Ragam Kebudayaan Khas Jawa Barat Yang Menarik Dan Wajib Kamu Ketahui

Aneka Ragam Kebudayaan Jawa Barat – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa. Selain Jawa Timur dan Jawa tengah, ternyata Jawa Barat juga kaya akan tradisi dan kebudayaan lokal yang unik dan menarik. nah, mau tahu apa saja budaya Jawa Barat tersebut? berikut ulasannya.

Ragam Kebudayaan Khas Jawa Barat yang Menarik dan Wajib Kamu Ketahui

Ragam Kebudayaan Khas Jawa Barat yang Menarik dan Wajib Kamu Ketahui

Ragam Kebudayaan Khas Jawa Barat

1. Alat Musik Angklung

Alat musik Angklung adalah alat musik asli dari Jawa barat. Alat musik ini terbuat dari bambu. Dulunya aklung digunakan dalam perayaan pesta panen, dengan tujuan supaya Dewi Sri memberikan kesuburan pada tanaman padi para petani. Namun sekarang ini Angklung bisa dimainkan kapan saja. dan bahkan alat musik ini sudah di kenal di beberapa Negara di Asia.

Menurut sejarahnya, angklung pertama kali dibuat di daerah Jasinga, Bogor, Jawa Barat dan diberi nama Angklung Gubrag. Angklung Gubrag saat ini sudah berusia hampir 400 tahun lebih.

Jenis – Jenis Angklung

  • Angklung Kanekes

Sesuai dengan namanya Anklung Kanekes merupakan salah satu kebudayaan yang berasal dari Daerah Kanekes. Angklung ini digunakan untuk upacara padi. Biasanya angklung Kanekes di tabuh saat warga Kanekes menanam padi. Biasanya saat angklung di bunyikan warga akan ikut bernyanyi.

Beberapa diantaranya adalah : “Badan Kula”, “Kokoloyoran”, “Ayun-ayunan”, “Ngaranggeong”, “Aceukna” “Rujak Gadung”, “Lutung Kasarung”, “Yandu Bibi”, “Yandu Sala”, “Ceuk Arileu”, “Oray-orayan”, “Dengdang”, “Yari Gandang”, “Oyong-oyong Bangkong”, “Pileuleuyan”, “Gandrung Manggu”,  “Mulung Muncang”, “Giler”, , “Marengo”. Namun tradisi ini sudah mulai luntur di daerah tersebut. Sedikit sekali masyyarakat yang masih mengikuti tradisi ini.

  • Angklung Dogdog Lojor

Kebudayaan Angklung dogdog Lojor berasal dari daerah Kasepuhan Pancer Pangawinan di sekitar Gunung Halimun (berbatasan dengan Sukabumi, Bogor, dan Lebak). Sama dengan angklung lainnya jenis angklung ini digunakan untuk pesta padi. Tradisi ini masih tetap dipegang teguh oleh masyarakat sekitar Gunung Halimun. Lagu yang di nyanikan berupa : “Bale Agung”, “Si Tunggul Kawung”, “Adulilang”,  “Samping Hideung”, “Oleng-oleng Papanganten”, dan “Adu-aduan”

  • Angklung Gubrak

Kebudayaan Angklung Gubrak merupakan angklung yang berasal dari Kampung Cipining, Cigudeg, Bogor. Angklung ini mulanya tercipta karena kampong tersebut mengalami paceklik.

2. Seni Pertunjukan Buncis

Buncis adalah seni budaya pertunjukan untuk hiburan masyarakat yang ada di Baros, Arjasari, bandung. Dulunya pertunjukan ini ditampilkan pada acara-acara pertanian yang berhubungan dengan padi. Namun saat ini, Pertunjukan Buncis hanya sebatas hiburan.

Beberapa lagu yang ditampilkan adalah “Badud”, “Buncis”, “Jangjalik”, “Ela-ela”,  “Renggong”, “Senggot”, “Jalantir”, “Mega Beureum”.

3. Wayang Golek

Kebudayaan Wayang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa. Bila di Jawa timur dan Jawa Tengah ada wayang kulit, di Jawa barat juga ada wayang yang dikenal dengan nama Wayang Golek. Sama denga Wayang Kulit Wayang Golek juga dimainkan oleh seorang dalang. Wayang golek merupakan wayang yang berupa boneka kayu. Biasanya wayang golek di tampilkan pada malam hari.

4. Rampak Kendang

Rampak kendang adalah suatu budaya pertunjukan masyarakat Jawa Barat yang ditampilkan oleh beberapa pemain kendang. Seperti namanya dalam pertunjukan ini hanya ada satu jenis alat musik yaitu kendang. Walaupun hanya satu jenis alat musik namun mampu mengeluarkan irama yang sangat harmonis

Nah itu tadi beberapa kebudayaan unik dan menarik yang ada di Jawa Barat. Semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan kamu tentang kebudayaan lokal asli Indonesia dan menumbuhkan rasa bangga akan budaya bangsa. Ayo kita jaga bersama kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Baca Juga:

apa yg kmu ktahui tentang kebudayaan yg ada di jwa brt, kebudayaan unik dari rovinsi jawa barat, tradisi atau budaya unik yang ada dijawa brat