Ide Usaha di Bidang Jasa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Usaha Bidang Jasa Modal Kecil РJika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu, sudah saatnya Anda menjadikan skill tersebut menjadi peluang untuk mendapatkan uang.  Terlebih, untuk menjadikannya sebuah peluang bisnis, biasanya tidak memerlukan modal yang besar. Berbeda jika kita menjual produk, yang tentunya kita harus punya dana yang cukup untuk membuat produk tersebut.

Lantas, kira-kira usaha di bidang jasa apa yang sekiranya menguntungkan dan bisa menghasilkan banyak uang?

Usaha di Bidang Jasa

Usaha di Bidang Jasa

Ide Usaha Dibidang Jasa dengan Modal Kecil

1. Jasa Jahit Pakaian

Jika dulu kebanyakan orang yang menjahitkan pakaian hanyalah para pegawai dan siswa sekolah, saat ini sudah menjadi hal yang umum pergi ke penjahit untuk membuat pakaian keluarga, khususnya pakaian couple untuk putra-putrinya atau untuk semua anggota keluarga.

Dan untuk membuka jasa ini tak perlu modal besar tentunya, dengan uang beberapa ratus ribu saja, anda bisa memulainya. Karena biasanya yang dibutuhkan hanya mesin jahit dan benang, dan pernak perniknya saja. Sedangkan untuk kain, biasanya pelanggan membawa sendiri.

2. Jasa Tambal Ban

Salah satu jenis usaha di bidang jasa dengan modal yang murah dan bisa dilakukan di rumah Anda sendiri adalah jasa tambal ban. Dan bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha jasa tambal ban ini, Anda setidaknya harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan Anda terlebih dulu belajar bagaimana cara menambal ban yang baik dan benar. Karena kegiatan ini diperlukan keahlian khusus agar ban yang ditambal benar-benar rapat dan tidak justru bocor semakin parah.
  • Penuhi kebutuhan beberapa alat yang diperlukan untuk menjalankan bisniss jasa tambal ban ini misalnya kompresor, mesin pres ban, dan lain sebagainya.
  • Pertimbangkan pemilihan lokasi yang banyak dilalui oleh lalu lintas dan strategis.

3. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Saat ini banyak sekali orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga mereka tidak punya waktu luang untuk mengantar-jemput anak mereka di sekolah. Padahal orang tua tersebut juga khawatir jika anak mereka harus naik kendaraan umum. Karena itu manfaatkan peluang ini untuk membuka jasa antar jemput anak sekolah. Jasa ini bisa Anda mulai tawarkan pada tetangga-tetangga satu kompleks/kampung yang bisa Anda jangkau. Untuk pemasaran, tak ada salahnya mencoba mengiklankan jasa tersebut di media sosial.

4. Jasa Cuci Mobil dan Motor

Kesibukan di daerah perkotaan membuat banyak orang tak sempat mencuci kendaraannya sendiri. Inilah yang kemudian menjadi peluang usaha menjanjikan di bidang jasa cuci mobil dan motor. Tapi yang perlu Anda ingat, jasa ini kini juga banyak memiliki saingan.

Untuk bisa masuk dan diterima dalam bisnis di bidang jasa cuci kendaraan ini, Anda harus bisa memberikan harga yang bersaing dengan pelayanan yang memuaskan. Anda juga harus punya modal untuk membeli perlengkapan untuk mencuci kendaraan hingga sewa tempat.

5. Jasa Photo Copy

Usaha ini paling strategi jika Anda buka di daerah perkantoran, sekolah, ataupun kampus. Usaha ini bisa Anda mulai dengan skala kecil terlebih dulu. Misalkan dengan 1 mesin fotocopy dan dilengkapi dengan menyediakan berbagai macam alat tulis kantor.

6. Jasa Laundry Kiloan

Usaha ini paling strategis jika Anda buka di wilayah kompleks perumahan, perkotaan, dan lingkungan kost mahasiswa. Kelompok-kelompok ini jarang memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri karena kesibukannya. Manfaatkan peluang ini untuk membuka jasa laundry kiloan. Pastikan Anda memberikan harga yang bersaing tapi dengan jaminan kualitas kebersihan pakaian yang dilaundry.

Bisnis inipun bisa Anda buka dengan modal yang minim. Pada tahap awal, Anda bisa bermodalkan 1 mesin cuci, 1 buah setrika, detergen, dan pewangi. Kemudian saat bisnis Anda sudah berkembang, Anda bisa memperbanyak alat-alat tersebut.

Nah, itu dia ide usaha dibidang jasa, yang berpotensi menghasilakan banyak keuntungan dan layak ditekuni.

Baca Juga:

ide atau peluang usaha di bidang jasa