7 Pantangan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Pantangan Bagi Ibu Hamil Yang Wajib Dihindari – Ketika masa kehamilan, para ibu harus bisa menjaga kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Dan terkait hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan calon bayi dan ibu supaya bisa tetap sehat sampai waktu melahirkan tiba. Salah satunya adalah menghindari pantangan-pantangan selama masa hamil.

Lalu apa saja kira-kira pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil tersebut? Yuk simak infonya berikut ini.

Pantangan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Pantangan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Pantangan-Pantangan Yang Harus Dihindari Bumil

Nah, dibawah ini  adalah 7 pantangan yang memang harus dihindari oleh ibu selama masa kehamilan.

1. Dilarang Merokok

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang harus dihindari entah itu dalam masa hamil atau tidak, karena asap yang di hisap ketika merokok akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apalagi bagi ibu hamil, rokok sangatlah berbahaya untuk kesehatan janin. Maka dari itu, bagi anda yang memang memiliki kebiasaan merokok, maka ketika hamil hendaknya menghindari kebiasaan buruk tersebut jika tidak ingin hal buruk terjadi pada calon bayi.

2. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol pada dasarnya memiliki sifat yang panas, jika di konsumsi ibu hamil, maka nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan janin yang ada dalam perut. Selain itu mengkonsumsi alkohol ketika masa hamil, akan menyebabkan janin memiliki IQ yang rendah, cacat dan juga agresif. Jika anda tidak mau hal tersebut terjadi pada calon buah hati, maka hendaknya hindari mengkonsumsi alkohol mulai dari sekarang.

3. Hindari Aktifitas Berat

Ketika hamil, ibu akan cepat merasakan lelah. Jika tubuh sudah lelah, maka nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan janin yang sedang dikandung. Maka dari hendaknya ketika hamil hindari dari aktifitas-aktifitas berat dan memperbanyak istirahat.

4. Hindari Diet

Ketika hamil, ibu sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar kesehatan janin dan ibu bisa terjaga. Biasanya ketika hamil, nafsu makanan ibu akan meningkat drastis dan akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan inilah yang biasanya membuat para ibu tidak percaya diri akan penampilan dirinya. Padahal hal tersebut sangatlah wajar. Tahukah anda bahwa semasa hamil, hendaknya anda menghindari program diet dalam bentuk apa pun.

Program diet yang dilakukan akan ditakutkan mengganggu kesehatan janis yang terus berkembang pada perut ibu. Janin yang ada dalam perut ibu, setiap hari harus mendapatkan asupan gizi yang lebih. Maka dari itu, hendaknya ibu hamil tak perlu melakukan program diet dalam bentuk apapun jika tak ingin kemungkinan buruk terjadi.

5. Hindari Kosmetik Bermerkuri

Ibu hamil juga terkadang ingin tetap tampil cantik untuk menunjang penampilannya. Namun anda harus berhati-hati dalam memiliki kosmetik yang aman. Karena tak sedikit kosmetik yang dijual di pasaran memiliki bahan-bahan berbahaya seperti merkuri yang nantinya bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin dalam perut. Maka dari itu sebelum membeli kosmetik, tanyakan kepada penjual atau tanya ke teman terdekat apakah kosmetik tersebut aman digunakan untuk ibu hamil.

6. Menghindari Makan Makanan Mentah

Ketika hamil, hendaknya ibu menghindari makan makanan yang belum diolah dengan sempurna atau masih mentah seperti sushi dan sejenisnya. Hal ini ditakutkan nantinya dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin akibat adanya bakteri yang ada dalam makanan tersebut. Untuk itu, pastikan bahwa semasa hamil ibu mengkonsumsi makanan yang sudah benar-benar matang dan yang penting adalah bergizi.

7. Hindari Stress

Pantangan yang terakhir adalah selalu hindari stress yang sering datang. Stress hanya akan membuat keadaan bayi dalam perut menjadi terganggu. Maka dari itu ketika hamil, hendaknya ibu selalu berfikir postif atau melakukan hal-hal yang menyenangkan sehingga rasa stress tersebut tidak mudah datang.

Nah, itulah beragam pantangan yang harus dihindari oleh bumil semasa kehamilannya.