Tips Bagi Yang Baru Berbisnis Online, Agar Tidak Ber”Mindset” Offline

Tips Memulai Bisnis Online – Kemajuan teknologi saat ini yang juga masih terus berkembang, perlahan membawa perubahan hampir ke semua bidang kehidupan. Salah satunya yang paling terasa adalah pada bidang penjualan dan pemasaran sebuah produk yang di jalankan melalui internet, atau yang lebih sering kita sebut bisnis online ataupun online shop. Penjualan produk secara online saat ini bukan lagi menjadi trend, namun perlahan mulai menjadi sebuah gaya hidup khususnya dalam hal jual beli.

Tips Bagi Yang Baru Berbisnis Online, Agar Tidak Ber”Mindset” Offline

Tips Bagi Yang Baru Berbisnis Online, Agar Tidak Ber”Mindset” Offline

Selain itu, online shop saat ini seakan terus berbenah, mengalami banyak perkembangan, inovasi, dan terus merambah bahkan hingga ke masyarakat kelas bawah. Hal ini menjadikan para pelaku usahapun turut berevolusi dari pemasaran offline-nya menjadi online, demi mengikuti arus perkembangan jaman. Namun, evolusi tersebut tidaklah cukup dari bentuk fisik saja yang pemasarannya berubah menjadi online, namun pelaku bisnisnya pun harus ikut berevolusi.

Nah, untuk itu berikut adalah beberapa tips buat anda yang masih baru menjalankan bisnis online, agar bisnis online anda tidak terkendala mental bisnis offline.

1. Beradaptasilah

Agar sebuah bisnis dapat terus bertahan dan dapat bersain di pasaran, beradaptasi adalah salah satu cara yang harus dilakukan oleh sang pelaku bisnis. Dalam dunia penjualan online yang erat kaitannya dengan perkembangan teknologi, pengusaha perlu menyesuaikan diri dengan teknologi yang berhubungan dengan bisnisnya. Selain itu perlu juga memahami karakteristik konsumen millennia. Pasalnya dengan memahami karakter konsumen, kita akan dapat menyesuaikan bagaimana sistem penjualan online.

2. Wajib Melek Teknologi

Ketika seorang pelaku usaha memutuskan untuk mengalihkan mode pemasarannya dari offline menjadi online, maka yang mutlak dilakukan adalah sadar akan kemajuan teknologi yang terjadi. Memahami perangkat apa yang harus digunakan, bagaimana menggunakannya, apa saja yang bisa dilakukan dengannya. Jika hal itu tidak bisa dilakukan oleh diri Anda sendiri, maka mintalah bantuan. Bila memungkinkan dari segi financial, maka merekrut seorang admin bukanlah pilihan yang buruk. Hal ini dilakukan agar pelaku usaha tidak lagi bermental offline di bisnis online-nya.

3. Transparan Dalam System Pembayaran

Dalam menjalankan bisnisnya terkadang seorang pengusaha ada yang membebankan harga yang memberatkan konsumen. Jangan sampai konsumen mengalami hal ini karena tidak tahu berapa harga yang harus dibayarnya dan tahu tahu harganya cukup besar. Dalam dunia penjualan online, konsumen akan lebih dimudahkan dengan pembayaran yang transparan, dimana pelanggan mengetahui berapa jumlah uang yang harus dibayarkan di awal. Sehingga mereka tidak merasa digebuk. Jadi usahakan dalam toko online anda, ada menu pengecekan ongkir dan lainnya.

4. Jangan Ragu Untuk Menerapkan Discount Atau Potongan Harga

Banyak strategi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk bisnis, baik berupa barang atau jasa. Salah satu yang dapat dilakukan ialah dengan memberikan sebuah potongan harga. Ketika suatu produk terdapat potongan harga maka hal tersebut akan diingat oleh pembeli. Sehingga jika suatu saat lagi pembeli tersebut akan membeli barang sejenis, maka pertama kali yang di ingat adalah toko anda.

Demikian 4 hal yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pelaku usaha yang mengubah penjualan offline-nya menjadi online. Jika kita ingin tetap dapat bersaing di pasaran maka hal-hal tersebut harus bisa dijadikan sebagai tahapan awal yang harus dilalui. Pasalnya masih banyak pelaku usaha yang meskipun sudah meng-online-kan bisnisnya, namun masih memiliki mindset offline. Hal ini tentu tidak sejalan dengan tujuan yang nantinya menjadi target bergelut di sebuah bisnis online. Maka dari itu segeralah evolusi mindset kita dari offline menjadi online.