Ini Dia Tips Dan Cara Melamar Kerja di Bank

Melamar Kerja di Bank – Setiap tahun dunia perbankan di Indonesia hampir selalu membuka lowongan kerja. Berbagai jenis posisi pun ditawarkan. Dan setiap tahun juga banyak sekali para pencari kerja utamanya kelompok freshgraduate yang mencoba peruntungan dengan melamar kerja di bidang bergengsi tersebut. Nah, buat Anda yang tertarik bekerja di bank, berikut beberapa tips yang sebaiknya Anda coba.

Tips Melamar Kerja di Bank

Tips Melamar Kerja di Bank

1. Berpenampilan Rapi

Saat melamarĀ  kerja di bank, utamanya saat proses test dan interview, maka Anda wajib berpakaian rapi dan menarik. Hal ini tentunya akan menjadi penilaian wajib yang harus Anda penuhi jika ingin diterima kerja di bank. Karena saat bekerja nanti, Anda pun dituntut untuk selalu berpenampilan bersih, rapi, dan menarik.

2. Sangat Teliti dan Cermat

Salah satu faktor yang harus Anda miliki jika ingin lolos melamar kerja di bank adalah sifat teliti dan cermat. Bahkan Anda harus memiliki sifat tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Biasanya tes psikologi yang dilakukan saat menjaring para pelamar kerja juga dirancang untuk mengukur tingkat ketelitian dan kecermatan Anda. Karena nanti saat Anda sudah bekerja, Anda akan dituntut untuk selalu teliti dan cermat. Jika Anda ingin diterima bekerja di bank, maka mulai sekarang latihlah ketelitian dan kecermatan Anda. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak latihan test psikologi yang berkaitan dengan kemampuan ketelitian.

3. Mengedepankan Pelayanan

Pihak bank akan memilih calon pegawai yang memiliki sifat mengedepankan pelayanan. Bagaimana kriterianya? Salah satu hal yang harus Anda miliki adalah sifat ramah, mudah tersenyum, sabar, telaten, dan menghormati orang lain. Sifat-sifat tersebut sangat dibutuhkan untuk bekerja di bank, karena Anda akan berhadapan dengan banyak sekali nasabah yang berbeda karakter dan keperluan.

Anda akan dituntut untuk bisa melayani nasabah dengan baik dan berorientasi pada kepuasan nasabah. Jadi sifat mengedepankan pelayanan ini biasanya akan dites saat proses wawancara.

4. Rapi dan Sistematis

Bank akan menerima karyawan yang memiliki sifat rapi dan sistematis dalam hal melakukan pekerjaan. Sifat ini diperlukan karena dalam bekerja sehari-hari nantinya Anda akan dihadapkan dengan banyak sekali file-file atau dokumen penting yang wajib disusun rapi agar mudah dicari kembali. Selain itu, dalam setiap pekerjaan harian di bank, Anda akan dituntut untuk bisa menyelesaikannya sesuai dengan SOP (Standar Operasional Perusahaan) yang berlaku. Anda pun dituntut untuk mampu bekerja sistematis dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa menunda-nunda.

5. Tidak Mudah Bosan

Pihak luar akan menilai pekerjaan di bank adalah salah satu jenis profesi yang monoton dan mudah sekali menimbulkan rasa bosan. Misalnya saja bagi karyawan bank yang bertugas di bagian front office seperti teller dan costumer service. Mereka setiap hari harus berhadapan dengan nasabah dan uang serta berbagai keperluan nasabah tersebut.

Tentunya jika Anda cepat bosan, kerja Anda jadi kurang maksimal. Oleh karena itubank pasti akan mencari kandidat pelamar kerja yang mampu bekerja maksimal dalam kondisi pekerjaan monoton sekalipun.

6. Cerdas

Tentunya sudah bukan rahasia lagi bahwa dunia perbankan selalu mencari orang-orang yang cerdas. Setidaknya ada 2 kecerdasan yang harus Anda miliki jika ingin bekerja di bank, pertama dalah kecerdasan intelijen (IQ) yang menjadi bekal Anda dalam mengerjakan tugas penting dalam dunia perbankan. Dan kemudian adalah kecerdasan sosial dan emosional. Kecerdasan sosial inilah yang menjadi kunci kesuksesan pelayanan Anda terhadap nasabah. Selain itu, kecerdasan sosial ini juga menjadi kunci keberhasilan Anda yang menjalin relasi kreditur debitur dengan nasabah.

Itulah 6 tips agar diterima kerja di bank yang bisa Anda praktekkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:

cara melamar kerja ke bank menjadi pelayanan