Kisah Keris Sakti Jenderal Sudirman yang Melegenda

Keris Sakti Jenderal Sudirman – Tahukah anda mengenai keris sakti yang dimiliki Jenderal Sudirman? Memang sudah tidak mengherankan jika para pahlawan zaman dahulu memiliki sesuatu yang dapat membuatnya bertahan di berbagai medan pertempuran. Tidak sedikit dari mereka yang menggunakan ilmu gaib maupun benda-benda mistis untuk membuat mereka menjadi kebal dan sakti. Tak terkecuali dengan Jendral Sudirman.

Nah, bicara mengenai keris sakti yang dimiliki Jenderal Sudirman, berikut kami bagikan informasi lengkapnya. Silahkan disimak.

Kisah Keris Sakti Jenderal Sudirman yang Melegenda

Kisah Keris Sakti Jenderal Sudirman yang Melegenda

Kisah Keris Sakti Jenderal Sudirman

Keris Sakti yang Dimiliki Jendral Sudirman

Dengan kesaktiannya Jendral Sudirman mampu melarikan diri berkali-kali dari serangan Belanda. Beliau juga mampu merubuhkan pesawat Belanda dengan meniupkan merica serta ia dapat membuat dirinya serta kampung yang ia datangi menjadi tidak terlihat oleh Belanda. Namun belum diketahui secara pasti dari mana sebenarnya Ia mendapatkan senjata sakti tersebut. Sejarah menyebutkan bahwa seorang Kyai dari daerah Jawa Timur lah yang telah memberikan/mewariskan pada beliau.

Konon katanya senjata sakti ini selalu menemani Jendral Sudirman ketika menghadapi delegasi Belanda. Dan dari berbagai keterangan para saksi, ternyata senjata tersebut berupa sebuah keris yang selalu dibawa oleh Jendral Sudirman. Beberapa bukti kesaktian keris itu antara lain adalah ketika pesawat Belanda hendak menembak sebuah desa saat itulah warga Nganjuk bersembunyi di balik pohon. Namun ternyata Jendral Sudirman yang saat itu dipikir oleh warga adalah seorang Kyai mengeluarkan keris dari pinggangnya dan ia meletakkan dihadapannya.

Pria yang dikira adalah seorang Kyai tersebut kemudian merapatkan tangannya dan mulai komat-kamit membaca doa dan seketika keris tersebut berdiri dengan ujung lancipnya menghadap ke langit-langit. semakin pesawat itu mendekat maka doa yang dipanjatkan semakin nyaring. Ajaibnya adalah keris itu perlahan miring dan kemudian jatuh ketika bunyi pesawat menjauh dan pria tersebut yang ternyata adalah Jendral Sudirman menyarungkan kembali keris tersebut. Seorang pengawal yang merupakan orang kepercayaan beliau mengatakan bahwa keris dan doa yang dipanjatkan tersebutlah yang menyamarkan rumah dan Kampung dari penglihatan para tentara Belanda.

Belanda juga selalu gagal untuk mencari Jendral Sudirman karena diperkirakan Jendral Sudirman telah mengetahui terlebih dahulu jika ia hendak ditangkap oleh pasukan Belanda. Keris dan doa-doa tersebut tidak hanya sekali dua kali menyelamatkan Jendral Sudirman. Pernah pula ketika hujan lebat turun dan membuyarkan Belanda, Jendral Sudirman mencabut cundrik yaitu sebuah keris kecil pemberian seorang Kyai di Pacitan. Beliau kemudian mengarahkannya ke langit dan kemudian tiba-tiba awan hitam bergulung gulung petir dan angin pun datang dan mengacuhkan pengepungan Belanda.

Lantas Kemana Keris Sakti Tersebut Saat Jenderal Sudirman Meninggal?

Berdasarkan informasi yang beredar, keris sakti yang di miliki Jenderal Sudirman tersebut, di wariskan pada adiknya. Beliau member pesan/mandat untuk berhati-hati dalam menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan jika keris tersebut salah digunakan maka kekuatannya akan menyerang balik pemiliknya. Nah, karena tidak sembarang orang dapat menggunakan keris tersebut, maka sang pewaris keris tersebut lebih memilih untuk meletakkannya di museum daripada nantinya tidak dapat merawat keris tersebut dengan baik.

Nah itulah senjata sakti yang dimiliki Jenderal Sudirman, yang diyakini telah berjasa menyelamatkan sang Jenderal di berbagai peperangan. Dalam catatan sejarah, konon jenderal Sudirman masih memiliki benda-benda mistis lainnya selain keris yang kerap ia bawa. Tentunya sebagai manusia yang beragaman kita harus berpikir bijak, bahwa senjata tersebut hanya sebagai perantara, dan semuanya berjalan sesuai kehendak-NYA. Tentu begitupun yang juga diyakini oleh Jenderal Sudirman, karena faktanya sang Jenderal merupakan muslim yang taat, dan bahkan banyak yang menyebut beliau sebagai kyai.

Baca Juga:

keris jendral sudirman, akreditasi fk universitas jenderal soedirman, akreditasi farmasi universitas jenderal soedirman, akreditasi fakultas kedokteran universitas jenderal soedirman, akreditasi fakultas di universitas jenderal soedirman, ajudan jendral sudirman, ajudan jenderal sudirman, adu keris sakti, adipati dolken pemeran jendral sudirman, adipati dolken mirip jendral sudirman, adipati dolken jenderal sudirman, adipati dolken jenderal soedirman, adipati dolken di film jenderal soedirman, 3 keris sakti di indonesia, yt jenderal sudirman