Ide Usaha Menguntungkan di Daerah Wisata yang Memiliki Prospek Cerah

Industri pariwisata memang selalu menjanjikan keuntungan, terutama di musim liburan. Apalagi saat ini liburan sudah bukan lagi menjadi kebutuhan mewah, melainkan berubah menjadi suatu tren yang banyak dilakukan masyarakat kala jenuh dengan rutinitas atau kesibukan kerja.

Usaha Menguntungkan di Daerah Wisata

Usaha Menguntungkan di Daerah Wisata

Dan perubahan gaya hidup inilah yang membuat bisnis pariwisata terus mengalami peningkatan yang pesat. Nah, berbicara mengenai daerah wisata, kira-kira bisnis apa yang cocok dijalankan di daerah tersebut?

Bisnis Yang Cocok Di Tekuni di Daerah Wisata

1. Bisnis Kuliner

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan di daerah wisata adalah bisnis kuliner. Tentunya, makanan adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa oleh semua wisatawan. Nah, oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis kuliner.

Ada dua pilihan bisnis kuliner yang bisa Anda coba yaitu kuliner khas daerah wisata tersebut atau kuliner yang umum ada di berbagai wilayah Indonesia.  Biasanya para pengunjung daerah wisata akan tertarik dengan warung makan atau restoran bertema klasik unik sesuai dengan budaya di daerah tersebut. Kesan klasik inilah yang tidak bisa mereka temui di daerah perkotaan dan akan menjadi magnet bagi usaha kuliner Anda.

2. Bisnis Penginapan

Selain makanan, kebutuhan lain yang pasti diperlukan oleh wisatawan adalah penginapan. Wisatawan yang berasal dari luar daerah atau luar negeri dan ingin menetap beberapa hari di suatu daerah wisata pasti membutuhkan penginapan.

Saat ini ada beberapa jenis penginapan yang biasa ada di daerah wisata yaitu resort, hotel mewah, hotel biasa, hostel, hingga penginapan khusus bagi backpacker. Jika Anda ingin membangun usaha dalam bidang ini, maka hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah besarnya modal.

Jika Anda adalah penduduk asli di daerah wisata ini, Anda sudah memiliki 1 modal yaitu lahan atau bangunan. Anda bisa menyulap tempat tinggal Anda menjadi penginapan murah bagi para backpacker dengan menambahkan beberapa kamar. Konsep penginapan murah saat ini banyak sekali diburu oleh para wisatawan dan Anda tak perlu khawatir akan bersaing dengan resort atau hotel mewah, karena penginapan murah memiliki segmen pasar sendiri.

3. Bisnis Oleh-Oleh Khas

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan berikutnya adalah oleh-oleh khas daerah wisata tersebut. Makanan atau kerajinan khas daerah wisata pasti banyak diburu oleh wisatawan sebagai buah tangan saat pulang. Anda pun bisa membuka gerai oleh-oleh khas daerah wisata. Jika rumah Anda sudah berada di jalan utama menuju daerah wisata, maka manfaatkan peluang ini dengan membuka kios oleh-oleh khas di depan rumah. Pastinya ini akan memangkas modal Anda.

4. Bisnis Sewa Kendaraan

Banyak wisatawan dari luar daerah membutuhkan kendaraan sebagai sarana mereka berkeliling daerah wisata dengan lebih leluasa. Saat ini kendaraan pribadi lebih menjadi pilihan daripada harus mengikuti rombongan tur di derah wisata karena waktunya yang lebih fleksibel. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan mendirikan bisnis jasa sewa kendaraan baik motor ataupun mobil. Bagi Anda yang memiliki modal besar, Anda bisa membeli beberapa kendaraan untuk disewakan. Tapi jika modal Anda terbatas, Anda masih bisa mengakalinya dengan patungan menyewakan kendaraan bersama kerabat atau tetangga Anda.

5. Bisnis Jasa Fotografi

Anda pasti pernah melihat ada banyak orang yang menawarkan jasa fotografi di sebuah lokasi wisata. Anda pun yang memiliki bakat dan kemampuan fotografi bisa terjun dalam bisnis ini. Modalnya pun tak terlalu banyak. Anda hanya membutuhkan 1 buah kamera DSLR, printer foto, dan kertas foto berkualitas baik. Kunci dari usaha ini adalah ketekunan Anda dalam menawarkan jasa kepada pengunjung daerah wisata tersebut dan kwalitas pelayanan terbaik.

Itulah diatas  5 inspirasi usaha di daerah wisata yang bisa Anda coba. Kira-kira Anda tertarik menggeluti yang mana?