Tips Memperbaiki Ponsel Yang Terendam Air Dengan Langkah Mudah

Tips Memperbaiki Ponsel  – Walaupun sudah berusaha hati-hati, ada kalanya secara tak sengaja ponsel yang kita punya, mendadak jatuh dan terendam air. Nah, jika ponsel anda mengalami hal menyebalkan di atas, anda jangan panik. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kerusakan ponsel yang terendam air tersebut.

Tips Memperbaiki Ponsel yang Terendam Air dengan Langkah Mudah

Tips Memperbaiki Ponsel yang Terendam Air dengan Langkah Mudah

Tips Memperbaiki Ponsel yang Terendam Air

1. Ambil Ponsel yang Terendam Air Secepatnya

Jangan tertipu dengan casing dan bodi ponsel yang terlihat tertutup rapat. Meskipun terlihat tertutup rapat, air tetap dapat masuk ke dalam bodi ponsel anda. Air yang masuk ke dalam bodi ponsel dapat merusak komponen ponsel. Karena itu jika ponsel terendam air, segera ambil ponsel anda. Semakin lama ponsel anda terendam air, kemungkinan kerusakan yang terjadi pada komponen ponsel semakin besar.

2. Matikan Ponsel Setelah Terendam Air

Anda mungkin penasaran untuk mengecek kondisi ponsel anda setelah terendam air, tetapi yang terbaik adalah segera matikan ponsel anda. Jika ponsel tetap dinyalakan, kemungkinan kerusakan semakin besar. Hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek. Apabila ponsel anda ternyata mati seketika saat terendam, jangan coba-coba menyalakannya. Bersabarlah hingga proses pengeringan selesai dilakukan.

3. Jika Sedang Dicharger, Cabut Dulu Kabelnya

Jika ponsel anda terendam air dalam keadaan masih di charger, jangan sekalipun mencoba mengambilnya tanpa mencabut kabelnya. Karena keselamatan yang menjadi taruhannya. Anda bisa saja tersetrum listrik dari charger tersebut. Begitu pula jika ponsel anda tidak sedang dicharger tetapi kabel chargernya menempel sebaiknya jangan langsung mengambil ponsel karena resiko tersetrum masih ada. Sebaiknya tunggu dulu beberapa saat untuk memastikan tidak ada arus listrik yang mengalir.

4. Keringkan Air Pada Ponsel yang Terendam

Tips berikut ini merupakan langkah yang paling penting jika anda ingin ponsel masih bisa berfungsi setelah terendam. Caranya, lepas semua komponen ponsel yang dapat dibongkar pasang seperti casing ponsel dan baterainya. Keringkan air yang menempel menggunakan handuk, tisu atau bahan lain yang dapat menyerap air dengan baik. Sebisa mungkin anda mengeringkan semua bagian dengan sempurna tanpa ada sisa air yang menempel.

5. Lepaskan SIM Card dan Memory Card

SIM card dan memory card memang lebih tahan terhadap air dibandingkan komponen ponsel yang lainnya. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda segera melepas SIM card dan memory card pada ponsel anda yang terendam air. Kedua komponen tersebut bisa jadi mengalami kerusakan dan menyebabkan kerugian bagi anda. Karena anda mungkin menyimpan nomor dan data yang sangat penting di kedua komponen tadi.

6. Ulangi Proses Pengeringan Ponsel

Untuk memastikan ponsel sudah kering total, sebaiknya anda melakukan proses pengeringan ulang dengan cara yang berbeda. Beberapa cara dapat anda pilih untuk proses pengeringan ulang. Cara pertama, dengan menggunakan alat vacuum cleaner. Alat ini dapat menghisap air yang tidak bisa dikeringkan dengan handuk atau tisu. Cara yang kedua, anda bisa memanfaatkan beras. Caranya rendam komponen ponsel yang sudah dilepas tadi ke dalam beras dan diamkan beberapa lama agar air terserap. Cara ketiga dan paling efektif, adalah dengan menggunakan silica gel. Rendam ponsel anda dalam silica gel dalam wadah yang tertutup rapat.

Nah, setelah tips di atas sudah anda lakukan, coba nyalakan ponsel dan jika perlu bawalah ke tempat service ponsel untuk memastikan tidak ada kerusakan lebih lanjut pada ponsel anda.

Baca Juga:

video cara memperbaiki hp mati total, bagaimana cara memperbaiki hp lupa pola, bagaimana cara memperbaiki hp lemot, bagaimana cara memperbaiki charger hp yang rusak, bagaimana cara memperbaiki charger hp, bagaimana cara memperbaiki batre hp yg kembung, bagaimana cara memperbaiki batre hp yang kembung, bagaimana cara memperbaiki batre hp yang cepat habis, bagaimana cara memperbaiki baterai hp yg rusak, bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang sudah rusak, bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang rusak, bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang kembung, bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis, aplikasi untuk memperbaiki hp nokia, aplikasi untuk memperbaiki hp mati total