Sering Mengantuk Saat Perjalanan? Baca Dulu 5 Tips Pengusir Kantuk Ini

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara – Sudah banyak kasus-kasus kecelakaan terjadi yang penyebab utamanya adalah kehilangan konsentrasi yang diakibatkan oleh kantuk. Ini membuktikan bahwa kesiapan dan kefokusan dalam berkendara khususnya kendaraan roda dua memang penting adanya. Bahkan, tak terhitung banyaknya iklan-iklan layanan masyarakat yang selalu mengingatkan kita untuk selalu beristirahat apabila kantuk menyerang.

Jika kantuk melanda, memang alangkah baiknya kamu beristirahat dulu sejenak dan jangan dipaksakan. Namun, mungkin beberapa dari kamu memiliki pekerjaan yang menuntut kamu untuk berkendara walaupun kondisi badan sedang tidak fit atau mengantuk. Lalu bagaimana solusinya? Dibawah ini kami sudah merangkum 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kantuk ketika berkendara. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan dibawah ini.

Tips Mengusir Kantuk Saat Perjalanan

Tips Mengusir Kantuk Saat Perjalanan

Tips Mengusir Kantuk Saat Perjalanan

1. Buka Helm Secara Berkala

Menggunakan helm pada saat berkendara memanglah penting. Selain akan mencegah benturan kepala langsung apabila terjadi kecelakaan, kaca yang terdapat pada helm juga terbukti dapat menghalau debu dan kotoran-kotoran yang terkadang terdapat di perjalanan.

Namun walaupun begitu, menggunakan helm ternyata dapat membuat gejala kantuk yang kamu rasakan semakin parah. Kondisi wajah yang tertutup terutama pada helm tipe fullface akan membuat mata menjadi lelah dan kekurangan udara.

Solusinya, kamu dapat secara berkala membuka kaca helm kamu. Selain membuat mata menjadi segar, udara yang secara langsung mengenai wajah kamu tentu juga akan membuat wajah kamu terasa segar dan bebas dari rasa kantuk.

Walaupun membuka kaca helm memang ampuh untuk mengusir kantuk, sebaiknya kamu jangan selalu membuka kaca helm kamu. Selain secara segi keamanan tidaklah baik, udara yang terus menerus mengenai mata malah akan membuat mata menjadi lelah.

2. Gerakan Badan Secara Berkala

Tak dipungkiri kecapekan merupakan sumber utama dari timbulnya kantuk. Untuk kamu para pengendara motor, pasti pernah merasakan kecapekan karena tubuh kaku dan pegal-pegal saat melakukan perjalanan jauh. Menurut beberapa kasus yang telah terjadi, hal ini juga merupakan penyebab timbulnya rasa kantuk pada saat berkendara.

Untuk mengatasinya sebenarnya tidaklah sulit, kamu dapat sedikit menggerak-gerakan beberapa bagian tubuh,  guna merilekskan dan melemaskan otot-otot yang tegang.  Caranya, kamu dapat memulai dengan menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Setelah itu, kamu dapat menggerakan tangan secara bergantian. Apabila dirasa masih kurang, kamu juga dapat mengayun-ayunkan kaki kamu secara bergantian.

3. Bermanuver

Untuk mendapat hentakan yang dapat meningkatkan adrenalin dan membuat rasa kantuk yang kamu rasakan hilang, sesekali dapat mencoba melakukan manuver-manuver seperti menarik gas secara cepat. Tapi ingat, perhatikan sekitar pada saat merupakan hal ini.

4. Ngobrol

Cara ini hanya dapat dilakukan bagi kamu yang berkendara bersama. Tak jarang rasa kantuk timbul karena kebosanan yang melanda. Untuk itu, kamu bisa mengobrol dengan orang yang kamu bonceng. Tapi ingat, tetap selalu memperhatikan sekitar, agar tak terjadi kecelakaan.

5. Beristirahat Sejenak

Apabila cara-cara diatas tidak mempan untuk meredakan kantuk kamu, maka satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan berhenti sejenak. Tidak perlu lama-lama, kamu hanya perlu berhenti antara 10 hingga 30 menit saja untuk sekedar merefresh fisik dan pikiran kamu. Jangan pernah memaksakan diri untuk berkendara. Ingat, keselamatan adalah hal yang utama pada saat berkendara.

Demikian diatas beberapa tips yang dapat kamu lakukan pada saat terserang kantuk di tengah perjalanan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

tips tidak mengantuk saat perjalanan, cara menghilangkan ngantuk perjalanan, cara menghilangkan ngantuk di perjalanan, cara menghilangkan ngantuk dalam perjalanan, cara mengatasi ngantuk saat perjalanan, cara mengatasi ngantuk perjalanan, cara mengatasi ngantuk di perjalanan, cara mengatasi ngantuk dalam perjalanan, cara mencegah ngantuk di perjalanan, cara agar tidak mengantuk saat perjalanan jauh, cara agar tidak mengantuk saat perjalanan, biar tidak ngantuk saat perjalanan, agar tidak ngantuk saat perjalanan jauh, agar tidak ngantuk di perjalanan, agar tidak ngantuk dalam perjalanan