4 Mitos Seputar Kehamilan yang Banyak Diyakini Masyarakat

Mitos Seputar Kehamilan – Hamil merupakan salah satu pengalaman yang membahagiakan untuk setiap wanita di dunia. Namun, di tengah-tengah kebahagiaan itu ternyata ada mitos-mitos yang bisa membuat ibu hamil merasa khawatir. Padahal khawatir atau stress adalah hal yang tak baik untuk ibu hamil.

Lalu kira-kira apa saja mitos yang sering beredar, dan seringkali membuat bumil khawatir tersebut?

Mitos Seputar Kehamilan yang Diyakini Masyarakat

Mitos Seputar Kehamilan yang Diyakini Masyarakat

Mitos yang Sering Menghantui Ketika Hamil

1. Mengkonsumsi Ikan Membuat Bayi Berbau Amis

Mitos pertama yang sering beredar di masyarakat tentang kehamilan adalah ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi ikan karena nantinya calon bayi akan berbau amis. Bagi anda yang percaya bahwa mitos ini adalah benar, maka anda harus ingat bahwa di dalam ilmu medis atau gizi, ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein baik untuk tubuh. Di dalam ikan juga mengandung asam lemak, omega-3 dan zat lainnya yang bisa membantu perkembangan otak pada bayi.

Namun, anda juga harus menghindari ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi yang nantinya bisa merusak tumbuh kembang bayi. Untuk itu mitos tentang dilarangnya mengkonsumsi ikan semasa hamil adalah tidak dibenarkan. Jadi sekarang, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi olahan ikan yang sehat untuk calon bayi anda.

2. Ngidam Tidak Keturutan Nantinya akan Punya Anak Ngileran

Di antara anda pasti tidak asing dengan mitos kedua pada ibu hamil ini. Ngidam adalah keinginan yang ada pada diri ibu hamil untuk memakan atau melakukan sesuatu. Ngidam identik dengan menginginkan sebuah makanan tertentu. Sehingga banyak yang percaya ketika ngidam dan keinginannya tidak bisa terpenuhi, maka anak yang lahir nanti akan menjadi ileran.

Hal seperti ini sebenarnya adalah mitos yang salah di kalangan masyarakat. Karena tidak ada hubungan antara ngidam dengan bayi yang sedang dikandung. Dan bisa ditegaskan bahwa ketika tidak keturunan untuk ngidam maka calon bayi tidak akan berpengaruh apa-apa salah satunya adalah ileran.

3. Nanas dan Durian Penyebab Keguguran

Mitos yang ketika ini sangat ramai diperbincangkan diantara para ibu hamil. Bahwa buah-buahan seperti nanas dan durian bisa menyebabkan ibu mengalami keguguran. Bahkan ada yang percaya bahwa jika ingin menggugurkan kandungan, maka banyak-banyaklah mengkonsumsi buah nanas atau buah durian karena sifatnya yang panas di perut.

Sebenarnya, mitos mengkonsumsi nanas dan durian di kalangan ibu hamil ini sama sekali tidak benar. Mengapa? Karena buah durian di dalamnya mengandung organosulfur dan juga triptofan yang sangat berguna untuk kesehatan janin. Selain itu buah nanas juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Namun perlu anda ketahui mengkonsumsi buah durian maupun buah nanas sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena segala sesuatu yang di konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik pula.

4. Minum Air Kelapa Membuat Kulit Bayi Menjadi Putih

Di kalangan ibu hamil juga percaya bahwa meminum air kelapa dalam jumlah banyak dapat membuat kuli bayi yang akan dilahirkan menjadi putih. Namun sayangnya mitos ini sama sekali tidak benar. Mengapa? Alasannya adalah warna pada kulit bayi pasti ditentukan oleh genetik yang sudah diturunkan dari kedua orangtuanya.

Namun, tak dipungkiri bahwa meminum air kelapa muda dapat bermanfaat untuk ibu hamil, diantaranya adalah dapat mencegah ibu hamil dari dehidrasi, dapat mengurangi kelelahan, dan juga manfaat lainnya. Maka dari itu bisa dipastikan bahwa mitos tentang mengkonsumsi air kelapa muda dapat membuat kulit bayi menjadi putih adalah tidak benar.

Nah, diatas adalah beberapa mitos seputar kehamilan yang sering menghantui para bumil. Setelah mengetahui informasi diatas, tentunya anda tak perlu takut lagi.