Nasi Goreng Tembakau Temanggung, Sensasi Unik yang Sukses Menggoyang Lidah

Kuliner Nasi Goreng Tembakau Temanggung – Menggunakan kubis, sawi putih atau sawi hijau sebagai bahan campuran untuk nasi goreng tentu merupakan hal yang lumrah, karena memang bahan tersebut yang biasanya digunakan. Namun, bagaimana jadinya jika ketiga sayuran tersebut digantikan oleh tembakau? Nah, hal tersebut memang benar adanya. Menu nasi goreng tembakau ini berasal dari Kabupaten Temanggung yang memang terkenal sebagai satu satu daerah penghasil tembakau yang terbaik di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan rasanya ya? Penasaran kan? Nah, jika ingin tahu lebih lanjut silahkan simak ulasan berikut.

Kuliner Nasi Goreng Tembakau Temanggung Jawa Tengah

Kuliner Nasi Goreng Tembakau Temanggung Jawa Tengah

Alamat Rumah Makan Nasi Goreng Tembakau di Temanggung

Nah, jika Anda penasaran dengan rasa yang ditawarkan oleh menu nasi goreng unik ini, maka Anda bisa meluncur langsung ke penjual menu nasi goreng ini di Temanggung. Lokasi penjualan nasi goreng tembakau ini tidak sulit kok dicari. Anda bisa datang langsung ke rumah makan Tebers atau Temanggung Bersenyum yang lokasinya ada di Jl. MT. Haryono, tidak jauh dari alun-alun Kota Temanggung.

Nasi Goreng Tembakau dibuat dari Tembakau

Nasi goreng tembakau adalah menu utama di rumah makan Tebers, dan bahkan sudah mulai eksis sejak tahun 2004 yang lalu. Nasi goreng ini disajikan di atas piring yang dibuat dari anyaman bambu dengan dialasi oleh daun pisang. Sedangkan nasi goreng itu sendiri warnanya cokelat kemerahan karena dicampur dengan biji tembakau yang telah ditumbuk halus sebelumnya.

Penyajian nasi goreng tembakau ini masih dilengkapi dengan irisan atau rajangan daun tembakau muda, irisan mentimun, tomat, bawang goreng serta suwiran ayam. Nah, melihat aneka bumbu yang digunakan, sudah kebayang kan bagaimana sensasi rasanya.

Jelas saja karena karena ‘kehadiran’ irisan daun tembakau muda ini menimbulkan sensasi rasa yang pahit pada nasi goreng namun tetap tidak mengurangi kelezatannya.

Satu hal yang perlu Anda ketahui juga bahwasanya menu nasi goreng tembakau ini banyak penggemarnya. Bahkan bagi yang sudah fanatik dengan menu ini,  maka akan memilih nasi goreng tembakau ini dibandingkan nasi goreng biasa, yang lezat sekalipun.

Variasi Nasi Goreng Tembakau

Nasi goreng tembakau ini memiliki dua variasi, yakni nasi goreng tembakau dan juga nasi goreng tembakau srinthil. Berdasarkan informasi terupdate yang kami dapat,  harga kedua varian nasi goreng tersebut berbeda, dimana nasi goreng tembakau satu porsinya dihargai Rp 14.000, sedangkan untuk nasi goreng tembakau srinthil satu porsinya dihargai Rp 19.000,-. Kenapa berbeda dan kenapa nasi goreng tembakau srinthil lebih mahal dari yang nagis goreng tembakau biasa?

Jawabannya adalah karena tembakau srinthil merupakan tembakau yang ikonis. Selain itu, perbedaan lain dari kedua menu tersebut adalah jika nasi goreng tembakau hanya dilengkapi dengan irisan daun tembakau hijau, suwiran ayam serta bawang goreng dan irisan mentimun serta tomat sebagai pemanis atau hiasan. Tetapi untuk nasi goreng tembakau srinthil dilengkapi dengan garnis bawang merah, ptongan daging kambing serta potongan cabai hijau berikut emping melinjo dan irisan tomat dan mentimun sebagai hiasan. Dan bukan hanya makanan saja, di rumah makan Tebers ini juga disediakan jus Tebers sebagai penutup menu utama. Jus ini terbuat dari campuran buah nanas dan sawi hijau.

Nah, itulah review kami mengenai nasi goreng tembakau, salah satu kuliner unik dari Temanggung, Jawa Tengah yang tentunya perlu dilestarikan.

Baca Juga:

resep nasi goreng temanggung, nasi goreng temanggung, nasi goreng super pedas temanggung, nasi goreng super pedas di temanggung, nasi goreng pedas temanggung, nasi goreng pedas di temanggung, nasi goreng paling enak di temanggung, nasi goreng mbako temanggung, nasi goreng kambing temanggung, nasi goreng gila temanggung, nasi goreng enak temanggung, nasi goreng enak di temanggung, nasi goreng di temanggung, alamat nasi goreng tembakau temanggung, alamat nasi goreng mbako temanggung