Produk Tabungan Bank BNI Syariah Terbaru

Produk Tabungan Bank BNI Syariah – Geliat perbankan syariah di Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Semakin banyak orang yang memilih menggunakan jasa perbankan syariah dibandingkan dengan bank-bank konvensional lainnya. Ada banyak sekali bank syariah yang telah dibuka di Indonesia dan salah satu yang berkualitas adalah Bank BNI Syariah. Sebagai anak perusahaan dari Bank BNI, layanan perbankan ini telah resmi beroperasi di Indonesia sejak tahun 2010 dan terus berkembang hingga saat ini. Ada berbagai produk tabungan Bank BNI Syariah yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, diantaranya adalah:

Produk Tabungan Bank BNI Syariah

Produk Tabungan Bank BNI Syariah

1. Tabungan BNI Syariah Tabunganku

BNI Syariah Tabunganku adalah upaya pemerintah untuk menggalakkan budaya hidup menabung di masyarakat. Produk Tabunganku ini memang tersebar di berbagai bank yang ditunjuk oleh pemerintah termasuk salah satunya adalah BNI Syariah.

Produk ini memudahkan masyarakat untuk menabung karena hanya menggunakan setoran awal sebesar Rp 20.000,00 saja. Pada produk Tabunganku ini, akad yang digunakan adalah Wadiah atau titipan. Karena akadnya adalah Wadiah (titipan), maka dalam tabungan ini tidak dikenal istilah bagi hasil. Namun bank memiliki hak untuk memberikan hadiah kepada nasabah yang rutin menyetorkan uang tabungannya dengan jumlah yang tidak ditentukan sejak awal. Syarat yang perlu Anda lengkapi jika ingin menabung Tabunganku di BNI Syariah hanyalah KTP dan setoran awal Rp 20.000,00.

2. BNI Bisnis iB Hasanah

Produk tabungan Bank BNI Syariah Bisnis iB Hasanah ini ditujukan bagi nasabah yang mengelola sebuah bisnis. Tabungan Bisnis iB Hasanah ini memberikan fasilitas control keuangan bisnis yang sangat rinci dan jelas. Anda bisa melihat secara rinci keluar masuknya dana bisnis Anda pada buku tabungan serta keterangan mutasi yang jelas. Syarat untuk bisa membuka tabungan BNI Bisnis iB Hasanah ini adalah membawa identitas diri berupa KTP dan uang setoran awal minimal Rp 5.000.000,00. Produk tabungan ini bahkan memberikan jaminan bagi hasil yang lebih kompetitif dibandingkan dengan bank lainnya.

3. Tabungan BNI Hasanah iB

Produk tabungan ini bisa dibuka oleh siapapun. Tabungan BNI Hasanah iB ini menggunakan akad Mudharabah dan Wadiah. Tabungan ini memungkinkan nasabah menabung dalam mata uang rupiah. Fasilitas yang akan didapatkan ketika membuka tabungan ini adalah buku tabunga, kartu ATM, internet banking, mobile banking, dan sms banking.

4. BNI Prima iB Hasanah

Tabungan ini bisa Anda buka jika Anda memiliki dana lebih dan menjadi salah satu bentuk investasi yang aman dan menguntungkan. Produk tabungan Bank BNI Syariah Prima iB Hasanah ini menggunakan akad Mudharabah dengan system bagi hasil 72-28 antara bank dan nasabah. Untuk bisa membuka tabungan Prima iB Hasanah ini Anda harus memenuhi kualifikasi seperti memiliki kartu identitas KTP, dana setoran awal Rp 25.000.000,00, dan memiliki dana dalam tabungan minimal Rp 250.000.000,00.

5. BNI Dollar iB Hasanah

Produk tabungan Bank BNI Syariah ini khusus disediakan bagi nasabah yang ingin memiliki tabungan dalam bentuk dollar namun tidak terpengaruh kondisi inflasi. Anda bisa membuka tabungan BNI Dollar iB Hasanah dengan akad Wadiah dan Mudharabah. Syarat untuk bisa membuka rekening ini cukup mudah, Anda tinggal melengkapi berkas berupa KTP dan harus sudah memiliki NPWP. Kemudian Anda juga diwajibkan menyerahkan setoran awala minimal $50 USD dan menandatangai ketentuan pembukaan rekening di atas materai.

6. BNI Baitullah iB Hasanah

Produk tabungan ini khusus dibuka untuk memenuhi impian nasabah agar bisa menjalani ibadah haji dan umroh. Nasabah bisa menggunakan produk tabungan ini untuk mengumpulkan dana haji ataupun umroh dengan akad Mudharabah dan Wadiah. Setoran tabungan ini bebas dan tidak ada ketentuan jumlah wajib yang harus dibayarkan. Namun, saat jumlah minimal sudah dipenuhi, Anda akan didaftarkan pada kuota haji oleh BNI Syariah.

