Tips dan Trik Jitu dalam Menghemat Kuota Internet

Tips Menghemat Kuota Internet – Tanpa disadari, kebutuhan anda dalam memakai gadget kadang sering bertolak belakang dengan jumlah  kuota internet yang tersedia. Terutama bagi anda yang aktif di media sosial, suka melihat video dan bermain game. Pasti banyak sekali kuota internet yang digunakan.

Tapi tenang, tak perlu khawatir. Karena ada kok tips dan trik agar kuota anda gak cepat habis. mau tau apa saja? Mari kita simak!

Tips Menghemat Kuota Internet

Tips Menghemat Kuota Internet

Trik Jitu dalam Menghemat Kuota Internet

1. Mengaktifkan Kuota Saat Dibutuhkan

Mungkin anda sudah terbiasa dengan selalu menyalakan mode data anda ketika anda sedang tidak memakai gadget. Tapi, Tahukah anda? Pada saat anda tidak menggunakan gadget ( chatting, browsing dan lain lain ) kuota paket data anda akan tetap juga terpakai. Mungkin ada baiknya jika anda mencoba memakai paket data hanya pada saat di butuhkan saja, agar meghemat kuota internet  anda. Terutama pada saat anda ingin tidur lebih baik matikan paket internet anda tidak terbuang sia sia.

2. Memanfaatkan Fasilitas Wi-Fi

Khususnya bagi mereka yang suka mendownload dan mengupdate aplikasi, tentunya koneksi wi-fi ini sangat menguntungkan. Selain anda bisa memakai inernet secara gratis, ini juga salah satu cara ampuh untuk menghemat kuota internet anda. Di samping itu, menggunakan paket data untuk mendownload dan mengupdate aplikasi akan menghabiskan kuota internet anda dengan cepat. Jika anda dalam rangka menghemat kuota internet, jangan sekali kali anda   mencoba mendownload atau mengupdate aplikasi dengan paket data anda.

3. Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Mungkin sebagian besar orang belum banyak mengetahui masalah ini. Aplikasi maps di gadget anda ternyata akan banyak sekali menggunakan kuota internet. Terutama ketika built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time dan melihat map dengan mode satellite. Bagi anda yang ingin merubahnya ke mode offline, caranya sangat mudah sekali . Bagi anda pengguna android, Anda bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Selanjutnya  Anda bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline’. Bagi pengguna platfom iOS, Anda hanya perlu mengubah  ke flight mode.

4. Mematikan Data Saat Susah Sinyal

Anda pasti pernah kan datang atau mengujungi tempat yang susah dijangkau dengan sinyal? Sebaiknya matikan mode data anda ketika anda berada di lokasi seperti itu, kenapa begitu ? karena ketika anda tetap menyalakan mode data anda, maka ia akan berusaha selalu mencari sinyal. Memang menyebalkan. Tapi, alangkah baiknya jika mode data anda dimatikan, dan nyalakan kembali jika anda sudah berada  lokasi dengan sinyal yang stabil. Jika anda masih menyalakan mode data di kondisi seperti itu, tentunya nanti akan berdampak buruk pada jumlah kuota internet yang anda miliki.

5. Rajin Cek Pemakaian Kuota

Masalah yang terakhir ini sering disepelekan oleh kebanyakan orang. mengecek jumlah pemakaian kuota itu juga harus dilakukan. Dengan begini anda akan tau berapa kuota internet yang anda gunakan selama ini. Jika anda sudah tau berapa jumlah kuota yang anda pakai. Tentunya anda bisa lebih mudah menemukan solusinya. Di sisi lain, cara ini  bisa menghemat pengeluaran anda dalam pembelian kuota internet.

Itu dia, sederet tips dalam menghemat kuota internet anda. Tidak sulit bukan? Nah, semoga bisa menjadi referenis yang bermanfaat bagi yang membutuhkan.