Trik Jitu Agar Aman Saat Online di Warnet

Trik Agar Aman Saat Online di Warnet – Walau saat ini kita bisa dengan mudah mengakses internet dari smartphone, namun ada kalanya karena alasan tertentu, kita mengakses internet dari sebuah warnet. Nah, dalam mengakses internet di warnet alangkah baiknya jika kita berhati-hati,  karena faktanya terdapat banyak kejahatan internet yang terjadi saat online di warnet.

Lantas, bagaimana caranya agar aman saat browsing di warnet?

Trik Jitu Agar Aman saat Online di Warnet

Trik Jitu Agar Aman saat Online di Warnet

Tips Aman Browsing di Warnet

1. Perhatikan dan Pastikan Selalu Logout

Dalam aktifitas berselancar di dunia maya, mengakses facebook adalah salah satu aktifitas yang sering kita lakukan. Membuat status, melakukan chatting, menambah teman dan melakukan pemeriksaan pemberitahuan  selalu kita lakukan saat mengakses facebook.   Namun, tak jarang kita sering lupa untuk logout facebook. Bahkan, saat meninggalkan  warnet kondisi  PS masih  log in Facebook Anda. Sebaiknya,  selalu melakukan cek saat akan meninggalkan warnet. Pastikan bahwa semua akun sosial media Anda sudah dalam kondisi log out.   Cara ini berperan penting agar akun sosial media Anda selalu aman  dan terlindungi dari berbagai kejahatan internet.

2. Tidak Menyimpan Password

Saat Anda log in di sebuah situs/web, biasanya Anda akan diberikan sebuah penawaran apakah ingin melakukan penyimpanan password atau tidak. Apabila Anda menggunakan komputer pribadi, silahkan Anda lakukan penyimpanan password.  Namun, jangan lakukan hal tersebut saat melakukan browsing di Warnet. Hal ini sangat berbahaya karena PC Warnet digunakan oleh banyak orang. Password yang tersimpan akan mudah ditemukan orang lain. Tentunya ini akan membahayakan akun sosial media Anda bukan? Oleh karena itu, hindari melakukan penyimpanan password di PC Warnet untuk keamanan  akun sosial media Anda.

3. Hindari Penyimpanan File Pribadi

Penyimpanan file pribadi di PC Warnet sebaiknya Anda hindari.  Pastikan Anda menggunakan Hardisk Eksternal atau Flashdisk sendiri apabila akan menyimpan file pribadi saat browsing di Warnet. Selain itu, pastikan pula  bahwa Anda telah menghapus keseluruhan data pribadi yang tersimpan di PC Warnet  dengan mengosongkan Receyle Bin sebelum Anda meninggalkan Warnet.

4. Hapus History Browser

Fitur Incognito atau Inprivate biasanya  terdapat di setiap browser. Fitur ini berperan dalam proses penyimpanan histori sehingga  jejak  para pengguna PC setelah melakukan akses internet tidak akan terekam. Lalu, bagaimana jika kita lupa menggunakan fitur tersebut? Anda bisa melakukan penghapusan history secara manual dengan menghapus cookies. Cara ini sangat  bermanfaat untuk menghapus jejak aktifitas Anda di browser.

5. Hindari Aktifitas Finansial

Saat melakukan browsing di PC Warnet, sebaiknya hindari aktifitas-aktifitas berupa transaksi finansial. Hal ini disebabkan kita tidak memahami software apa saja yang ada di dalam PC Warnet tersebut.  Terdapat jenis software yang mampu merekam  data-data nomor kredit atau rekening bank yakni software keylogger.   Jika dalam PC  Warnet terdapat software tersebut tentunya akan sangat berbahaya bagi aktifitas finansial Anda bukan? Nomor kartu kredit atau rekening bank Anda akan terekam dengan software tersebut.

Nah, demikianlah di atas ulasan tentang 5 trik ampuh agar aman browsing di Warnet. Dengan trik-trik di atas, Anda dapat  mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan terhindar dari beragam kejahatan internet.  Oleh karena itu,  selalu waspada dan berhati-hatilah saat sedang  melakukan akses internet di Warnet. Dan pastikan untuk menghapus semua histori, chace yang terdapat pada browser yang baru saja dipakai. Nah, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

cara agar akun fb dapat tersimpan di warnet