Tradisi Unik yang Hanya Dimiliki Suku Dayak

Tradisi Unik Suku Dayak – Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa di dalamnya. Setiap suku di Indonesia memiliki keunikan budayanya sediri-sendiri. Dan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kebudayaan dan tradisi yang unik tersebut ialah suku dayak. Suku Dayak merupakan suku asli yang mendiami sebagian besar wilayah  Kalimantan Timur.

Tradisi Unik Suku Dayak

Tradisi Unik Suku Dayak

Lantas, keunikan apa saja yang dimiliki suku tersebut? Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kebudayaan dan Tradisi Unik Suku Dayak Kalimantan

1. Upacara Tiwah

Kebudayaan atau tradisi unik pertama yang dimiliki oleh suku Dayak adalah adanya upacara tiwah. Upacara Tiwah adalah upacara pengantaran tulang orang Dayak yang sudah meninggal ke Sandung atau rumah kecil yang telah dibuat sebelumnya. Biasanya sebelum tulang orang meninggal tersebut diletakkan di Sandung, akan diiringi dengan tarian-tarian, ritual dan juga suara gong.

2. Racun Paser

Kebudayaan unik kedua yang dimiliki oleh suku Dayak adalah ilmu gaib. Sebelum adanya agama tersebar di tanah Kalimantan, suku Dayak telah mempercayai hal-hal gaib. Mereka beribadah dengan menyembah roh-roh para leluhur serta melakukan ritual-ritual yang berkaitan dengan penyembahan roh leluhur tersebut. Uniknya masyarakat Dayak memiliki sebuah ilmu goib yang dapat disalurkan pada media tak kasat mata atau biasa disebut dengan ‘racun paser’.

Ketika racun paser ini sudah masuk pada tubuh seseorang, maka orang tersebut akan merasakan gatal di seluruh badannya dan lama kelamaan tubuhakan semakin mengering. Maka dari itu banyak orang yang menganggap bahwa orang Dayak merupakan suku yang sakti.

3. Tato

Tradisi unik ketiga yang dimiliki oleh suku Dayak adalah tato. Masyarakat dayak mempercayai bahwa pria Dayak yang memiliki tato banyak di tubuhnya pertanda ia telah banyak mengunjungi berbagai daerah Dayak. Tahukah anda bahwa daerah Dayak merupakan daerah yang sulit dijangkau. Jika ingin sampai ke sana, maka seseorang harus melewati hutan yang lebat dan terjal, dengan berbagai rintangannya. Jika mereka telah berhasil melewatinya, maka tubuhnya bisa mulai ditato.

4. Mangkok Merah

Hal unik keempat yang dimiliki oleh suku Dayak adalah mangkok merah. Mangkok merah disini digunakan oleh masyarakat Dayak sebagai sebuah media ketika ada orang Dayak yang merasa kedaulatannya sedang dalam bahaya. Biasanya bahaya tersebut ditandai dengan isyarat yang dikeluarkan oleh panglima atau biasa orang Dayak sebut sebagai ‘Pangkalima’. Namun, sebelum mangkok merah tersebut beredar, Pangkalima mengadakan ritual adat terlebih dahulu.

Ritual adat tersebut berfungsi untuk memanggil roh-roh leluhur, dan nantinya akan memasuki tubuh sang Pangkalima. Roh yang telah masuk ke tubuh pangkalima tersebut nantinya akan dimintai bantuan dan menyatakan kapan perang bisa dilaksanakan. Prosesi ini disebut dengan ‘Tariu’, dan siapa saja yang memiliki jiwa-jiwa yang labil, maka ia berkemungkinan besar bisa menjadi sakit atau bahkan gila jika mendengar ‘Tariu’ tersebut.

5. Sumpit Beracun

Hal unik kelima yang dimiliki oleh suku Dayak asli adalah sumpit beracun. Cara penggunaan dari sumpit beracun ini adalah dengan diarahkan ke leher dan diarahkan ke arah lawan, jika anak panahnya telah tertancap pada korban, maka otomastis korban akan kejang-kejang dan tak jarang hingga sampai meninggal.

Nah, itu adalah 5 tradisi atau hal unik yang dimiliki oleh suku Dayak dan tidak dimiliki oleh suku-suku lain di Indonesia. Selain kelima budaya unik di atas, sebenarnya masih ada banyak hal unik yang bisa anda temui dari masyarakat Dayak. Semoga info di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga:

banyak unik kreatif suku dayak sebagai dagangan, budaya unik yang ada di kalimantan timur, sebutkan tradisi unik apa yg ada di daerah kalimantan timur, taradisi unik suku kalimantan, tari yang menyembah roh leluhur kalimantan, tradisi unik di kalimantan timur