Syarat dan Ketentuan Membuka Tabungan haji di Bank BRI

Syarat Membuka Tabungan haji di Bank BRI – Keinginan pergi ke tanah suci bukanlah jalan yang mudah. Bagi sebagian kalangan mungkin berangkat haji dengan biaya yang tinggi bukanlah masalah, namun bagi sebagian kalangan lainnya, berangkat haji adalah cita-cita mulia yang harus dicapai dengan usaha keras. Biaya yang besar membuat banyak kalangan harus banting tulang dan menabung hingga puluhan tahun sampai akhirnya dapat berangkat haji.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak tersedia tabungan khusus untuk para calon haji. Salah satu bank yang memberikan layanan menabung untuk berhaji ialah BRI. Bank Rakyat Indonesia atau BRI memiliki produk tabungan haji yang akan membantu Anda menabung untuk berangkat haji. Fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan pun juga beragam. Namun tentunya terdapat beberapa syarat serta ketentuan yang harus Anda ikuti.

Syarat dan Ketentuan Membuka Tabungan haji di Bank BRI

Syarat dan Ketentuan Membuka Tabungan haji di Bank BRI

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah syarat dan ketentuan serta informasi lainnya mengenai BRISyariah tabungan haji BRI.

1. Apa Itu Tabungan Haji

Sebelum membahas syarat dan ketentuannya, sebaiknya ketahui dulu apa definisi dari tabungan haji ini. Jadi, tabungan haji sebenarnya hampir mirip dengan menabung di bank pada umumnya. Namun yang membedakan adalah tujuannya. Jadi pihak bank BRISyariah membantu Anda mengumpulakan biaya untuk berhaji atau yang biasa disebut BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji). Jika tabungan sudah terkumpul sesuai nominal yang diharuskan, maka Anda dapat langsung mendaftar dan mendapatkan nomor antrian haji secara legal dan aman dengan bantuan dari pihak BRI.

2. Syarat dan Ketentuan Membuka Tabungan Haji

Syarat dan ketentuan yang ada tidak terlalu rumit, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan. Diantaranya adalah:

  • Membawa KTP asli serta fotokopi KTP.
  • Membawa fotokopi NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.
  • Membawa fotokopi Kartu Keluarga (Jika tabungan diperuntukkan untuk anak-anak).
  • Mengisi lembar formulir aplikasi yang diberikan petugas yang berisi data diri untuk keperluan membuka tabungan.
  • Menyerahkan setoran awal, minimal sebesar Rp 50.000.

Itulah beberapa persyaratan yang perlu Anda bawa ketika ingin membuka tabungan haji. Untuk Kartu Keluarga, hanya dilampirkan jika pembukaan tabungan diperuntukkan untuk anak-anak. Namun, jika Anda juga ingin membawanya juga tidak masalah. Jika Anda seorang WNA, Anda perlu membawa Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat-surat penting lainnya.

3. Fasilitas atau Fitur yang Diberikan oleh Tabungan Haji BRI

Ada berbagai fasilitas yang dapat Anda dapatkan, diantaranya adalah:

  • Setoran awal yang tergolong ringan yaitu minimal sebesar Rp 50.000.
  • Setoran selanjutnya yaitu minimal Rp 10.000.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi setiap bulannya.
  • Mendapatkan asuransi jiwa dan kecelakaan.
  • Adanya transaksi online dengan SISKOHAT atau Sistem Komputerisasi Haji Terpadu untuk mendapatkan informasi mengenai kepastian keberangkatan haji.
  • Membantu Anda memudahkan persiapan keberangkatan haji. Anda juga mendapatkan souvenir berupa perlengkapan haji.
  • Terdapat dua pilihan ibadah haii yaitu Haji Reguler dan Haji Khusus yang berbeda dalam target tabungan serta jadwal keberangkatan.
  • Anda juga akan dibantu mendaftar haji untuk mendapatkan nomor antrian secara legal dan aman.
  • Tabungan haji BRI juga dapat dibuka untuk anak, sebagai tabungan haji di masa mendatang.

Itulah beberapa fasilitas yang Anda dapatkan jika membuka BRI tabungan. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat menghubungi pihak BRI langsung atau membuka website BRI.

Itulah sedikit informasi mengenah tabungan haji yang ditawarkan oleh bank BRI. Dengan segala fasilitas yang diberikan serta syarat yang sederhana/mudah, Anda dapat dengan aman menabung untuk pergi haji.

Baca Juga:

persyaratan nabung untuk berangkat haji di bank BRI