Beragam Keuntungan Menabung di Bank Danamon Syariah

Kelebihan Menabung di Bank Danamon Syariah – Salah satu bank syariah yang berkembang di Indonesia adalah Bank Danamon Syariah. Layanan jasa perbankan ini merupakan anak usaha dari Bank Danamon Indonesia. Nah, jika Anda tertarik menggunakan layanan ini, sebaiknya ketahui dulu produk tabungan Bank Danamon Syariah beserta keuntungan, bunga, dan saldo minimal yang diterapkan.

Keuntungan Menabung di Bank Danamon Syariah

Keuntungan Menabung di Bank Danamon Syariah

Keuntungan Menabung di Bank Danamon Syariah

Bank Danamon baik yang kovensional maupun syariah memang mengusung prinsip bebas biaya administrasi. Inilah salah satu keuntungan yang diperoleh jika Anda menabung di Bank Danamon Syariah. Selain bebas biaya administrasi bulanan, Anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan lain, misalnya:

1. Gratis Tarik Tunai

Produk tabungan Bank Danamon Syariah memberikan kemudahan bagi nasabah yang melakukan tarik tunai di berbagai jenis ATM. Anda bisa melakukan tarik tunai di jaringan ATM bersama dan ALTO gratis tanpa ada biaya tambahan hingga 10x dalam sebulan. Kondisi ini cukup menguntungkan karena jumlah ATM Danamon Syariah yang belum banyak dan tersebar merata di berbagai wilayah Indonesia.

2. Gratis Cek Saldo

Jika Anda menggunakan jasa perbankan lainnya, maka ketika Anda melakukan cek saldo di jaringa ATM Bersama atau Prima, maka Anda akan dikenai biaya administrasi. Namun jika Anda menggunakan Bank Danamon Syariah, maka Anda bisa bebas biaya cek saldo di semua jaringan ATM Bersama dan ALTO hingga 5x dalam 1 bulan.

3. Gratis Biaya Transfer Antar Bank

Bank Danamon Syariah memberikan kemudahan bebas biaya transfer antar bank baik melalui online banking atau ATM. Anda bebas melakukan 5x transfer ke jarngan ATM Bersama atau ALTO tanpa dikenai biaya administrasi tambahan.

4. Tanpa Penggantian Kartu

Bank Danamon Syariah maupun konvensional sudah menggunakan system kartu ATM yang terintergrasi dengan chipset. Teknologi ini memudahkan Anda karena tidak perlu melakukan penggantian kartu ATM setiap 5 tahun sekali.

5. Gratis Token

Jika Anda menggunakan internet banking, maka Anda akan tetap memerlukan token sebagai kode transaksinya. Namun Bank Danamon Syariah memberikan kemudahan dengan gratis biaya token jika Anda bisa menerima One Time Password via handphone dalam waktu kurang dari 10 menit.

Deposito Danamon Syariah

Jika Anda memiliki dana yang cukup banyak, namun dana tersebut tidak digunakan untuk kegiatan konsumsi, maka Anda bisa melakukan investasi. Jika Anda tak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk berinvestasi di bidang pasar saham, maka langkah paling aman untuk berinvestasia adalah dengan membuka tabungan deposito. Kini produk tabungan deposito juga sudah disediakan oleh Bank Danamon Syariah.

Produk tabungan Bank Danamon Syariah Deposito ini dijalankan dengan akad Mudharabah. Menurut akad tersebut, nasabah adalah pihak yang memiliki dana, sedangkan bank adalah pihak yang mengelola dana. Dalam akad Mudharabah, ada kerjasama di bidang usaha antara pemilik dana dengan pengelola dana untuk mengelola dana tersebut sehingga menghasilkan keuntungan. Pembagian keuntungan antara pihak pemilik dan pengelola dana atau biasa disebut dengan bagi hasil telah disepakati di awal perjanjian oleh kedua belah pihak tersebut.

Syarat yang harus Anda lengkapi jika ingin membuka deposito di Bank danamon Syariah diantaranya adalah:

  • Anda harus sudah berusia di atas 17 tahun dan menunjukkan KTP/SIM/Passport.
  • Menunjukkan NPWP, SIUP, TDP, atau Akta Pendirian Usaha (bagi peserta non-perorangan).

Jumlah setoran awal minimal yang harus dipenuhi nasabah adalah Rp 8.000.000,00 untuk peserta perorangan dan untuk peserta korporasi/bukan perorangan RP 100.000.000,00. Jika Anda kemudian harus mencairkan deposito sebelum waktunya, maka akan dikenai biaya Rp 30.000,00 dan untuk korporasi Rp 50.000,00.

