Inilah Penyebab Cat Mobil Kusam dan Cara Jitu Mengatasinya

Penyebab Cat Mobil Kusam РMemiliki mobil dengan body mulus serta warna cat yang mengkilap tentu saja merupakan kebahagiaan tersendiri bagi anda para pencinta kendaraan roda empat ini. Selain enak untuk dipandang, memiliki mobil dengan tampilan apik tentu juga mencerminkan diri anda sebagai pribadi yang rapi dan cinta kebersihan.

Sayangnya, mempertahankan mobil pada keadaan apik seperti ini bukanlah hal yang mudah. Permasalahan yang paling sering terjadi adalah memudar dan kusamnya cat mobil seiring bertambahnya usia dan masa pakai kendaraan tersebut. Kira-kira apa saja penyebab cat pada mobil kusam dan memudar dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Tips Agar Cat Mobil Tidak Mudah Pudar

Tips Agar Cat Mobil Tidak Mudah Pudar

Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam dan Pudar

1. Air

Air yang sehari-hari digunakan untuk membersihkan mobil anda dari kotoran yang menempel ternyata menyimpan andil yang cukup besar dari kusam dan pudarnya cat mobil anda. Air yang menempel terlalu lama di bagian luar mobil ternyata bisa dengan mudah membuat cat mobil menjadi kusam dan membuatnya memudar. Untuk itu, selalu biasakan mengelap mobil hingga kering pada saat mencuci mobil.

2. Debu

Pada umumnya, debu bukanlah sesuatu yang dapat membahayakan bagi cat mobil anda. Tetapi apabila ditangani dengan cara yang salah, bukan tidak mungkin debu malah menyebabkan cat pada mobil anda memudar dan kusam.

Apabila mobil berdebu, biasanya pemilik mobil akan langsung membersihkannya menggunakan lap atau sejenisnya. Mungkin hal ini ampuh untuk mengusir debu, tetapi ternyata menurut kasus-kasus yang sudah ada sebelumnya membersihkan mobil tanpa membahasinya dengan air terlebih dahulu lama kelamaan akan menyebabkan cat kusam dan memudar. Oleh karena itu biasakan untuk selalu menyiram air terlebih dahulu sebelum membersihkan mobil.

3. Getah Pohon

Memarkir mobil dibawah pohon mungkin memang terlihat menguntungkan karena membuat mobil terhindar dari teriknya matahari. Tapi hati-hati, apabila salah memilih pohon bisa-bisa bukannya untung anda malah dibuat buntung.

Beberapa pohon terkadang akan mengeluarkan getah yang tentu saja berpotensi mengenai mobil anda pada saat diparkir. Walaupun terlihat sepele, getah pohon yang menempel di mobil lama kelamaan akan mengeras dan tentu saja membuat warna cat mobil anda tidak enak dipandang, dan tak jarang jenis getah tertentu bias merusak cat mobil.

4. Kotoran Hewan

Apakah anda sering mendapati banyak hewan-hewan sepert burung yang nangkring dan membuang kotoran pada mobil anda ketika sedang di parkir? Jika iya sebaiknya anda harus berhati-hati. Kotoran hewan yang menempel pada mobil apabila dibiarkan saja lama kelamaan akan membuat cat mobil anda kusam atau bahkan memudar. Hal ini disebabkan karena dalam kotoran hewan terdapat senyawa kimia yang dapat mengakibatkan warna cat memudar.

Tips Agar Cat Mobil Anda Awet dan Tahan Lama

  1. Selalu pastikan mobil anda tidak terkena air terlalu lama pada saat dicuci. Anda juga sebaiknya mencuci mobil anda sendiri karena ada beberaa tempat pencucian mobil yang membiarkan air mengering dengan sendirinya.
  2. Jaga selalu kebersihan mobil anda. Selalu lap dengan menggunakan air dan sabun apabila menemukan kotoran-kotoran pada mobil anda.
  3. Gunakan fasilitas parkir yang telah tersedia. Jangan ambil resiko untuk memarkir mobil dibawah pohon yang memiliki getah. Lebih baik gunakan fasilitas parkir yang ada. Saat ini juga sudah banyak fasilitas parkir yang bertipe indoor sehingga mobil anda tidak terkena matahari secara langsung.

Demikian diatas ulasan mengenai beberapa penyebab cat mobil menjadi kusam dan memudar serta cara mudah agar cat mobil awet dan tahan lama.

Baca Juga:

warna cat mobil pudar, cara mengatasi cat kusam pada mobil, cara memperbaiki cat mobil yang kusam, cara memperbaiki cat mobil kusam, cara memoles cat mobil yang kusam, cara membersihkan cat pudar pada mobil, cara membersihkan cat mobil yg kusam, cara membersihkan cat mobil yang kusam, cara membersihkan cat mobil kusam, cara cat mobil kusam, cara agar cat mobil tidak kusam, berapa harga cat mobil full body, atasi cat mobil kusam, agar cat mobil tidak pudar, agar cat mobil tidak kusam