Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mental Agar Tetap Tenang

Cara Menjaga Kesehatan Mental – Karena banyaknya tuntutan dalam kehidupan yang disertai tekanan, tak heran jika seseorang mudah terserang stress, depresi hingga kesehatan mental yang terganggu. Bukan itu saja, hal-hal lain semisal masalah asmara, karir, keluarga, hingga terjebak macet, juga bisa berkontribusi mengganggu kejiwaan seseorang.

Kabar buruknya, jika kondisi ini (kesehatan mental terganggu) berlangsung dalam waktu lama, dan terus menerus, sangat mungkin membuat watak dan karakter seseorang berubah secara perlahan.

Lantas bagaimana solusinya? Nah, jika tidak ingin mengalami hal diatas, sebaiknya baca ulasan tentang tips menjaga kesehatan mental agar tetap tenang, yang telah kami rangkum berikut ini.

Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental

Tips Menjaga Kesehatan Mental

1. Menerima Kekurangan dan Mensyukuri Kelebihan

Setiap manusia dilahirkan dalam kondisi yang berbeda, antara yang satu dan yang lainnya. Serta tentunya setiap individu tidak ada yang sempurna. Nah, tips pertama yang harus anda terapkan adalah, beri penghargaan diri. Maksudnya, terima dengan ikhlas segala kelemahan dan kekurangan yang anda miliki dengan lapang dada. Jangan terlalu dipikirkan, karena nyatanya Anda juga punya sisi kelebihan yang patut dibanggakan.

2. Murah Senyum Dan Gemar Menyapa Orang

Kegiatan ini terdengar sepele, namun menyapa banyak orang dengan disertai senyuman yang ikhlas, akan meningkatkan kepercayaan diri sampai aspek sosial Anda. Jangan menjadi pribadi yang sombong, atau gengsi saat menyapa orang lain terlebih dulu.  Karena hal ini bisa menimbulkan reaksi negatif yang berpengaruh pada kesehatan mental Anda.

3. Rajin Melakukan Meditasi

Semua orang memang tak lepas dari yang namanya, cobaan, kegagalan, perjuangan, harapan, sakit dan lainnya. Namun apa pun itu, segala hal bersifat negatif yang sedang terjadi, baik pada diri maupun pada orang lain, jangan sampai merusak kesehatan mental anda. Karena itu, luangkan waktu untuk diri sendiri dengan cara meditasi. Tak butuh waktu lama, hanya butuh waktu sekitar 30 menit dalam sehari, terutama sebelum tidur. Jika hal tersebut dianggap terlalu menyita banyak waktu, lima menit sehari pun tak masalah.

4. Latih Pikiran Dan Otak Anda

Melatih pikiran dan otak juga tak kalah penting dalam upaya menjaga kesehatan mental Anda. Misalnya dengan jalan melakukan berbagai permainan atau komunikasi yang mampu memicu intelegensia Anda.

5. Olahraga

Tak bisa dipungkiri, yang namanya fisik/tubuh merupakan penggerak segala aktivitas manusia. Apabila tak dirawat kesehatannya atau menurun kondisinya, pastinya penyakit pun akan mudah menyerang. Alhasil aktivitas dapat tidak maksimal, hingga mempengaruhi performa kerja Anda. Oleh karenanya, selalu luangkan waktu untuk berolahraga plus mengkonsumsi aneka makanan yang sehat agar kesehatan mental tetap terjaga.

6. Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan hal penting yang bisa membuat Anda tetap segar sepanjang beraktivitas. Walaupun Anda tak dapat tidur nyenyak, usahakan untuk selalu merilekskan tubuh Anda, lalu biarkan istirahat sesaat di atas tempat tidur tanpa melakukan aktivitas apapun.

7. Pergi Refreshing

Refreshing tak harus dengan melakukan perjalanan wisata yang jauh. Cukup dengan meluangkan waktu pergi keluar rumah/kantor dan menghirup udara segar serta pemandangan baru, akan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Lebih bagus lagi jika melakukan kegiatan menyehatkan, misal berjalan mengelilingi pepohonan rindang dengan udara segar, serta hal lainnya. Hal ini bisa menghilangkan tingkat stress pada pikiran dan mengisi kembali energi dalam.

8. Selalu Menjaga Hubungan Baik Dengan Siapa pun

Setiap orang perlu bersosialisasi, untuk itu selalu jaga hubungan baik dengan siapa pun agar mempunyai banyak teman. Sebab saat anda sedang mengalami masalah, anda perlu dukungan dari banyak teman, selain juga dari keluarga.

Nah itulah beberapa cara dalam menjaga kesehatan mental agar tak mudah stress. Anda dapat melakukan cara diatas, sedikit demi sedikit hingga menjadi kebiasaan.