Ide Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Guru Honorer

Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Guru Honorer – Tak bisa dipungkiri jika saat ini kebutuhan sehari-hari makin meningkat. Kenaikan akan barang dan jasa tidak sebanding lurus dengan kenaikan pendapatan. Hal ini menyebabkan kita harus memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Guru Honorer

Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Guru Honorer

Nah untuk kesempatan ini, kami akan membahas tentang ide peluang usaha sampingan yang menguntungkan untuk guru honorer. Mengingat guru honorer, identik dengan gaji yang kecil, bahkan tak sedikit yang tidak digaji, hanya dikasih pengganti uang transport.

Lantas, Apa Kira-kira Ide Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Guru Honorer?

1. Memberikan les private

Memberikan les private diluar jam sekolah bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Anda bisa menyulap ruang tamu dirumah sebagai kelas untk siswa-siswa anda. Untuk promosi, bisa dilakukan dengan menyebar brosur ataupun dengan berpromosi di media sosial.

2. Menjual makanan

Apabila anda memiliki keahlian dibidang kuliner seperti menjual makanan ringan, kueh kering, minuman ringan dan sebagainya. Anda bisa bekerjasama dengan kantin yang berada di lingkungan sekolah untuk menitipkan barang dagangan anda.

3. Kerajinan tangan

Anda bisa membuat produk kerajian tangan yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Produk daur ulang, akserosi atk dan sebagainya. Produk milik anda bisa anda titipkan di koperasi sekolah, ataupun di toko-toko.

4. Kursus bahasa

Jika anda memiliki keahlian bahasa seperti bahasa inggris, belanda, jerman ataupun jepang bisa menjadi nilai tambah tersendiri. Anda bisa membuka les private, atau melamar ke lembaga kursus bahasa yang dekat dengan sekolah atau tempat tinggal anda.

5. Kursus komputer

Sama seperti halnya kursus bahasa diatas, jika anda mempunyai keahlian tertentu (software) komputer. Anda bisa membuka les private atau mungkin melamar menjadi pembimbing pada tempat kursus komputer terdekat.

6. Bimbingan belajar online

Dengan perkembangan teknologi, siapa saja dengan mudah mendapat akses internet, informasi dan menggunakan berbagai aplikasi untuk menunjang pekerjaan mereka. Mungkin anda bisa mencoba melakukan bimbingan belajar secara online. Ada beberapa platform aplikasi yang dapat anda gunakan, sepertiĀ  facebook live dan youtube. Youtube bisa digunakan sebagai sarana menyebarkan informasi dan ilmu dengan visual yang menarik dan tentu harus mempunyai kreatifitas dan originalitas konten.

Tidak menutup kemungkinan anda bisa menjadi jutawan, apabila infrormasi yang anda sampaikan menarik minat penonton, semakin banyak video anda ditonton maka pundi-pundi anda juga akan bertambah.

7. Menjadi penulis buku

Sebagai seorang guru anda pasti terbiasa didalam menulis bahan pelajaran yang akan ada sajikan kepada murid-murid anda. Anda bisa mengarang buku bidang studi tertentu yang anda kuasai, menulis buku mengenai cara mendidik anak dan sebagainya.

Mungkin saja buku yang anda tulis akan diterima oleh perusahaan percetakan, menjadi best seller dan anda kan menjadi jutawan dadakan. Tidak ada yang tidak mungkin, banyak orang yang berprofesi sebagai guru yang juga menjadi penulis buku.

8. Menjadi blogger

Menjadi seorang blogger juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan anda. Sebagai seorang guru, tentunya banyak ilmu bermanfaat yang anda bisa jadikan bahan untuk mengisi blog anda. Anda bisa meminta tolong kepada murid-murid dan rekan sejawat anda untuk mempromosikan blog anda sehingga anda akan mendapatkan traffic yang ramai. Setelah blog anda ramai pengunjungnya, maka banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya yang paling populer adalah dari adsense.

Nah, itulah ide peluang usaha menguntungkan untuk guru honorer yang bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik.