Tips Merawat Mobil Sport Yang Benar Agar Tetap Tampil Prima

Merawat Mobil Sport – Memiliki mobil sport tentu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan bentuk yang eksotis, harga yang selangit, dan juga peforma yang ciamik, tentu membuat siapapun bermimpi ingin memilikinya. Dan tentu saja, perawatan yang dibutuhkan mobil istimewa ini sedikit berbeda dibandingkan dengan mobil-mobil biasa. Perlu perlakuan khusus agar mobil tetap tampil prima.

Tips Merawat Mobil Sport Yang Benar

Tips Merawat Mobil Sport Yang Benar

Tips Merawat Mobil Sport Yang Benar

1. Rutin Mengganti Oli

Oli merupakan salah satu hal terpenting dalam usaha menjaga kondisi mesin tetap prima. Seperti pada kendaraan-kendaraan lainnya, oli pada mobil sport juga wajib hukumnya untuk secara rutin diganti paling tidak sekali dalam enam bulan atau setiap 5000 km. Tak hanya rutin, kualitas oli yang digunakan juga harus diperhatikan. Alangkah baiknya untuk memakai oli dengan kualitas tinggi pada mobil sport anda. Tak usah khawatir, biasanya bengkel-bengkel resmi sudah menyediakan oli berkualitas tinggi yang khusus untuk konsumsi mobil jenis ini.

2. Memilih Bahan Bakar Yang Tepat

Mungkin ini terlihat sepele, tetapi kenyataannya tak jarang juga banyak kendaraan yang masuk bengkel karena menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai. Mobil sport sendiri memiliki mesin yang lebih rumit dan canggih daripada mobil-mobil lain. Oleh karena itu, pemakaian bahan bakar tidak bisa dilakukan sembarangan.

Mobil-mobil sport yang beredar biasanya mengharuskan pemakaian bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Hal ini dikarenakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi relatif bisa memaksimalkan tenaga yang dimiliki oleh mobil sport. Selain itu, bahan bakar tersebut juga bersahabat bagi mesin dan mengurangi potensi kerusakan mesin.

3. Menambahkan Zat Aditif

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahan bakar beroktan tinggi sangatlah penting untuk lebih melancarkan pembakaran pada mobil sport. Sayangya, di Indonesia sendiri tersedianya bahan bakar tersebut terkadang masih sulit ditemukan. Lalu bagaimana solusinya? Caranya adalah dengan menambahkan cairan aditif pada bahan bakar. Cairan aditif ini sederhananya adalah sebagai pelarut sulfur yang juga berfungsi untuk menambah oktan bahan bakar.

4. Servis Dan Pergantian Part Secara Rutin

Seperti kendaraan-kendaraan pada umumnya, mobil sport juga harus secara rutin diservis.  Pada saat proses servis, mobil sport anda akan dicek secara menyeluruh untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut masih didalam peforma baik. Selain itu, disini juga akan dilakukan pengecekan terhadap bagian-bagian dalam mobil.

Jika kilometer mobil sport sudah mencapai angka 10.000 lebih, mungkin anda akan seringkali diminta untuk mengganti beberapa sparepart. Perlu dicatat, pergantian ini sangat penting karena bagian-bagian pada mesin mobil sport biasanya lebih sensitif dibandingkan mobil-mobil pada umumnya. Jadi, penurunan peforma hingga kemungkinan kecelakaan akan meningkat apabila sparepart yang bermasalah yang tak kunjung diganti.

5. Merawat Body Kendaraan

Selain peformanya yang dahsyat, tampilan luar dari mobil sport merupakan salah satu faktor mengapa jenis mobil ini sangat digemari. Tentu saja, dibalik tampilannya yang sangat menawan dibutuhkan perawatan yang lumayan ketat juga. Masalah yang sering kali terjadi pada body mobil sport adalah timbulnya korosi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan menyeluruh pada body mobil paling tidak setahun sekali. Bagi anda yang bertempat tinggal di dekat laut, sebaiknya melakukan pengecekan lebih sering karena menurut penelitian, kandungan garam yang tinggi di daerah tersebut berpotensi lebih besar menimbulkan korosi.

6. Mengontrol Sistem Keamanan

Keunggulan mobil sport dibanding mobil-mobil biasa tak hanya pada peforma dan bentuknya saja. Sistem keamanan canggih juga merupakan fitur yang dibawa mobil sport. Untuk memaksimalkan penggunaannya, tentu saja pengguna harus mengetahui fungsi-fungsi sistem keamanan tersebut. Selain itu, untuk mencegah malfungsi yang bisa saja terjadi, alangkah baiknya untuk secara rutin mengecek sistem keamanan tersebut.

Baca Juga:

youtube mobil sport termahal, balap mobil sport mewah, balap mobil sport lamborghini vs ferrari, audio mobil untuk pajero sport, audio mobil sport, audio mobil pajero sport, audio mobil outlander sport, artis yang punya mobil sport mewah, artis pemilik mobil sport, artis memiliki mobil sport, artis dengan mobil sport, arti mimpi naik mobil sport mewah, aksesoris mobil mitsubishi outlander sport, 7 mobil sport super mewah buatan indonesia, 7 mobil sport mewah buatan indonesia