Cobalah Tips Berikut Ini Agar Dapur Anda Bersih Dan Bebas Bau Tak Sedap

Tips Agar Dapur Anda Bersih Dan Bebas Bau Tak Sedap – Bagi seorang ibu, dapur adalah tempat istimewa. Apalagi buat mereka yang hobi memasak. Menghabiskan waktu berjam-jam di dapur akan terasa menyenangkan. Namun, kadangkala yang membuat rasa tidak nyaman adalah kondisi dapur setelahnya. Kotor, bau dan berantakan ditambah rasa capek setelah memasak bercampur jadi satu.

Nah, untuk itu, kali ini akan kami bagikan tips membersihkan dapur dengan cara mudah menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat berikut ini.  Apa saja bahan yang dimaksud?

Tips Agar Dapur Anda Bersih Dan Bebas Bau Tak Sedap

Tips Agar Dapur Anda Bersih Dan Bebas Bau Tak Sedap

Tips Membersihkan Dapur Dari Bau Tak Sedap

1. Kopi

  • Rebuslah satu sendok makan kopi dalam panci yang tidak tertutup. Aroma dari rebusan kopi efektif untuk menghilangkan bau amis.
  • Kopi juga bisa anda gunakan untuk membersihkan kotak makanan yang masih meninggalkan bau walaupun sudah dicuci. Cukup masukkan 3 atau empat sendok makan bubuk kopi ke dalam kotak makan yang berbau kemudian tutup dan simpan selama beberapa hari. Bau tidak sedap akan hilang terserap bubuk kopi.

2. Arang

  • Letakkan arang di tempat yang paling tercium bau amis atau gosong. Segera dapur anda tidak akan berbau lagi karena arang mampu menyerap bau dengan cepat.
  • Beberapa potong arang bisa anda letakkan ke dalam tong sampah yang berbau busuk. Biarkan beberapa saat sampai baunya hilang.

3. Kulit Jeruk Atau Lemon

  • Selain arang, kulit jeruk atau lemon juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tong sampah anda.
  • Untuk bau amis dan gosong, anda cukup merebus kulit jeruk atau lemon dan biarkan uap rebusannya menyebar ke seluruh ruangan. Anda bisa menambahkan kayu manis atau kapulaga agar aromanya lebih segar.

4. Air Lemon

Jika kulkas anda berbau, letakkan semangkuk air perasan lemon di dalamnya, biarkan selama 15 menit kemudian keluarkan lagi. Anda akan merasakan aroma kulkas kembali segar.

5. Baking Soda

  • Pipa pembuangan wastafel sering menjadi sumber bau. Untuk mengatasinya, tuangkan saja baking soda ke dalamnya dan biarkan selama 1 jam kemudian siram dengan air panas.
  • Taburkan baking soda ke beberapa sudut dapur untuk mngurangi bau amis dan gosong. Bersihkan kembali setelah bau hilang.
  • Anda juga bisa membersihkan tong sampah dengan baking soda. Tabur pada permukaan tong sampah dan sikatlah. Bilas dengan sabun dan air untuk hasil lebih maksimal.

6. Roti Panggang

Tak hanya lezat dimakan, roti panggang ternyata bisa anda manfaatkan untuk menyerap bau tak sedap pada permukaan benda-benda di dapur.

7. Cuka Dan Kayu Manis

Rendam kayu manis dalam cuka dan letakkan di satu sudut dapur. Selang beberapa saat, segala bau tak sedap di dapur anda akan hilang.

8. Garam Atau Kertas Koran

  • Kotak makan yang terlambat dicuci memang sering membuat jengkel karena baunya susah hilang walaupun telah dicuci. Tapi anda tak perlu khawatir karena ada cara mudah mengatasinya. Ambillah garam secukupnya lalu gosokkan pada kotak makan sampai baunya hilang. Bilas kembali dengan air dan sabun.
  • Koran ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan sisa bau pada kotak makan anda. Letakkan koran yang telah dibasahi dengan sedikit air dan masukkan dalam kotak makan yang telah dicuci. Diamkan beberapa hari sampai bau hilang.

9. Pasta Gigi

Dinding dapur yang kotor bekas jelaga atau menguning karena terlalu sering terkena uap masakan bisa anda bersihkan dengan sikat dan pasta gigi untuk membuatnya bersih kembali.

Menarik bukan tips-tips di atas? Bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Anda bisa memasak sepuas hati dan tidak kesulitan saat membersihkan dapur. Selamat mencoba.