Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi Kesehatan Terbaik – Kesehatan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan, bahkan harta benda kesayangan bisa saja jual, demi kesehatan. Oleh karena itu asuransi bisa dibilang sebagai solusi terbaik dalam melindungi kesehatan sekaligus finansial Anda.

Ada berbagai macam asuransi kesehatan dengan bermacam-macam keuntungan yang ditawarkan. Nah, buat Anda yang saat ini sedang berencana untuk mengikuti asuransi kesehatan, dan sedang bingung menentukan pilihan, berikut telah kami rangkum beberapa poin yang sebaiknya menjadi pertimbangan. Nah, apa sajakah itu?

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Panduan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

1. Sesuaikan Asuransi yang Dipilih dengan Kebutuhan

Asuransi kesehatan ada banyak macamnya, jika anda adalah yang mencari nafkah hendaknya asuransi yang dipilih adalah asuransi jiwa, jika ditujukan untuk pendidikan anda bisa gunakan asuransi pendidikan, atau agar nafkah dapat berjalan terus jika terjadi hal yang tidak di inginkan maka asuransi kecelakaan atau asuransi pekerjaan bisa menjadi solusi.

2. Cari Tahu Manfaat Dari Asuransi Kesehatan yang Akan Dipilih

Wajib mengetahui apa saja manfaat dari asuransi kesehatan yang akan anda pilih, dan juga jangan lupa untuk menanyakan mengenai prosedur klaimnya atau minta copy polis nya untuk dipelajari sendiri. Jangan mudah tertipu oleh iklan dan rayuan salesnya.

3. Tanya Hingga Mendetail

Tanyakan mengenai informasi yang belum anda pahami karena hal tersebut adalah hak anda sebagai nasabah. Asuransi kesehatan yang baik adalah yang dapat menjelaskan isi polis dengan detail ke nasabahnya. Jangan lupa untuk menanyakan mengenai ketentuan rawat inap, karena di setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

4. Sesuaikan Dengan Penghasilan

Premi asuransi kesehatan yang ditawarkan setiap perusahaan nilainya berbeda-beda dan rata-rata premi asuransi jumlahnya di atas ratusan ribu rupiah. Jangan sampai karena pendapatan yang dihasilkan digunakan sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan sehingga tidak mencukupi untuk membayar premi. Jangka waktu pembayaran premi bisa perbulan, per 3 bulan, per semester atau setahun. Cermat dalam memilih dan jangan lupa menyisihkan penghasilan untuk premi. Anda bisa melakukan simulasi dengan membuat alokasi anggaran atas gaji anda, sehingga anda bisa menerka berapa jumlah uang yang tersisa. Dengan ini anda tahu asuransi jenis mana yang bisa anda pilih.

5. Daftar Asuransi Kesehatan di Usia Muda

Tingginya premi asuransi yang harus dibayarkan akan berbanding lurus dengan semakin tuanya umur anda. Selagi masih muda anda bisa mendaftarkan diri, bahkan anak yang berumur 1 tahun sudah boleh didaftarkan untuk asuransi kesehatan.

6. Pilih Perusahaan Asuransi Kesehatan Yang Sudah Diakui

Pilihlah perusahaan asuransi kesehatan yang sudah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan dilakukan oleh agen yang sudah tersertifikasi dan memiliki lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

7. Memberikan Kemudahan Double Claim

Double claim dapat dilakukan saat anda sakit dan dibayar oleh asuransi kantor, tapi anda tetap bisa melakukan klaim pada asuransi yang anda pilih sendiri. Usahakan asuransi yang anda pilih memberikan kemudahan dalam mengurusnya. Bentuk kemudahan yang diberikan biasanya hanyalah meminta fotokopi kwitansi yang sudah di legalisir dari rumah sakit kemudian di berikan ke perusahaan asuransi anda sendiri dan yang aslinya untuk berikan ke kantor.

Apakah sekarang anda sudah memiliki bayangan mengenai asuransi mana yang menurut anda terbaik ?

Semoga  beberapa tips di atas dapat menginspirasi anda untuk lebih cermat memilih asuransi yang akan diperoleh. Jangan pernah segan untuk bertanya pastikan anda paham akan kewajiban dan manfaat yang akan diperoleh. Pastikan asuransi kesehatan yang anda pilih adalah asuransi terbaik untuk anda.