Trik Ampuh dan Mudah Mempercepat Koneksi Wi-fi di Rumah

Trik Mempercepat Koneski Wi-Fi di Rumah– Sebagaimana yang kita tahu, tidak semua jaringan wi-fi yang kita pakai selalu memliki jaringan yang stabil dan cepat. Dan dari berbagai kasus yang ada, salah satu penyebabnya adalah, karena terlalu banyak orang yang menggunakan koneksi wifi di tempat tersebut.

Lalu, bagaimana jika anda memiliki wi-fi pribadi dirumah  dan hanya anda yang memakainya ? Berikut, kami akan bagikan tips bagaimana cara mempercepat koneksi wi-fi yang dijamin sudah terbukti.

Trik Ampuh dan Mudah Mempercepat Koneksi Wi-fi di Rumah

Trik Ampuh dan Mudah Mempercepat Koneksi Wi-fi di Rumah

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Wi-fi di Rumah

1. Posisi Router Harus Strategis

Mungkin kebanyakan orang, mengganggap sepele dengan  hal yang satu ini. Jangan salah, penempatan posisi router juga akan mempengaruhi kekuatan sinyal wi-fi anda. kebanyakan orang menaruh posisi router tanpa banyak perimbangan, padahal terkait posisi ini sangat penting. Selain itu, jangan coba coba untuk menaruh posisi router di dekat jendela. Karena jika anda melakukan itu maka, sinyal yang terpancar lebih banyak  berada diluar rumah, bukan didalam dirumah anda. Oleh karena itu, cobalah cari posisi yang strategis. Diruang tengah rumah anda misalnya. Cara ini efektif karena, router wi-fi terdapat dibagian tengah rumah yang tentunya bisa menyalurkan sinyal secara menyeluruh ke semua ruangan rumah.

2. Atur Supaya Antena Bisa Berdiri

Setelah anda mengatur posisi router dengan baik dan dalam posisi strategis. Langkah selanjutnya adalah pastikan antena router anda berdiri. Karena jika anda memasang wifi secara horizontal dan mengatur antena anda secara horizontal juga, itu merupakan kesalahan besar. Lain halnya jika anda mengatur posisi wi-fi  dalam posisi horizontal, maka cara mengatur antena router yang benar  adalah posisi vertical. Karena dengan posisi seperti ini sinyal wi-fi akan menyebar dengan merata. Begitu juga sebaliknya.

3. Idealnya Taruh Router Ditempat yang Terbuka

Yang dimaksud ruang yang terbuka disini adalah ruang yang bebas himpitan. Misalnya yang tidak terhalang dinding, diapit oleh kolong sempit dan lain-lain. Masalah ini sama halnya dengan seperti point pertama yang dijelaskan. Ini juga merupakan faktor yang sering kita abaikan. Jadi coba taruh router di tempat yang tidak terhalang dengan barang apapun.

4. Jangan Gunakan Lantai untuk Menaruh Router

Sejatinya beton, logam dan semen merupakan komponen yang sulit ditembus oleh sinya wi-fi. Sebaiknya anda meletakkan router wi-fii diatas meja atau lemari. Intinya taruhlah router wi-fi ditempat yang tinggi Karena posisi itu bertujuan agar kinerja sinyal berjalan dengan lancar. Disamping itu, router wi-fi memang dirancang khusus untuk menyalurkan sinyal dari atas ke bawah.

5. Sebisa Mungkin, Jauhkan dari Aneka Barang Elektronik

Usahakan area yang digunakan sebagai tempat meletakkan router, dijauhkan dari semua perangkat elektronika, agar kinerja sinyal wi-fi tidak terganggu. Sebagaimana kita tahu, barang elektronik kebanyakan terbuat dari logam, dan logam dapat mengganggu kinerja sinyal wi-fi.

6. Sesekali Lakukan Speedest

Sesekali lakukan speed tes, terlebih saat koneksi wi-fi anda terasa kurang lancar. Namun setelah melakukan speed tes, koneksi anda belum stabil, berarti masalah yang terjadi bisa jadi ada di router anda. Untuk itu, segera hubungi provider anda untuk mendapatkan penanganan segera.

7. Matikan Router Jika Tidak Digunakan

Idealnya, jika anda sedang berpergian diluar kota atau anda sedang istirahat malam, sebaiknya matikan router wi-fi. Agar router anda tidak panas dan memicu kerusakan atau eror.

Nah, demikianlah cara mempercepat koneksi wi-fi yang wajib anda coba. Sangat mudah bukan untuk dilakukan? Semoga bermanfaat dan selama mencoba!