Ini Deretan Senjata Canggih yang Digunakan Indonesia Jika Perang Dunia III Benar Terjadi

Senjata Canggih Indonesia Jika Perang Dunia III – Kemungkinan terjadinya perang dunia III diwaspadai oleh semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Sejak tahun 2007, Indonesia bahkan sudah mulai mencanangkan program Millenium Essence Force (MEF) untuk komitmen memodernkan alat-alat utama sistem pertahanan (alutsista). Target ini rencananya akan dipenuhi pada tahun 2024 mendatang sehingga Indonesia sudah memiliki alat pertahanan modern yang bisa melindungi seluruh wilayah dan juga penduduknya.

Jika perang dunia III benar-benar terjadi, maka Indonesia saat ini sudah memiliki 5 senjata canggih berikut ini yang bisa diandalkan. Penasaran?

Senjata Canggih Indonesia Jika Perang Dunia III Benar Terjadi

Senjata Canggih Indonesia Jika Perang Dunia III Benar Terjadi

Deretan Senjata Canggih yang Digunakan Indonesia Jika Perang Dunia III

1. F-16 Fighting Falcon

Sejak tahun 1989 Indonesia sudah mulai memesan dan menggunakan pesawat tempur ini. Tercatat hingga saat ini Indonesia telah memiliki 36 pesawat F-16 dengan 3 versi yang berbeda. Hingga akhir tahun 2024 mendatang, Indonesia masih akan memesan 24 pesawat tempur ini lagi kepada perusahaan Amerika. F-16 adalah pesawat jet tempur canggih yang multifungsi. Jet tempur ini mampu melakukan berbagai manufer tajam dan melakukan serangan akurat kepada lawan. Senjata yang dimiliki oleh jet F-16 ini diantaranya adalah senjata api, rudal, dan bom.

2. Pesawat Sukhoi

Pesawat Sukhoi adalah jet tempur yang paling popular di Indonesia. Pesawat tempur ini didatangkan Indonesia dari produsennya di Rusia. Indonesia sejak tahun 2003 telah mengandalkan pesawat Sukhoi ini untuk melindungi wilayah udaranya. Jumlahnya pun terus bertambah dan sesuai rencana dari MEF, Indonesia masih akan mendatangkan beberapa pesawat Sukhoi lagi dari Rusia. Pesawat Sukhoi ini dianggap memiliki kemampuan tempur yang baik dan hebat. Sukhoi mampu melakukan serangan darat dengan efektif. Sukhoi juga dilengkapi dengan berbagai senjata canggih seperti radar, mesin persenjataan, mesin penembak caliber 30 mm yang bisa diisi 150 peluru, dan 45 aerial bom.

3. Meriam Caesar 155mm

Salah satu senjata canggih yang dimiliki oleh Indonesia berikutnya adalah meriam Caesar 155mm. Meriam ini mampu menembak target dengan jarak yang sangat jauh. Meriam ini bisa bertahan di darat dan melumpuhkan senjata tempur seperti tank dan lain-lain. Indonesia sekarang sudah memiliki 37 meriam Caesar 155mm dan tersebar di beberapa wilayah di Jawa.

4. Anoa 6×6

Anoa 6×6 adalah senjata yang asli dibuat Indonesia oleh PT. Pindad. Anoa 6×6 adalah sebuah kendaraan tempur yang bisa menyerang musuh dengan persenjataannya dan juga mampu bertahan dengan baik dalam medan perang. Anoa 6×6 bahkan mampu menahan peluru kinetis standar NATO yaitu Armor Piercing yang diproduksi oleh  Amerika Serikat. Anoa 6×6 bahkan masih bisa bergerak dengan baik di medan perang setelah terkena ranjau dengan bahan peledak mencapai 8kg. Anoa dilengkapi dengan senjata berupa senapan berkaliber 12,7 mm dan 7,62 mm. Selain itu, Anoa juga dilengkapi dengan senapan berteknologi Remote Weapon System dengan caliber 7,62 mm dan pelontar granat caliber 40 mm. anoa juga dilengkapi dengan teknologi pengaman berupa tabir asap 2×3 66 mm. Dan hingga kini, Anoa terus dikembangkan dan disempurnakan oleh PT. Pindad.

5. Kapal Cepat Rudal 60 (KCR-60)

Sebagai negara kepulauan, keberadaan kapal perang super cepat adalah senjata yang sangat penting untuk melindungi seluruh wilayah Indonesia. Sekarang ini, Indonesia sudah memiliki Kapal Cepat Rudal 60 (KCR-60) yang memiliki panjang hingga 60 meter dan mampu bergerak diengan kecepatan 29 knot. Indonesia ditargetkan akan memproduksi sekitar 35 kapal KCR-60 hingga tahun 2024. KCR-60 ini dibekali dengan persenjataan berupa misil anti kapal tipe C-705, senapan caliber 57 mm, dan senapan caliber 20 mm.

Nah, itulah 5 senjata canggih yang akan digunakan oleh Indonesia jika seandainya terjadi perang dunia III. Tapi, semoga saja jangan terjadi ya…

Baca Juga:

zona perang dunia 3, akankah perang dunia 3 dimulai, akankah perang dunia 3 akan terjadi, akankah indonesia terlibat perang dunia 3, ahli nujum perang dunia iii pecah 13 mei 2017, ahli nujum perang dunia 3 pecah 13 mei 2017, 7 senjata canggih rusia untuk indonesia, 6 senjata militer canggih buatan indonesia, 6 senjata canggih buatan indonesia, 3 zona perang dunia 2, 3 dampak perang dunia 2 bagi indonesia, 22 alasan mengapa perang dunia ke 3 dimulai dari suriah, 14 negara bisa musnah jika perang dunia iii pecah indonesia, 14 negara bisa musnah jika perang dunia iii pecah, 10 negara paling aman jika perang dunia iii pecah indonesia