Tips Memasarkan dan Meningkatkan Penjualan Online Shop dengan Efektif

Tips Meningkatkan Penjualan Online Shop – Internet telah membantu mempermudah kehidupan kita. Termasuk untuk berbisnis, baik itu membuka usaha serta memasarkan produk. Jika anda adalah penjual, memasarkan produk anda secara online bukan lagi hal yang asing. Pemasaran di dunia maya ini lebih luas jaringannya serta lebih efisien. Namun karena cara ini telah banyak dikenal atau populer, tentu anda memiliki banyak saingan. Jadi harus memiliki strategi ampuh dalam pemasaran agar toko online kita laris manis.

Tips Meningkatkan Penjualan Toko Online Shop

Tips Meningkatkan Penjualan Toko Online Shop

Tempat Terbaik Dalam Memasarkan Produk

1. Lewat situs jual beli

Situs jual beli online resmi memiliki banyak pengunjung dan pelanggan sehingga kemungkinan pembeli produk anda juga banyak. Dalam beberapa hal, menjadi penjual di situs jual beli resmi memiliki beberapa kelebihan, seperti pengaturan keuangan dan kurir pengiriman.

2. Lewat sosial media

Membuka online shop di sosial media sepertinya menjadi yang paling populer. Promosi yang mudah dan jangkauan yang luas, menjadi alasan kenapa promosi di media sosial banyak dipilih. Adapun beberapa media sosial yang paling potensial sebagai sarana pemasaran produk adalah, facebook, instagram, twiter, dan google +.

3. Lewat website resmi/website toko online

Saat membuka website resmi, biasanya merk dagang atau online shop anda akan dicap profesional dan tidak dianggap main-main. Intinya dengan membuka website toko online sendiri, maka nilai kepercayaan pembeli menjadi tinggi dan membuat produk anda makin dikenal.

Tips Meningkatkan Penjualan Toko Online Shop

1. Pastikan memakai kata kunci yang tepat.

Entah lewat media apapun, memberi kata kunci yang tepat bisa membantu mengarahkan calon pembeli ke online shop anda. Contohnya saat posting di media sosial, cobalah memberi tagar atau hashtag untuk setiap postingan atau promosi anda. Kata kunci akan membantu mesin pencari menampilkan online shop anda pada pelanggan.

Untuk pemilik website resmi, maksimalkan website anda menerapkan SEO. Riset kata kunci sesuai produk yang anda jual. Jika belum berpengalaman, anda bisa memakai jasa SEO untuk urusan ini.

2. Bangun kepercayaan dan branding

Berdasarkan studi Actual Insights, lebih dari 75% konsumen menganggap sebuah logo mempengaruhi kepercayaan mereka pada sebuah toko online. Presentase lainnya yang sama tingginya menyatakan juga kalau salah satu alasan pembeli tidak tidak membeli dari sebuah toko online adalah karena ketidakpercayaan mereka.

Anda perlu mendesign sebuah logo dan brand yang bagus. Memberi tagline yang mudah diingat, membangun imej profesional dan berusaha tidak mengecewakan pembeli sehingga dia akan menjadi pelanggan di online shop anda. Tambahkan kontak yang jelas, seperti nomor telepon dan alamat kantor yang lengkap sehingga pelanggan akan tahu kalau toko online anda bukan fiktif. Beri garansi pengembalian atau pengiriman, jika ada kerusakan saat pengiriman. Intinya lakukan pelanggan bak raja, dan buat mereka senang.

3. Pasang iklan dan ulasan

Endorsement dan iklan berbayar mungkin salah satu tips meningkatkan penjualan toko online shop yang paling cepat. Bisa dibilang sangat efektif, namun  namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Daalm hal ini Anda bisa menghubungi pemilik akun social media influencer, youtuber, para blogger terkenal atau bahkan artis nasional untuk ikut mempromsikan produk anda. Karena ini akan membutuhkan uang yang lumayan, maka anda harus pandai memilih siapa yang akan anda hubungi dan sebaiknya jangan memaksakan budget anda.

Selain itu, ,memasang iklan resmi di facebook atau google Adsense juga terbukti efektif. Selain endorsement atau iklan, menuliskan testimoni terbukti juga meningkatkan penjualan. Minta pelanggan anda untuk menuliskan kesan mereka membeli dari online shop anda. Intinya ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli agar tidak ragu membeli dari online shop milik anda.