Panduan Menggunakan GPS Yang Benar Serta Tips Mengoptimalkan Fungsi GPS

Panduan Cara Menggunakan GPS  – GPS atau Global Positioning System adalah suatu alat tambahan yang bisa dibilang memiliki fungsi vital pada kendaraan. GPS sendiri pada umumnya memiliki dua fungsi. Yang pertama adalah fungsi tracker yaitu digunakan untuk melacak lokasi mobil dengan menyematkannya pada tempat yang rahasia. Yang kedua adalah fungsi navigasi yaitu GPS digunakan sebagai pedoman jalan apabila pengguna sedang berada di tempat yang tidak dikenal.

Di Indonesia sendiri, GPS saat ini sudah sangat umum ditemukan. Sayangnya, masih banyak orang-orang yang belum bisa menggunakan GPS dengan benar dan juga belum bisa memanfaatkan fungsi GPS dengan maksimal. Oleh karena itu, dalam ulasan ini kami akan memberikan penjelasan tentang cara menggunakan dan mengoptimalkan fungsi GPS.

Panduan Menggunakan GPS yang Benar serta Tips Mengoptimalkan Fungsi GPS

Panduan Menggunakan GPS yang Benar serta Tips Mengoptimalkan Fungsi GPS

Cara Menggunakan GPS Yang Benar

1. Membaca Buku Panduan

Pada umumnya, disetiap kita membeli GPS pasti akan disertakan buku panduan yang berisi tentang bagaimana cara mengoperasikan GPS tersebut. Buku panduan yang disertakan biasanya sudah berisi tata acara penggunaan yang lengkap dan anda hanya tinggal membaca dan mengikutinya.

2. Install / Pasang GPS

Setelah membaca buku panduan hingga tuntas, kini saatnya untuk menginstal GPS anda. Yang pertama adalah mengatur waktu, tanggal, lokasi dan bahasa. Kemudian, pasang GPS anda pada tempat yang strategis dan bisa dengan mudah dilihat seperti dekat dashboard ataupun pada kaca depan. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk melakukan instalasi GPS ini dirumah dan bukan saat sedang melakukan perjalanan.

3. Atur Tujuan Dengan Cermat Dan Aman

Mengatur tujuan dengan cermat dan benar tentu sangat penting karena jika kita salah sedikit saja dalam mengatur tujuan bisa-bisa kita malah tersasar. Selain itu, Ada baiknya untuk mengatur tujuan pada GPS sebelum anda mulai berjalan. Apabila diperlukan melakukan perubahan rute, sebaiknya anda berhenti dulu sejenak.

4. Perhatikan Baterai GPS

Sebagai alat portable, tentu saja GPS memerlukan daya dalam bentuk baterai untuk terus bekerja. Oleh karena itu, selalu memperhatikan baterai GPS adalah hal yang penting. Mengisi penuh baterai sebelum bepergian adalah wajib hukumnya. Pada saat perjalanan, mengecek baterai secara berkala juga penting. Apabila baterai GPS sudah hampir habis, sebaiknya anda mencari tempat untuk mengisi ulang baterai GPS tersebut.

5. Sesuaikan Volume

Jika GPS anda telah mendukung sistem audio, ada baiknya untuk mengatur volume GPS anda secara tepat. Tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu kecil sehingga nyaman untuk didengarkan.

Cara Mengoptimalkan Fungsi GPS

1. Perhatikan Fitur Point Of Interest (POI)

Point of Interest (POI) adalah sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk membuat pengelompokan suatu lokasi untuk mempermudah proses pencarian. POI sendiri terdiri dari banyak kategori seperti Food & Drink, Lodging, Attraction, Entertainment, Shopping, Services, Transportation, Emergency & Government, Manmade Places, Water Features dan  Land Features.

2. Pilih Jalan Terdekat Atau Tercepat

Memilih jalan terdekat atau tercepat bisa jadi vital dalam perjalanan anda, Pada umumnya, pilihan jalan terdekat akan tidak memperhatikan adanya jalan-jalan kecil ataupun persimpangan jalan. Sedangkan pilihan jalan tercepat akan lebih memperhatikan adanya jalan yang lebar ataupun adanya jalan tol.

Apabila anda terjebak macet, ada baiknya untuk mengubah rute menjadi rute tercepat karena GPS akan secara otomatis menjadi rute alternatif yang tentunya bebas dari bahaya macet.

3. Hati-hati Menggunakan Rute Off Road

Rute offroad bisa dibilang adalah rute yang paling cepat. Tak seperti rute lainnya, rute offroad ini sama sekali tidak memperhatikan jalan yang ada dan hanya menarik jalur lurus antara posisi saat ini dan tujuan. Terkadang, rute ini memang bisa sangat membantu karena cepat. Tetapi, jika kita salah memperkirakan jalan sedikit saja malah berpotensi bisa tersasar.

Demikian adalah ulasan mengenai cara menggunakan GPS dan juga cara mengoptimalkan fungsi GPS. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang mungkin sedang kebingungan tentang bagaimana mengoperasikan GPS.

Baca Juga:

user manual gps tracker vt300, cara menggunakan gps 12xl garmin, cara menggunakan garmin gps map 64s, buku panduan penggunaan gps, buku panduan gps vehicle tracker, buku panduan gps tracker, buku panduan gps super spring, buku panduan gps garmin 76csx bahasa indonesia, buku panduan gps garmin 64s, buku panduan gps garmin 62s, buku panduan gps garmin 60, buku panduan gps garmin, buku manual gps garmin 62s, buku manual gps garmin 60csx, a8 gps tracker user manual