Saldo Minimal Rekening Bank Danamon Syariah

Bank Danamon Syariah hingga saat ini memiliki 1 produk tabungan yaitu Danamon Syariah iB. Produk tabungan Bank Danamon Syariah ini memberikan banyak kentungan bagi nasabah. Anda akan terbebas dari biaya administrasi bulanan dengan system bagi hasil yang menjanjikan.

Tabungan Danamon Syariah iB ini dijalankan oleh Bank Danamon Syariah dengan prinsip Wadiah atau titipan. Prinsip wadiah dalam Syariah Islam berarti adanya perjanjian untuk menitipkan harta benda dari salah satu pihak ke pihak lainnya. Pada prinsip Wadiah ini terdapat biaya yang diperbolehkan untuk mengurus harta yang dititipkan, namun bank Danamon tidak memungut biaya kepengurusan harta tititpan tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa membuka tabungan Danamon Syariah iB ini, diantaranya adalah:

  • Calon nasabah harus sudah berusia di atas 17 tahun hingga maksimal 60 tahun. Usia ini dibuktikan dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk.
  • Calon nasabah adalah Warga Negara Indonesia ataupun Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki KITAS.
  • Calon nasabah wajib mengisikan formulir pengajuan pembukaan rekening di bank Danamon Syariah.
  • Calon nasabah wajib menyerahkan setoran awal sesuai dengen ketentuan dari Bank Danamon Syariah. Setoran awal yang harus dibayarkan oleh calon nasabah saat akan membuka rekening tabungan danamon Syariah iB ini adalah Rp 100.000,00. Kemudian berikutnya Anda bebas menabung dengan jumlah berapa pun sesuai kemampuan.

Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda dapatkan jika membuka tabungan Danamon Syariah iB ini. Saat awal pembukaan, Anda akan mendapatkan buku tabungan dan juga fasilitas kartu ATM. Keuntungan membuka produk tabungan Bank Danamon Syariah lainnya adalah:

  1. Setoran awal minimal yang harus dibayarkan oleh calon nasabah hanya Rp 100.000,00 saja.
  2. Gratis biaya administrasi bulanan.
  3. Gratis biaya pembuatan kartu ATM/Debit pertama kali saat membuka rekening.
  4. Gratis biaya administrasi untuk pembayaran autodebet seperti infak, zakat, dan sedekah.
  5. Gratis biaya tarik tunai di jaringan ATM Bersama, ALTO, dan juga ATM Danamon konvensional.
  6. Kartu ATM yang Anda dapatkan bisa berfungsi sebagai kartu debet yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran di toko bertanda mastercard electronic.
  7. Bank Danamon Syariah juga menyediakan layanan Phone Banking 24 jam baik melalui DAC ataupun Media Pelaporan Transaksi berbentuk statement dan passbook.
  8. Bank Danamon Syariah dijamin bebas riba.

Bunga Bank Danamon Syariah

Meskipun akad yang digunakan dalam produk tabungan Danamon Syariah iB, namun bank Danamon juga menetapkan adanya bunga atau yang dikenal dalam dunia perbankan syariah sebagai system bagi hasil dengan jumlah tertentu. Bank syariah yang mengikuti hokum Islam dan mengharamkan riba menggunakan mekanisme bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan saat nasabah menabungkan uangnya pada Bank Danamon.

Jumlah bagi hasil ini sudah ditetapkan oleh bank Danamon Syariah dan disetuji oleh calon nasabah saat akan membuka rekening. Anda akan diberikan penjelasan mengenai jumlah nominal bagi hasil, periode pemberian bagi hasil, dan sebagainya. Karena bank syariah ini memang bersifat Wadiah, maka biasanya bunga yang ditetapkan tidak setinggi bank-bank konvensional. Namun yang perlu Anda catat adalah bank syariah ini tidak membebani nasabah dengan biaya administrasi bulanan. Jadi menabung di bank Danamon Syariah masih memiliki keuntungan tersendiri.

Jika Anda menginginkan system bagi hasil yang lebih kompetitif, maka Anda bisa menggunakan layanan deposito syariah. Bank Danamon Syariah menjanjikan system bagi hasil yang sangat menguntungkan nasabah dengan melakukan investas deposito. System bagi hasil deposito Bank Danamon Syariah adalah 70:30 (nasabah:bank).

Itulah informasi lengkap mengenai produk tabungan Bank Danamon Syariah, keuntungan, bunga, dan saldo minimal masing-masing produknya.

Baca Juga:

kelebihan kartu debit danamon, buka rekening da, cara pembuatan atm danamon syariah, kekurangan tabungan danamon syariah, kelebihan dan kerugian atm danamon syariah, keunggulan danamon syar, keuntungan menabung di bank danamon