7. BNI Simpel iB Hasanah

Produk tabungan ini khusus disediakan bagi nasabah yang masih berstatus pelajar dengan usia maksimal 17 tahun. Persyaratan untuk membuka tabungan ini cukup mudah, namun fasilitas yang didapatkan juga lengkap berupa buku tabungan, kartu ATM, e-banking, dan juga sms banking yang dikirimkan ke nomor telefon orang tua. Setoran awal untuk produk tabungan ini sangat ringan yaitu Rp 1000,00 saja.

8. BNI Tunas iB Hasanah

Tabungan ini juga mirip dengan produk Simpel Syariah karena diperuntukkan bagi pelajar dan anak-anak di bawah 17 tahun. Setoran awal tabungan Tunas Hasanah ini Rp 100.000,00 dan bisa dibuka dengan membawa kartu keluarga, KTP orang tua, dan kartu pelajar.

9. BNI Tapenas iB Hasanah

Tabungan ini bisa Anda buka jika Anda sudah memiliki produk tabungan lain di Bank BNI Syariah. BNI Tapenas Hasanah ini dibuka dengan tujuan untuk mempersiapkan dana masa depan dengan berbagai tujuan nasabah, misalnya untuk dana pendidikan anak, ibadah haji, kesehatan, dan sebagainya. Tabungan ini mengharuskan nasabah menyetorkan uang rutin bulanan sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 5.000.000,00. Manfaat yang diperoleh dari produk tabungan Tapenas Hasanah ini sangat banyak mulai dari system bagi hasil yang tinggi, asuransi bebas premi, dan perlindungan jiwa.

Produk BNI Syariah Mikro

Selain menyediakan produk tabungan bagi nasabahnya, BNI syariah juga membuka berbagai produk mikro yang ebrtujuan untuk membantu kegiatan usaha kecil/mikro. Ada 3 produk pembiayaan mikro dari BNI Syariah yaitu:

1. Pembiayaan Rahn Mikro

Produk ini disediakan bagi nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan mulai dari Rp 500.000,00 hingga Rp 50.000.000,00. Ada beberapa pilihan waktu pelunasan mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan. Syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah pemohon dana adalah fotocopy KTP dan fisik emas.

2. Pembiayaan Mikro 3 iB Hasanah

Nasabah yang menggunakan produk ini bisa meminjam dana mulai dari Rp 50.000.000,00 hingga Rp 500.000.000,00. Tenggat waktu pelunasan pinjaman ini mulai dari 6 -60 bulan sesuai kesepakatan. Syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah diantaranya adalah fotocopy KTP, KK, Surat Bukti Usaha, dan surat bukti kepemilikan jaminan.

3. Pembiayaan Mikro 2 iB Hasanah

Dana yang bisa dipinjam dari produk ini sekitar Rp 5.000.000,00 – Rp 50.000.000,00 dengan tenggat waktu pembayaran mulai 3-36 bulan. Syarat untuk bisa mengajukan pinjaman ini diantaranya adalah fotocopy KTP, KK, surat bukti usaha, dan bukti kepemilikan jaminan.

Biaya Transfer BNI Syariah

Biaya transfer BNI Syariah ini cukup murah. Jika Anda menggunakan fasilitas ATM, maka setiap transaksi transfer uang, Anda akan dikenakan biaya:

  • Transfer antar rekening BNI Syariah gratis.
  • Transfer ke rekening bank lain secara online melalui ATM Bersama atau ATM Link Rp 6.500,00.
  • Pembayaran biaya tagihan kartu kredit BNI, Telkom, Kartu Halo. Flexi Classy, Speedy, dan PLN gratis.
  • Pembayaran kartu kredit gratis.
  • Pembayaran kartu kredit BRI Rp 7.500,00.
  • Isi ulang pulsa bebas biaya.

Saldo Minimal BNI Syariah Wadiah

Produk tabungan Bank BNI Syariah yang menggunakan akad wadiah ini memiliki ketentuan yang berbeda dengan akad Mudharabah. Pada tabungan yang menggunakan akad Wadiah, Anda tidak akan dikenai biaya administrasi bulanan. Namun, Anda akan tetap dikenai biaya dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Biaya tutup rekening Rp 20.000,00.
  • Saldo minimal yang mengendap dalam rekening minimal Rp 20.000,00.
  • Jika saldo dalam rekening di bawah ketentuan minimum, maka tidak akan dikenakan biaya.
  • Biaya pembuatan kartu ATM saat membuka rekening Rp 5.000,00.

Itulah informasi mengenai produk tabungan Bank BNI Syariah dan seluk beluknya yang sebaiknya Anda pahami. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

produk bank bni syariah