Lakukan Langkah Berikut Agar Smartphone Terhindar Dari Malware

Tips Agar Smartphone Terhindar Dari Malware РYang namanya malware atau virus pastinya sangat merugikan jika sampai menyerang smartphone kita. Bisa-bisa smartphone menjadi lemot atau bahkan mungkin menjadikanya hang bila tidak diatasi. Untuk itu, tindakan pencegahan untuk menghalau malware dan virus yang bisa merusak smartphone perlu kita lakukan. Nah, berikut kami akan bagikan tips selengkapnya.

Lakukan Langkah Berikut Agar Smartphone Terhindar dari Malware

Lakukan Langkah Berikut Agar Smartphone Terhindar dari Malware

Cara Mencegah Dan Menghindari Malware Pada Ponsel

1. Hanya Install Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Seluruh perangkat android yang beredar saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan Google Play Store yang berguna untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan. Sayangnya, terkadang ada beberapa aplikasi yang belum tersedia untuk Indonesia sehingga tidak dapat ditemukan dalam Google Play Store. Hal ini biasanya banyak diakali dengan mengunduh aplikasi tersebut melalui situs-situs yang banyak tersebar di internet.

Namun, tidak semua situs-situs diluar sana yang benar-benar aman digunakan untuk mengunduh aplikasi. Tak jarang, aplikasi-aplikasi tersebut sudah disisipi malware dan virus yang akan menyerang ponsel anda begitu anda menginstal aplikasi itu. Oleh karenanya kami sangat menyarankan untuk mengunduh aplikasi melalui sumber yang jelas seperti Google Play Store saja apapun alasannya.

2. Hindari Pemasangan Aplikasi Yang Mencurigakan

Walaupun aplikasi tersebut sudah berada di Play Store, bukan berarti aplikasi itu sudah pasti aman dan bebas malware. Sekarang, Play Store sudah banyak kebobolan dengan banyaknya aplikasi-aplikasi palsu yang bisa saja membawa virus. Contohnya bisa dilihat dari banyaknya aplikasi yang muncul ketika kita mengetik BBM pada kotak pencarian. Apakah semua aplikasi itu resmi? Tentu saja tidak. Mencurigakan bukan?

Solusinya, anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Play Store seperti nilai aplikasi, jumlah unduhan , dan review dari pengguna yang telah menginstal aplikasi tersebut. Tentu semakin tinggi nilainya, semakin banyak jumlah unduhannya dan semakin banyak komentar-komentar baik dari penggunanya akan membuat suatu aplikasi bisa dibilang terpercaya.

3. Hati-hati Saat Berselancar Di Dunia Maya

Berselancar di dunia maya memang asyik. Tapi jangan sampai kecolongan dan malah membuat ponsel anda terserang malware. Internet sendiri memang dikenal sebagai media utama berkembangnya virus. Situs-situs jahat yang sudah disisipi malware banyak sekali beredar di internet. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dalam mengklik apapun yang ada di layar anda karena bukan hanya smartphone anda yang bisa terserang, data-data pribadi, dan bahkan rekening anda bisa jadi ikut terserang juga.

4. Gunakan Software Bawaan Dan Maksimalkan Fiturnya

Tak hanya menjual hardware saja, brand-brand pembuat smartphone seperti Samsung ataupun Sony umumnya juga sudah menyisipkan program bawaan atau software pada setiap ponsel yang mereka keluarkan. Program ini biasanya sudah termasuk aplikasi-aplikasi keamanan yang bisa mengamankan ponsel anda dari malware. Untuk itu, ada baiknya untuk memaksimalkan fitur ini dengan selalu mengaktifkannya.

5. Pasang Aplikasi Anti Virus

Seperti namanya, aplikasi ini bertujuan untuk menghalau ponsel dari malware dan virus yang mengintai. Tak hanya itu, aplikasi-aplikasi jenis ini juga biasanya sudah bisa menghilangkan virus dan malware yang sudah terlanjur menyerang ponsel anda. Ada banyak antivirus yang tersedia di Play Store mulai dari yang gratis hingga yang berbayar sekalipun. Namun tak jarang juga aplikasi-aplikasi antivirus yang tidak jelas dan malah berisi virus. Untuk itu, sebaiknya berhati-hati saat memilih aplikasi dan hanya install aplikasi anti virus dari sumber-sumber terpercaya seperti Play Store saja.

Demikian diatas ulasan mengenai tips yang bisa dilakukan untuk mencegah smartphone kita terserang malware atau virus. Semoga ulasan ini dapat membantu anda untuk lebih mengamankan smartphone masing-masing.

Baca Juga:

smartphones with malware, detecting targeted smartphone malware with behavior triggering stochastic models, define smartphone malware, cubot smartphone malware, ciri smartphone terkena malware, ciri ciri smartphone kena malware, chinese smartphone malware, china smartphone malware, check smartphone for malware, cara mengatasi smartphone terkena malware, can smartphone get malware, blu smartphone malware, best smartphone malware protection, best smartphone anti malware, antivirus smartphone malware