Deretan Ritual Upacara Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Ritual Upacara Unik Indonesia – Tak ada habisnya jika membahas Indonesia, negara yang sangat kaya dengan banyaknya adat dan kebudayaan, serta beragam upacara tradisional yang dimilikinya. Dan bisara tentang upacara tradisional tersebut, berikut ini beberapa upacara unik yang hingga kini terus dijalankan dan dilestarikan masyarakat Indonesia. Bahkan tak jarang upacara tersebut telah menjadi ajang wisata budaya bagi banyak turis/wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ritual Upacara Unik di Indonesia

Ritual Upacara Unik di Indonesia

Nah, penasaran kira-kira ritual upacara unik apa saja yang dimiliki Indonesia? Berikut beberapa diantaranya.

1. Tabuik

Tabuik adalah salah satu upacara yang berkaitan dengan religi. Uniknya upacara ini hanya bisa ditemukan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Sehingga menjadi ciri khas dan icon daerah padang itu sendiri.

Upacara tabuik ini biasanya diadakan pada hari Asyuro setiap tanggal 10 muharram tahun hijriah untuk memperingati wafatnya/kematian anak nabi Muhammad SAW.

Sebelum pelaksanaan ritual tabuik mesyarakat terlebih dahulu bergotong royong membuat 2 tabuik. Kemudian, pada hari-H kedua tabuik itu akan diarak menuju laut di pantai gondoriah. Satu tabuik diangkat oleh sekitar 40 orang, dibelakang tabuik diikuti iring-iringan masyarakat dengan baju tradisional dan para pengiring musik tradisionalnya. Lalu, kedua tabuik itupun di larung ke laut.

2. Ngaben

Pasti sudah tidak asing lagi dengan upacara yang satu ini. Upacara yang hanya bisa anda temui di bali ini biasanya diadakan untuk upacara pembakaran atau kremasi jenazah menurut umat hindu di Bali.

Dalam pelaksanaan upacara ngaben pihak keluarga diharuskan membuat “ Bade dan Lembu” untuk tempat jenazah yang akan dibawa. Tempat tersebut terbuat dari kayu dengan model yang sangat megah. Kemudian jenazah akan diarak keliling kampung dan terakhir di bakar bersamaan dengan bade dan lembu tersebut, dalam sebuah ritual khusus.

3. Rambu Solo dan Mapasilaga Tedong

Berikutnya, upacara unik yang hanya ada di Indonesia adalah rambu solo. Tidak jauh berbeda dengan Ngaben, upacara Rambu Solo merupakan upacara kematian yang diwarisi oleh masyarakat Toraja secara turun temurun. Upacara ini digelar oleh keluarga dari orang yang meninggal sebagai penghormatan terakhir.

Kemudian, jenazah akan dibawa ke makam yang terletak di tebing Goa yang sering disebut masyarakat toraja Pekuburan Londa. Bersamaan dengan itu, juga dibawa sebuah boneka kayu yang konon katanya, wajah boneka itu sangat mirip dengan jenazahnya.

Sedangkan upacara Mapusilaga Tedong merupakan upacara adu kerbau. Berbagai jenis kerbau akan diadu disini. Yang kemudian setelah diadu kerbau selesai, dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan kerbau yang disebut Ma’tinggoro Tedong. Dalam prosesi tesebut kerbau harus langsung mati dengan sekali tebas.

4. Pasola

Pasola merupakan upacara adat yang berasal dari Nusa Tenggara Timur yang berupa “perang-perangan”. Dalam upacara ini ditampilkan 2 kubu yang saling bermusuhan. Setiap kubu biasanya terdiri atas lebih dari 100 pemuda yang “berperang” dengan bersenjatakan tombak dari kayu yang ujungnya tumpul, dan juga dilengkapi baju perang yang dikenakan oleh setiap pesertanya.

Upacara pasola ini digelar setiap bulan februari atau maret setiap tahunnya. Yang berjuan untuk memohon doa kepada Tuhan agar panen mereka pada tahun itu bisa melimpah dan mendapat rejeki yang melimpah.

5. Dugderan

Dugderan adalah tradisi khas dari daerah Semarang, Jawa Tengah yang telah ada sejak tahun 1881. Masyarakat semarang meyakini dengan diadakannya acara Dugderan ini dapat menghormati atau mensyukuri datangnya bulan Ramadhan.

Tradisi ini diselenggarakan setiap tahunnya 1 sampai 2 minggu sebelum datangnya bulan Ramadhan. Perayaan Dugderan rasanya sangat seru dengan berbagai acara yang ditampilkan disana mulai dari pawai budaya sampai bazaar-bazaar makanan.