Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan, Manakah yang Lebih Bagus untuk Anak Anda?

Tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah dua produk yang dapat membantu mengatur masa depan anak. Banyak masyarakat yang menganggap bila asuransi pendidikan serta tabungan pendidikan adalah dua hal yang sama. Namun, sejatinya dua produk ini sangat berbeda dalam beberapa aspek. Mau tahu apa perbedaanya? DanĀ  mana yang lebih baik? Berikut penjelasan lengkapnya:

Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan

Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan

1. Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Sebelum mengetahui produk mana yang lebih cocok, baiknya Anda pahami terlebih dahulu pengertian dari masing-masing produk dan perbedaan mendasar mengenai keduanya:

A. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan secara umum mirip dengan tabungan-tabungan lainnya yang Anda ambil untuk kepentingan tertentu, mudahnya mirip dengan tabungan haji. Tabungan pendidikan merupakan produk asli yang dikeluarkan oleh bank dan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Dengan adanya LPS, tabungan Anda tetap aman meski sewaktu-waktu bank terkait terkena masalah.

Jika Anda memilih menggunakan tabungan pendidikan, resiko terkena kerugian sangat rendah, karena pada dasarnya Anda hanya menabung seperti biasa. Keuntungan yang didapat juga jelas, artinya Anda akan mendapatkan hasil pasti dari proses menabung Anda.

B. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah produk unit link, artinya produk ini mengikutsertakan investasi. Asuransi pendidikan bukanlah produk bank, melainkan produk dari perusahaan asuransi. Jika pun penawaran yang Anda dapatkan melalui bank, namun segala ketentuan yang diterapkan mengacu pada aturan perusahaan asuransi terkait dan bank hanyalah sebagai tenaga penjual saja.

Mengenai resiko, asuransi pendidikan lebih beresiko dibanding dengan tabungan pendidikan. Jika pengelola asuransi atau manager investasinya bagus, serta menghasilkan profit besar maka yang anda dapatkan juga besar, dan ini berlaku sebaliknya.

2. Lantas, Mana yang Lebih Baik? Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?

Lalu manakah yang lebih baik untuk dijadikan simpanan bagi masa depan buah hati anda? Pilihannya tentu kembali pada karakter pribadi anda masing-masing. Hal-hal penting seperti jaminan, resiko, keuntungan yang di dapat serta perlindungan yang diberikan harus dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik.

Saran kami, jika Anda menginginkan masa depan anak yang pasti, maka akan lebih baik untuk menggunakan tabungan pendikan. Dengan resiko yang minim dan keuntungan yang pasti serta jaminan perlindungan tabungan oleh LPS, Anda tidak perlu khawatir tabungan yang ada akan berkurang sewaktu-waktu.

3. Cara Membedakan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

Keduanya dapat ditawarkan melalui bank dan hal ini mungkin sedikit membingungkan Anda karena seringkali tidak ada informasi yang jelas dari pihak bank mengenai produk yang ditawarkan.

Berikut adalah cara yang dapat membantu Anda mengetahui apakah produk yang ditawarkan termasuk asuransi atau tabungan pendidikan.

  • Tanyakan mengenai jaminan yang ada. Apakah produk yang ditawarkan memiliki jaminan yang jelas dari bank yang bersangkutan. Jika iya, maka produk tersebut adalah tabungan pendidikan, jika jawabannya tidak, atau tidak jelas menurut Anda, kemungkinan besar produk tersebut adalah asuransi.
  • Tanyakan mengenai return (keuntungan yang didapat) pasti atau tidak. Jika iya, besar kemungkinan produk itu adalah tabungan pendidikan, jika sebaliknya, return yang ada tidak pasti, maka produk itu adalah asuransi pendidikan.

Itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai tabungan dan asuransi pendidikan. Pilihlah dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada agar masa depan anak selalu terjamin. Semoga informasi yang kami berikna bermanfaat dan terima kasih telah membaca!

Baca Juga:

adam malik dan kunci suksesnya, ilustrasi asuransi pendidikan aia