Macam-macam Polis Asuransi Kebakaran dan Cara Mendaftarkannya

Macam-macam Polis Asuransi Kebakaran – Jika Anda seorang pengusaha, tentu menginginkan adanya jaminan bagi tempat usaha Anda. Sebab, tempat usaha merupakan aset yang harus dilindungi agar kegiatan usaha dapat berjalan dengan baik. Dan salah satu bahaya yang mungkin bisa mengancam tempat usaha ialah kebakaran. Seperti yang kita tahu, kebakaran merupakan masalah yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Dan seringkali efek yang ditimbulkan dari musibah tersebut sangatlah fatal.

Nah, untuk itulah kami sangat menyarankan untuk memiliki polis asuransi kebakaran untuk memproteksi tempat usaha anda. Dan untuk lebih jelasanya terkait asuransi kebakaran dan seluk beluknya, silahkan simak tips berikut ini.

polis asuransi kebakaran

polis asuransi kebakaran

1. Resiko-resiko yang Dijamin Polis Asuransi Kebakaran

Manfaat yang Anda dapatkan adalah adanya jaminan ganti rugi terhadap kemungkinan resiko yang akan terjadi, yang secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Jaminan standar Asuransi Kebakaran
  • Jaminan tambahan atau perluasan

Adapun penjelasan dari masing-masing jaminan resiko tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jaminan standar Asuransi Kebakaran

  • Kebakaran yang ditimbulkan oleh api sendiri maupun faktor dari luar.
  • Kebakaran karena tersambar petir.
  • Kebakaran karena ledakan aset usaha, kecuali nuklir.
  • Kebakaran karena kejatuhan pesawat terbang.
  • Kebakaran yang ditimbulkan akibat asap dari seluruh aset usaha.

2. Jaminan Tambahan atau Perluasan

Dengan adanya penambahan premi yang Anda lakukan, maka Anda bisa memperluas jaminan asuransi kebakaran, seperti jaminan terhadap dampak bencana alam dan jaminan akibat kerusuhan dan pemogokan.

2. Macam-macam Polis Asuransi Kebakaran

Sebelum mendaftarkan usaha Anda, ada beberapa polis Asuransi Kebakaran yang wajib Anda ketahui yaitu polis kebakaran industri dan polis kebakaran non-industri. Nah, untuk penjelasan dan perbedaan dari masing-masing produk adalah sebagai berikut :

1. Polis Kebakaran Industri

merupakan polis yang menjamin segala kerusakan atas segala aset-aset industri usaha Anda, seperti bangunan, peralatan dan perlengkapan, bahan-bahan baku maupun bahan-bahan tambahan.

2. Polis Kebakaran Non-Industri

 merupakan polis yang menanggung akibat kerugian atau kerusakan dari harta tetap ( harta yang tidak dipindah-pindahkan ) dan harta yang bergerak.

3. Cara Mendaftar Polis Asuransi Kebakaran

Setelah Anda mengetahui mengenai manfaat dan jenis dari asuransi kebakaran, tentu Anda akan menanyakan mengenai cara pendaftarannya, bukan? Saat ini memang banyak penyedia layanan ini. Namun, rata-rata prosedur pendaftarannya hampir sama. Nah, berikut ini akan kami bagikan mengenai cara mendaftarkan usaha Anda dalam jasa layanan ini.

  1. Untuk pendaftaran bisa melalui via online. Sebaiknya Anda mencari halaman website resmi dari penyedia jasa layanan tersebut.
  2. Setelah itu buka website tersebut, maka Anda akan diarahkan ke halaman awal. Dari sini biasanya Anda akan diberi informasi seputar produk asuransi yang disediakan. Maka pilih produk polis asuransi kebakaran.
  3. Selanjutnya Anda harus cek premi. Pada tahap ini akan dilakukan validasi data mengenai detail objek tanggungan Anda untuk mendapatkan perbandingan premi yang tepat. Siapkan semua data usaha Anda.
  4. Proses berikutnya adalah verifikasi data dan kelengkapan. Dalam waktu 1×24 jam, biasanya Anda akan dihubungi pihak insurance asuransi, untuk proses verifikasi data.
  5. Setelah itu adalah proses pembayaran premi. Lakukan pembayaran premi sesuai tagihan melalui via transfer bank atau kartu kredit.
  6. Tahap terakhir adalah penerimaan polis. Setelah Anda membayar tagihan premi, maka hard copy polis akan dikirim ke alamat Anda sebagai bukti pembayaran.

Demikianlah diatas ulasan terkait Polis Asuransi Kebakaran. Bagaimana, sudah ada gambaran kan mengenai pentingnya asuransi ini untuk kelangsungan usaha anda.