Tips Mengenalkan Internet Pada Anak, Agar Terhindar Dari Berbagai Dampak Buruknya

Tips Mengenalkan Internet Pada Anak – Pada era modern saat ini, memang sangat wajar jika internet menjadi sesuatu yang tak tidak asing lagi bagi anak-anak. Internet bisa dibilang telah menjadi media atau sumber informasi, pengetahuan, permainan dan banyak lagi fungsi lainnya. Dan perkembangan zaman dan teknologi seperti ini, tentu saja tidak dapat kita hindari.

Sebagaimana kita ketahui, saat sekarang ini ada banyak sekali media sosial ataupun situs-situs yang dapat diakses dengan mudah yang tentunya tidak semuanya cocok dengan usia buah hati kita. Nah, sebagai orang tua tentu anda harus bijak. Dan pastikan untuk selalu berusaha memberikan arahan yang baik pada sang anak akan sangat mudah terbawa pada hal-hal negatif.

Nah, berikut,  beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengenalkan dunia internet kepada anak anda: agar yang didapat pada kegiatan tersebut adalah hal positifnya saja.

Tips Mengenalkan Internet Pada Anak

Tips Mengenalkan Internet Pada Anak

Cara Mengenalkan Internet Pada Anak

1. Sesuaikan Dengan Usia Sang Anak

Pastinya, tak semua media sosial ataupun situs cocok dengan usia anak. Oleh karena itu, orang tua harus tahu mana-mana media atau situs yang layak di buka dan mana yang tidak layak untuk mereka baca. Serta idealnya jelaskanlah pada mereka terkait kelebihan dan kekurangan media sosial tersebut supaya anak lebih paham yang kita maksud.

2. Pastikan Untuk Membuka Situs Internet Positif

Tak bisa dipungkiri bila internet juga berpengaruh baik dalam dunia anak.  Banyak sekali website atau situs yang bisa dijadikan wahana belajar.  Di sana berbagai jenis kelimuan, mulai dari A sampai Z, dapat kita temukan. Namun, dibalik segala dampak positifnya, ada banyak situs yang kehadirannya justru akan memberi dampak negatif pada anak. Mulai dari situs yang berisi konten dewasa, postingan yang berisi kata-kata sara, dan lain sebagainya.

Untuk itu, selalu ingatkan anak supaya tidak mengakses situs negatif tersebut. Katakan pada mereka, jika sampai sekali saja ketahuan membuka situs yang tidak baik tersebut, akan  ada sanksi yang harus ditanggung, misalnya dilarang buka internet atau buka komputer untuk beberapa waktu atau hukuman lainnya.

3. Buat Anak Selalu Terbuka Pada Kita

Pastikan sebagai orang tua, anda menjadi teman bagi anak anda. Dengan begitu, anda menjadi orang pertama yang akan diberitahu setiap kali mengalami hal baru, baik itu yang berdampak positif ataupun sebaliknya. Ajarkan pada sang anak untuk selalu terbuka dalam hal apapun.

4. Arahkan dan Awasi

Ketika sang anak mengakses internet, sebaiknya orang tua yang bijak, sebisa mungkin anda mendampingi. Selain itu, ajarkan kepada mereka agar mereka tidak terlalu sering berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak mereka kenal.

5. Harus Terus Belajar

Tak jarang anak lebih pandai bermedia sosial dibandingkan dengan orang tuanya. Sebagai orang tua yang bijak, anda tidak boleh malu bertanya kepada mereka tentang apa yang tidak anda ketahui. Begitu pula sebaiknya. Anak boleh saja lebih tahu tentang cara bermedia sosial, tetapi orang tualah yang lebih tahu mengenai perilaku manusia yang akan memberi pengaruh negatif maupun positif bagi anak di media sosial.

6. Batasi Penggunaan Internet

Hampir semua anak ingin menggunakan internet sepanjang waktu. Nah, disini peran orang tua sangat penting. Untuk itu, buat kesepakatan dengan mereka terkait lama penggunaan dan lama mereka boleh bermedia sosial.

7. Pastikan Anda Tahu Siapa Saja Teman Onlinenya

Beritahu kepada anak bahwa tidak semua orang di media sosial bisa dijadikan teman. Mereka hanya boleh mengkonfirmasi teman-teman yang mereka kenal atau menjadikan teman orang-orang yang sebaya dengan mereka. Berikan aturan pada mereka boleh berteman dengan orang yang tidak mereka kenal atas seizin orang tua.

Nah itu dia tips mengenalkan internet pada anak, guna meminimalisir dampak buruk yang terjadi.