9 Menu Diet Aman Setelah Melahirkan

Cara Diet Setelah Melahirkan – Mengembalikan bentuk tubuh agar kembali ideal setelah melahirkan mungkin menjadi dambaan setiap wanita, namun kadang keinginan itu harus terbentur dengan kekhawatiran terhadap kurangnya pemenuhan nutrisi dalam ASI.

Tapi anda tak perlu khawatir karena dengan cara yang benar dan sehat, melakukan diet setelah melahirkan sangat mungkin anda lakukan tanpa harus mengorbankan kebutuhan nutrisi ASI bagi si buah hati. Diet yang baik adalah dengan mengatur pola dan menu makan sehat, seperti makanan yang memenuhi karbohidrat, protein, dan vitamin.

Nah terkait dengan hal tersebut, berikut ini adalah 9 jenis makanan yang dapat menjadi pilihan menu diet aman setelah melahirkan.

Menu Diet Aman Setelah Melahirkan

Menu Diet Aman Setelah Melahirkan

Menu Diet Aman Setelah Melahirkan

1. Rutin Konsumsi Buah-Buahan

Bagi ibu menyusui yang sedang melakukan diet, buah-buahan adalah salah satu menu makanan yang wajib dikonsumsi minimal dua kali sehari. Beberapa jenis buah yang dapat menjadi pilihan antara lain jeruk yang kaya dengan kandungan vitamin C, selain jeruk anda juga dapat memilih buah blueberry karena buah ini selain banyak mengandung vitamin juga kaya akan mineral.

2. Kacang Atau Biji Bijian Yang Kaya Akan Manfaat

Mengkonsumsi kacang atau biji-bijian sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein dan zat besi bagi tubuh. Kacang merah adalah salah satunya, selain kaya protein nabati dan zat besi, makanan ini juga kaya akan antioksidan, meningkatkan energi tubuh, menyehatkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, dan mengoptimalkan memori pada otak.

3. Asupan Karbohidrat Dari Beras Merah

Beras merah memang dapat menjadi pilihan anda sebagai pemenuhan karbohidat yang cukup optimal dalam menjalankan diet sehat. Mengkonsumsi beras merah dapat membantu anda memenuhi kebutuhan kalori tubuh dalam ASI.

4. Konsumsi Jenis Makanan Dari Olahan susu Namun Rendah Lemak

Mengkonsumsi susu secara teratur bagi ibu menyusui adalah hal yang sangat dianjurkan untuk itu bagi anda yang sedang diet setelah melahirkan sangat dianjurkan untuk minimal mengkonsumsi 600 cc susu per hari. Selain susu anda juga dapat mencoba variasi lain dari olahan susu namun tetap rendah lemak yaitu yogurt atau keju, agar tidak bosan anda dapat mencampurkannya dengan menu makanan lain. Hal Ini sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tulang anda dan si buah hati.

5. Konsumsi Daging

Diet bukan berarti tidak bisa makan makanan yang enak, mengkonsumsi daging sah-sah saja bagi anda yang sedang melakukan diet. Mengingat daging sangat penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi, protein dan vitamin B12 yang tentu sangat dibutuhkan bagi ibu yang sedang menyusui. Namun, ada syaratnya anda harus menghindari daging yang mengandung lemak.

6. Ikan Salmon Bagi Pertumbuhan Saraf Bayi

Diet yang sehat pagi ibu menyusui tentu juga harus mengedepankan gizi yang baik untuk bayi. Dengan mengkonsumsi ikan salmon yang memiliki kandungan lemak DHA anda telah melakukan hal yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan sistem saraf pada bayi, selain itu bisa menjadi sumber energi yang baik juga untuk anda.

7. Telur Sebagai Sumber Protein

Jika anda sulit menemukan makanan yang mengandung protein, konsumsilah telur selain mudah didapat menu yang satu ini dapat dijadikan berbagai macam variasi untuk menu makan anda mulai dari menggoreng, merebus hingga mencampurknnya dengan menu makanan lain.

8. Roti Gandum atau Sereal

Roti Gandum atau Sereal yang berasal dari biji-bijian untuh merupakan bagian dari nutrisi yang penting untuk kebutuhan produksi ASI karena kandungan asam folat didalamnya, selain itu juga kaya akan serat dan zat besi.

9. Sayur-Sayuran

Mengkonsumsi sayur hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena terdapat kandungan vitamin A, Vitamin C, dan zat besi serta kalsium yang sangat baik bagi perkembangan bayi dan ibu menyusui, selain itu kandungan antioksidan dan kadar kalori yang rendah  dapat menyehatkan jantung.

Nah, itu tadi 9 menu diet sehat yang dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin diet setelah melahirkan tanpa harus khawatir dengan pemenuhan nutrisi ASI bagi buah hati semoga bermanfaat.