saat ini