Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Anda Tidak Dipersulit

Tips Klaim Asuransi Mobil – Memiliki kendaraan pribadi akan terasa kurang lengkap, ketika belum mendapatkan hak atas asuransi. Kekhawatiran terjadinya kerusakan dan hal buruk tak terduga, seakan menjadi momok yang selalu membayangi. Namun, susahnya mendapatkan klaim asuransi pada mobil seringkali menjadikan pemilik kendaraan juga sedikit malas untuk mengurusnya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Memang benar sih, tak dapat dipungkiri jika manfaat klaim asuransi mobil menjadi penolong saat hal buruk terjadi. Mengingat tidak ada yang tahu kapan musibah akan menimpa diri seseorang, seperti pencurian mobil, kerusakan, atau bahkan kecelakaan. Dengan adanya klaim asuransi, maka pemilik telah terjamin oleh pihak perusahaan asuransi untuk mendapatkan ganti rugi atas musibah yang dialaminya.

Mengingat pentingnya klaim asuransi mobil, maka Anda perlu mengupayakannya dengan sebaik mungkin. Apalagi sekarang banyak ditemukan berbagai perusahaan asuransi yang merugikan, atau justru menipu. Sebagai upaya untuk menghindari adanya permasalahan di atas, Anda perlu mengetahui beberapa teknis untuk menyeleksi perusahaan asuransi yang terpercaya.

Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Anda Tidak Dipersulit

Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Anda Tidak Dipersulit

Tips Mendapakan Klaim Asuransi Mobil yang Terpercaya

Sebelum Anda memutuskan pilihan pada satu perusahan asuransi, pastikan dulu system klaim yang dimiliki mereka. Dengan kata lain, Anda harus mengenal aturan standar yang diterapkan perusahaan asuransi terhadap pelanggannya.

Biasanya, perusahaan yang memiliki standar aturan yang baik dan tidak merepotkan, akan banyak pelanggan yang memilih jasanya. Kondisi  ini bisa Anda jadikan indikator, mana perusahan asuransi yang memiliki tingkat kepercayaan cukup tinggi di masyarakat.

Klaim sendiri seringkali dimaknai sebagai suatu bentuk ganti rugi yang diberikan perusahaan jasa, melalui kesepakatan dari pemegang polis asuransi. Klaim dapat diberikan ketika pemilik hak mengalami masalah, seperti kecelakaan atau tindak kriminal pencurian mobil. Hanya saja, klaim ini hanya bisa didapatkan pada mobil atau kendaraan yang telah diasuransikan oleh pemiliknya kepada perusahaan asuransi.

1. Lengkapi Dokumen dan Semua Prosedur yang Ditetapkan

Ketika perusahaan asuransi menentukan standar aturannya, maka itu dimaksudkan untuk mempermudah system pelayanan mereka. Maka dari itu, jika Anda menginginkan proses yang tidak ribet atau lancar, ada baiknya melakukan sesuai dengan prosedur yang diberikan. Ketika Anda telah mengikuti prosedur dengan tepat, maka kemungkinan untuk mendapatkan pelayanan dengan baik dan cepat akan Anda dapatkan. Berbeda ketika Anda memiliki kekurangan dalam melakukan prosedur, misalnya dokumen tidak lengkap. Maka kemungkinan untuk dilakukan penundaan pelayanan bisa terjadi.

2. Prosedur Mendapatkan Klaim Asuransi Mobil Akibat Kecelakaan

Kecelakaan memang tidak menjadi harapan setiap orang. Apalagi harus menanggung kerusakan yang parah pada kendaraan Anda. Tapi jika keadaan ini terpaksa harus terjadi, ada beberapa langkah untuk melakukan klaim asuransi mobil Anda akibat kecelakaan.

Adapun hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan atas kecelakaan yang terjadi, kepada pihak perusahaan asuransi. Perusahaan akan segera meminta Anda melengkapi dokumen kecelakaan, seperti formulir klaim, salinan polis asuransi, surat keterangan dari kepolisian setempat, fotocopy SIM, dan fotocopy STNK. Barulah kemudian perusahaan akan melakukan tahap perbaikan pada kendaraan Anda, sekaligus melakukan penanganan terhadap pihak ketiga dalam kasus kecelakaan Anda.

3. Tahapan Klaim Asuransi Mobil yang Mengalami Pencurian

Tidak jauh berbeda dengan tahapan perolehan klaim asuransi mobil, ketika Anda mengalami tindak kriminal pencurian mobil, Anda bisa menerapkan cara yang sama. Perbedaannya hanyalah pada  beberapa kelengkapan dokumen yang diharuskan, seperti formulir klaim, fotocopy KTP, SIM, STNK, surat keterangan kepolisian dan surat pemblokiran STNK.

Nah, itu dia beberapa hal penting yang sebaiknya Anda tahu tentang proses klaim asuransi mobil di perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Semoga ulasan diatas bermanfaat.