Tips Hamil Yang Aman Untuk Wanita Diatas 30 Tahun

Tips Hamil Untuk Wanita Diatas 30 Tahun РBagaimana tips hamil yang aman untuk wanita diatas 30 tahun? Pada era modern ini, hampir setiap orang sibuk dengan urusan duniawi seperti mengejar karir maupun pendidikan. Sehingga kini semakin banyak wanita yang memilih untuk menikah maupun hamil kala usianya tak muda lagi. Hal ini memang tak bisa disalahkan, karena biasanya ini dilakukan karena beberapa alasan. Seperti misalnya  mempersiapkan keuangan, kondisi keluarga yang belum stabil dan lain lain. Namun tentunya ini tidak seharusnya dilakukan, karena kehamilan diatas usia 30 tahun memiliki resiko tersendiri.

Kehamilan diatas 30 tahun memiliki resiko bagi sang ibu maupun sang calon bayi. Salah satunya adalah tingkat resiko keguguran yang relative lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan pada range usia 20 tahun. Dengan usia yang terbilang tua, wanita diatas 30 tahun memiliki tubuh tidak sekuat wanita pada umur 25 tahun. Selain itu, resiko-resiko yang bisa saja terjadi adalah permasalahan pada bayi seperti permasalahan plasenta, bayi beresiko premature dan juga bobot tubuh bayi yang cenderung lebih rendah.

Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips hamil yang aman untuk wanita diatas 30 tahun, yang sebaiknya anda ketahui. Apa saja kira-kira?

Tips Hamil Yang Aman Untuk Wanita Diatas 30 Tahun

Tips Hamil Yang Aman Untuk Wanita Diatas 30 Tahun

Tips Hamil Aman Untuk Wanita Diatas 30 Tahun

1. Konsultasi Dokter Kandungan

Tips hamil yang aman untuk wanita diatas 30 tahun yang pertama dan paling wajib dilakukan adalah konsultasi dengan dokter kandungan. Bagi anda yang mengalami kehamilan diatas usia 30 tahun, sebaiknya lebih rutin untuk konsultasi. Hal ini karena anda lebih beresiko mengalami permasalahan, maka dari itu anda perlu berjaga-jaga. Tips cukup konsultasi dengan satu dokter kandungan agar tetap terfokus.

2. Asupan Gizi Seimbang

Karena lebih beresiko, maka wanita yang hamil diatas 30 tahun memerlukan asupan gizi yang seimbang. Dalam hal ini sang ibu harus lebih memerhatikan apa yang ia konsumsi, tentunya untuk alasan kesuburan dan kesehatan janin. Makanan yang bisa membantu kesehatan janin diantaranya konsumsi nasi merah karena lebih sehat dan dapat meningkatkan kesuburan, konsumsi biji-bijian juga akan sangat membantu karena memiliki kandungan protein nabati, konsumsi sayur hijau seperti brokoli dan bayam, protein seperti daging sapi dan ikan salmon yang kaya akan omega, juga buah seperti pisang yang akan membantu proses ovulasi.

3. Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga menjadi salah satu tips hamil yang aman untuk wanita diatas 30 tahun. Hal ini tentunya untuk menjaga kesehatan sang ibu maupun janin bayi. Jika anda mengalami hamil pada usia lebih dari 30 tahun, maka cobalah untuk lebih rutin berolahraga ringan ataupun melakukan gerakan yoga yang baik untuk ibu hamil. Selain itu hindari kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dan merokok. Karena hal tersebut hanya akan membahayakan janin yang ada diperut anda. Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari pekerjaan yang berat.

4. Kondisi Psikis

Tips hamil yang aman untuk wanita diatas 30 tahun  yang terakhir adalah Jagalah kondisi psikis anda, karena ini cukup mempengaruhi kondisi janin anda.  Mungkin stress atau banyak pikiran bukanlah sesuatu yang melibatkan kerja fisik, namun ini ternyata bisa membuat kehamilan anda terganggu. Hal ini bisa anda atasi dengan banyak bersosialisasi, melakukan kegiatan yang disenangi, beribadah agar lebih tenang, tidur yang cukup, mendengarkan musik relaksasi ataupun yoga juga akan sangat membantu.

Jadi intinya adalah kehamilan diusia yang tidak muda bukanlah suatu permasalahan yang harus dihindari. Hal ini memang benar cenderung beresiko, tetapi resiko tersebut bisa anda minimalisir dengan menerapkan beberapa tips hamil yang aman untuk wanita diatas 30 tahun diatas.