Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Mudik Menggunakan Sepeda Motor – Hari-hari menjelang hari raya idul fitri seperti saat ini merupakan saat-saat yang spesial bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Yang ditunggu-tunggu tak lain dan tak bukan adalah tradisi mudik atau pulang kampong. Walaupun saat ini sudah banyak model transportasi yang menawarkan kenyamanan lebih seperti mobil, travel, bus, pesawat terbang ataupun kereta api, namun faktanya masih banyak orang yang tetap setia melakukan perjalanan mudik menggunakan motor kesayangannya.

mudik aman menggunakan sepeda motor

mudik aman menggunakan sepeda motor

Nah, buat anda yang sedang merencanakan mudik menggunakan sepeda motor, sebaiknya simak dan terapkan tips berikut ini. Agar perjalanan anda aman dan menyenangkan.

Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

1. Persiapkan diri anda

Tak dipungkiri melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor adalah kegiatan yang sangat menguras tenaga dan konsentrasi. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mempersiapkan diri anda sebaik mungkin. Menjaga tubuh agar tetap fit dengan olahraga kecil-kecilan bisa sangat membantu kelancaran perjalanan anda. Sehari sebelum hari keberangkatan, istirahatlah yang cukup agar badan kembali bugar keesokan harinya. Hal ini juga berlaku bagi anggota keluarga yang anda ajak. Jangan sampai ada yang berada pada keadaan kurang sehat ataupun kurang fit. Jika anda atau keluarga pada hari keberangkatan tidak dalam kondisi yang sehat, sebaiknya anda menunda perjalanan anda dahulu karena akan sangat membahayakan apabila dipaksakan.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum hari keberangkat, pastikan dahulu anda sudah mengetahui informasi tentang jalur yang akan anda lalui. Lebih baik lagi jika anda juga mencari informasi mengenai jalur-jalur alternatif yang sangat berguna untuk menghindari macet yang bisa hampir dipastikan selalu hadir pada saat musim mudik seperti saat ini. Selain itu, anda dapat mencari info tentang spot-spot tempat anda dapat beristirahat sejenak. Pada musim mudik seperti ini biasanya akan banyak posko-posko mudik yang tersebar di berbagai jalur mudik di Indonesia. Anda juga dapat mencari informasi mengenai fasilitas yang sangat berguna ini.

3. Cek kendaraan motor anda

Selain keadaan fisik diri anda yang harus dalam keadaan prima, kondisi motor anda juga harus anda perhatikan dan pastikan sedang dalam kondisi yang baik. Bagian-bagian yang harus anda cek antara lain adalah spion, ban, rem, dan juga mesin. Untuk lebih memastikannya, lebih baik anda membawa menservis motor anda sebelum dipakai untuk mudik. Selain itu, anda juga harus mengecek kembali mengenai kelengkapan surat-surat anda. Pastikan juga surat-surat tersebut masih berlaku dan tidak ada masalah. Karena tentunya akan sangat merepotkan apabila anda harus berurusan dengan polisi pada saat musim lebaran seperti ini.

4. Perhatikan barang bawaan

Tidak pulang kampung rasanya apabila tanpa membawa segudang barang-barang dan juga oleh-oleh. Hal ini tentunya sah-sah saja. Tapi, sebaiknya anda memperhatikan barang bawaan anda dan kapasitas yang dapat diangkut motor anda. Jangan sampai barang-barang yang anda bawa menganggu anda dalam berkendara. Perlu diingat juga berdasarkan kasus yang terjadi pada musim mudik sebelumnya, banyak sekali pemudik yang harus diberhentikan oleh polisi karena membawa barang  yang terlalu banyak dan dianggap dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan baik-baik mengenai masalah barang bawaan ini.

Demikian adalah ulasan mengenai beberapa tips mudik aman mengggunakan sepeda motor. Semoga ulasan ini dapat membantu anda yang sekiranya tahun ini akan mudik menggunakan sepeda motor.