Tips Agar Melahirkan Lancar dan Aman, Ini yang Sebaiknya Ibu Hamil Lakukan

Tips Ibu Hamil Agar Melahirkan Lancar dan Aman – Setiap wanita hamil tentu saja berharap agar saat melahirkan lancar dan tanpa rasa sakit. Terutama bagi mereka yang sedang mengandung anak pertama. Nah, agar melahirkan bisa lancar, berikut telah kami rangkum hal-hal yang harus rutin dilakukan saat masih mengandung. Apa saja kira-kira?

Tips Agar Ibu Hamil Melahirkan Lancar dan Aman

Tips Agar Ibu Hamil Melahirkan Lancar dan Aman

Agar Melahirkan Lancar, Lakukan Hal-hal Ini Saat Masih Hamil

1. Mengkonsumsi Kurma

Journal of Obstetrics and Gynaecology melakukan sebuah penelitian terhadap wanita yang gemar memakan kurma saat usia kandungan sembilan bulan. Mereka menemukan fakta bahwa wanita-wanita yang mengkonsumsi kurma saat kandungan berusia sembilan bulan tidak memerlukan obat-obatan penunjang proses persalinan. Mengkonsumsi kurma setiap hari juga dapat membantu Anda melahirkan kurang dari tujuh jam sejak pertama tiba di rumah sakit karena pada kurma terdapat senyawa yang mirip hormon oksitosin yang bakal membuat konraksi.

2. Rajin Berolahraga

Sejak usia kandungan satu bulan rajinlah berolahraga. Jangan yang terlalu berat, karena jika berolahraga terlalu berat nantinya malah dapat membuat Anda kelelahan dan memberikan dampak buruk pada kehamilan Anda. Cukup lakukan jalan-jalan di sekitar tempat tinggal Anda sejauh seratus meter setiap pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk melakukan gerakan pemanasan setelah bangun tidur.

3. Bersih-bersih Rumah

Jika Anda tidak sempat jalan-jalan atau senam, bersih-bersih rumah dapat Anda lakukan sebagai pengganti jalan-jalan karena bisa terhitung seperti senam. Lakukanlah kegiatan yang tidak terlalu berat seperti mencuci piring, menyapu lantai dan halaman, melipat pakaian.

4. Lakukan Gerakan Jongkok

Rutinlah melakukan gerakan jongkok entah itu senam atau melakukan kegiatan sehari-hari yang memerlukan gerakan tersebut. Karena gerakan jongkok dipercaya sebagai posisi alami persalinan. Dengan berjongkok otot paha dan perut akan menguat. Jika paha dan perut kuat, akan memberikan tambahan tenaga untuk mendorong bayi (mengedan) ketika proses persalinan. Gunakanlah toilet jongkok dan ketika mengepel, mengepel lah dengan tangan dalam posisi jongkok

Agar Melahirkan Lancar, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan

Jika tadi adalah hal-hal yang harus Anda lakukan ketika masih hamil. Berikut ini adalah persiapan yang harus Anda lakukan ketika sudah akan melahirkan:

1. Rileks

Untuk perempuan yang akan melahirkan anak pertamanya, tentu saja merasa begitu berdebar. Karena merupakan pengalaman pertama dalam melahirkan, biasanya proses melahirkan cukup lama hingga lebih dari tujuh jam. Ketika pertama kali kontraksi bagian tubuh yang terasa sakit adalah bagian bawah punggung  sementara bagian bawah perut akan terasa kram. Saat hal itu terjadi, cobalah untuk tetap rileks. Jangan terlalu memikirkan tentang kontraksi berikutnya karena akan membuat Anda kelelahan. Coba alihkan fokus Anda dengan membaca buku, mendengarkan musik, berjalan-jalan atau mendengarkan lantunan ayat suci.

2. Makan Buah Aprikot

Barangkali Anda jarang mendengar bahkan tidak mengetahui tentang buah yang satu ini. Buah aprikot bukan buah asli Indonesia sehingga mungkin akan sedikit susah ditemukan. Mengkonsumsi buah aprikot saat kontraksi berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Karena dalam beberapa kasus kontraksi terjadi pembengkakan. Sebab pada proses kontraksi terjadi proses perpindahan cairan. Dengan mengkonsumsi buah aprikot, cairan dalam tubuh Anda akan tetap seimbang.

3. Mandi Air Hangat

Kontraksi membuat otot tubuh menjadi tegang. Supaya otot tubuh menjadi lebih tenang, cobalah untuk mandi dengan air hangat. Anda bisa berendam dalam air hangat atau mandi di bawah pancuran shower dengan air hangat. Mintalah Seseorang Untuk Memijat Anda. Sebuah sekolah medis di Miami melakukan penelitian dengan memijat seorang wanita yang sedang melakukan persalinan akan mengurangi ketegangan perempuan tersebut. Maka dari itu, Anda bisa meminta suami Anda untuk memijat Anda sejak pertama kali merasakan kontraksi hingga selama proses melahirkan.

4. Bernapas Yang Teratur

Menarik napas lalu mengembuskannya secara perlahan akan membantu mengurangi rasa kram ketika kontraksi. Selain itu juga dapat membuat seorang wanita yang mengalami kontraksi menjadi lebih tenang.

Demikian hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan ketika saat masih hamil  dan ketika kontraksi agar melahirkan lancar.