Tips Agar Aman dari Peretas saat Menggunakan Internet Banking

Tips Aman Menggunakan Internet Banking – Saat ini penggunaan mobile banking atau internet banking, meningkat dengan pesat, bukan hanya di kota besar saja. Hal ini tak mengherankan jika melihat beragam keuntungan/keunggulan aplikasi mobile banking dalam mempermudah nasabah dalam melakukan banyak hal, mulai dari transaksi perbankan, membayar cicilan, cek mutasi dan banyak lagi lainnya.

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Apalagi yang Anda perlukan untuk menikmati mobile banking hanyalah smartphone serta koneksi internet aman. Maka Anda pun dapat segera melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Jika Anda merupakan nasabah yang sibuk dan tak punya banyak waktu, maka mobile banking merupakan pilihan tepat karena Anda tak perlu pergi jauh-jauh ke bank ataupun mengantri ke ATM.

Tips Keamanan yang Wajib Diperhatikan oleh Pengguna Mobile Banking Agar Terhindar dari Tangan Jahil Para Peretas

Aplikasi mobile banking memang memudahkan nasabah dalam bertransaksi, Anda juga dapat memantau rincian transaksi pengeluaran yang terjadi bulan lalu dengan menggunakan aplikasi ini. Namun, untuk memastikan uang Anda aman, sebaiknya optimalkan keenam tips berikut ini agar keamanan uang Anda terjaga dengan maksimal, saat masuk aplikasi mobile banking. Yuk, disimak!

1. Jangan Menggunakan Wi-Fi Umum untuk Mobile Banking

Menggunakan koneksi internet wi-fi di tempat umum untuk melakukan transaksi mobile banking sangat tidak terjamin keamanannya. Bisa-bisa data yang ada di dalam smartphone Anda dapat diretas dengan mudah oleh para hacker. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi, bukan? Oleh sebab itu, jangan menggunakan wi-fi umum untuk bertransaksi.

2. Aktifkan Layanan Otentikasi Akun

Saat ini sudah banyak bank yang menawarkan berbagai layanan otentikasi akun, salah satunya adalah One-Time Passwords. Layanan ini berguna untuk melakukan otentikasi akun serta verifikasi proses transaksi. Dengan menggunakan layanan ini, transaksi dengan mobile banking pun menjadi lebih aman, Anda pun akan merasa tenang.

3. Periksa Website Penerbit Kartu

Guna mengetahui proteksi keamanan yang ditawarkan, sebaiknya Anda memeriksa website dari penerbit kartu. Dengan mengetahui tahap-tahap keamanan yang disediakan oleh penerbit kartu, Anda akan merasa tenang terhadap keamanan uang Anda. Selain itu, Anda dapat mengetahui apa yang musti dilakukan dan siapa yang bisa dihubungi saat terdapat aktivitas yang tidak wajar atau mencurigakan pada rekening bank milik Anda.

4. Jangan Lakukan Jailbreak pada Smartphone

Jangan melakukan jailbreak pada smartphone, karena hal ini bisa memberi kesempatan bagi aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui informasi yang tersimpan dan mengakses sistem operasi smartphone Anda.

5. Update Aplikasi Mobile Banking Secara Berkala

Rutin memperbarui aplikasi mobile banking merupakan salah satu keharusan yang tidak boleh dilewatkan. Walaupun terkadang merepotkan, namun Anda dapat menikmati berbagai fitur serta manfaat yang ditawarkan dari versi terbaru tersebut. Malah tak jarang pembaruan tersebut akan memberikan keamanan ekstra untuk perangkat Anda.

6. Aktifkan Password Smartphone

Pastikan Anda melindungi smartphone dengan memasang lock-mode (mode terkunci) serta pasang juga sebuah password guna mencegah para hacker mengakses data Anda, termasuk informasi berharga yang akan memberikan akses langsung ke rekening bank Anda.

Demikian diatas tips-tips keamanan yang wajib diperhatikan oleh pengguna mobile banking. Di tengah maraknya hacker yang merajarela, Anda harus lebih waspada. Walaupun dari pihak bank, telah mengupayakan keamanan sedemikian rupa, namun sebagai nasabah kita juga harus tetap hati-hati. Nah, semoga informasi diatas bermanfaat.