Inilah Tempat-Tempat untuk Petualangan Kuliner Malam Hari di Kota Solo

Tempat Petualangan Kuliner Malam Hari di Kota Solo – Solo adalah salah satu kota besar di Jawa Tengah yang masih memegang teguh tradisi dan budayanya. Jika Anda berada di Solo, Anda tidak akan menemukan keramaian 24 jam nonstop seperti di Kota Jakarta. Meskipun begitu, bukan berarti ketika malam hari Anda tidak bisa memuasi keinginan berwisata, termasuk juga wisata kuliner. Ada berbagai tempat di Kota Solo yang bisa Anda jadikan referensi petualangan kuliner malam hari, diantaranya adalah:

Tempat Petualangan Kuliner Malam Hari di Kota Solo

Tempat Petualangan Kuliner Malam Hari di Kota Solo

Lokasi Kuliner Malam Hari di Solo

1. Kawasan Jajanan Galabo

Kawasan jajalan Galabo (Gladak, Lange, Bogan) ini diresmikan pada 13 April 2008. Kawasan jajanan Galabo terletak di dekat alun-alun kasunanan Surakarta. Lokasi persisnya ada di depan Pusat Grosir Solo. Pusat jajanan Galabo ini di sepanjang jalan Mayor sunaryo.

Pusat jajanan Galabo ini menjadi pusat para pedagang jajanan dan makanan tradisional khas Solo. Menu kuliner yang ditawarkan sangat beragam mulai dari gudeg, bakso, sate, hingga tengkleng. Anda pun bisa menikmati kuliner di kawasan jajanan Galabo ini mulai dengan harga 15 ribu rupiah saja.

Jika Anda mengunjungi tempat ini di malam hari, Anda akan mendapatkan bonus hiburan musik dari para seniman jalanan yang bisa memainkan musik tradisional hingga modern. Kawasan Jajanan Galabo ini bka mulai jam 17.00 hingga 24.00 WIB.

2. Nasi Gudeg Cakar Bu Yati

Gudeg telah menjadi makanan yang sangat terkenal utamanya di Jogja. Namun, Kota Solo yang menurut sejarah dulunya juga merupakan bagian dari keraton Jogjakarta tentunya juga mengadopsi makanan ini sebagai makanan khas mereka.

Jika Anda tengah melewati Jalan Ronggowarsito kawasan Keprabon pada malam hari, maka Anda jangan sampai melewatkan mencoba kuliner nasi gudeg cakar Bu Yati yang sangat terkenal ini. Memang warung yang didirikan ini hanya berupa tenda biasa, namun jangan salah, Anda bisa menikmati lezatnya gudeg yang sangat istimewa.

Warung nasi gudeg cakar Bu Yati ini bahkan buka hingga pukul 1 malam. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati sajian nasi gudeg dengan berbagai pilihan lauk. Sajian istimewa inipun bisa Anda nikmati hanya dengan membayar mulai dari 10 ribu rupiah saja.

3. Bakso Alex

Solo memang terkenal sebagai kota bakso. Namun, ketika Anda masuk di Solo, ada ribuan warung bakso khas Solo. Jika Anda bingung mau pilih yang mana, maka sebaiknya Anda datang ke Bakso Alex yang sudah sangat terkenal ini.

Bakso Alex ada di Jalan Yosodipuro No. 12B Solo. Warung ini tepatnya ada di sebelah barat Mangkunegaran dan tepat berada di depan kantor PLN>

Salah satu menu unggulan di Bakso Alex adalah bakso uratnya. Warung bakso ini bahkan melayani pembelinya hingga malam hari. Anda bisa menikmati bakso khas Solo yang nikmat di tempat makan ini hanya dengan membayar sekitar 20 ribu rupiah saja.

4. Markobar

Markobar adalah usaha yang dirintis oleh Kaesang, anak dari Presiden Jokowi dan menjadi begitu terkenal seiring dengan pernihakannya tahun lalu. Markobar merupakan singkatan dari Martabak Kota Barat. Markobar sendiri sebenarnya merupakan evolusi dari martabak tradisional yang dijajakan di pinggir jalan menjadi sebuah kuliner yang bertema cafe modern.

Markobar menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda yang sangat hits di Kota Solo. Selain karena martabak dengan banyak sekali varian rasa yang unik dan membuat penasaran, tema cafe markobar yang keren juga menjadi daya tarik utama bagi para pengunjungnya.

Markobar ini terletak di Jalan Sutowijoyo tepatnya persis di samping Solo Grand Mall. Karena pilihan toppingnya yang sangat beragam, markobar ni juga memiliki range harga yang beragam pula. Anda dapat menikmati manisnya martabak dengan harga antara 25 ribu hingga 100 ribu rupiah.

5. Sate Kambing Pak Dahlan

Warung sate kambing Pak Dahlan adalah tempat kesukaan Presiden Jokowi untuk menyantap nasi goreng kambing. Menu andalan di tempat makan ini memang adala olahan daging kambing yaitu sate dan juga nasi goreng.

Sate kambing Pak Dahlan ada di Jalan Letjen Suprapto  dan masih berada di sekitar kediaman Presiden Jokowi. Warung ini sangat terkenal di Solo karena rasa dari masakannya yang sangat nikmat dan memanjakan lidah para pecinta daging kambing. Mereka pun selalu menggunakan kambing usia di bawah 5 bulan untuk mendapatkan citarasa daging yang lembut, manis, dan kenyal.

Itulah referensi tempat-tempat makan di Solo yang bisa Anda tuju pada malam hari.

Baca Juga:

wisata kuliner malam solo, kuliner malam solo terbaik, kuliner malam solo slamet riyadi, kuliner malam solo murah, kuliner malam solo enak, kuliner malam solo baru, kuliner malam solo, kuliner malam pasar gede solo, kuliner malam murah di solo, kuliner malam kota solo, kuliner malam hari di kota solo, kuliner malam di solo, kuliner malam daerah solo, kuliner makan malam di solo, kuliner kota solo malam hari