Waspada, Ini 8 Macam Kejahatan di Internet yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Kejahatan di Internet Yang Wajib Anda Ketahui – Banyak bermunculan macam-macam alat elektronik yang semakin canggih di era modern ini. Kecanggihan alat-alat elektronik tak jarang menimbulkan banyak aktifitas kejahatan demi meraup keuntungan yang besar dan cepat. Pelaku kejahatan ini dikenal dengan sebutan Hacking atau Hacker.  Kedua sitilah tersebut  sering diperbincangkan di dunia komputer dan internet. Oleh karena ulah para hacker, pencurian akun atau privasi sering  dialami oleh pengguna internet dan komputer.

Waspada, Macam-macam Kejahatan di Internet yang Wajib Anda Ketahui

Waspada, Macam-macam Kejahatan di Internet yang Wajib Anda Ketahui

8 Macam Kejahatan di Dunia Internet dan Komputer

Baik di dunia komputer maupun internet terdapat banyak  jenis kejahatan yang perlu kita waspadai. Nah, kali ini kami akan membagikan informasi tentang 8 macam kejahatan yang dapat kita temukan di dunia internet dan komputer. Berikut ini ulasannya:

1. Phising

Phising merupakan kegiatan mempengaruhi para pengguna komputer dan internet agar  setuju untuk memberikan informasi data diri dilengkapi dengan passwordnya. Phising biasanya berfokus pada para pengguna online banking. Isian data berupa informasi password dan user name  akan dimiliki penjahat tersebut lalu dimanfaatkan untuk  kegiatan berbelanja dengan uang  atau  kartu kredit melalui rekening milik korbannya.

2. Spamming

Spamming merupakan proses pengiriman iklan atau berita melalui surat elektronik (e-mail) yang tidak dikehendaki.  Spam sering dikenal dengan sebutan junk email atau bulk email. Bentuk kejahatan ini sering menyasar korbannya  dalam bentuk pengiriman email berupa lotere, hadiah, pencairan dana  sampai ajakan bagi hasil. Bahkan beberapa bentuk spamming dapat berupa permintaan pencairan rekening agar korban mau mengirimkan uang/dana dalam  mata uang dolar.   Ini merupakan  salah satu bentuk kejahatan internet  berupa penipuan yang patut kita waspadai.

3. Malware

Malware merupakan bentuk kejahatan komputer berbentuk sebuah program yang mampu menggali kelemahan suatu software. Biasanya Malware diciptakan untuk tujuan negatif yakni melakukan perusakan dan pembobolan suatu operating system atau software. Malware terdiri dari beragam jenis antara lain worm, virus, horse,  Trojan, browser hijancker dan adware.

4. Scanner

Scanner merupakan sebuah  program yang mampu melakukan pendeteksian kelemahan sebuah komputer  baik dalam jaringan lokal maupun non lokal.

5. Data Forgery

Data Forgery adalah jenis kejahatan di dunia internet berupa aktivitas  pemalsuan data  yang terdapat pada dokumen-dokumen penting dan tersimpan dalam format scriptless document lewat internet. Biasanya kejahatan ini kita temukan pada dokumen-dokumen e-commerce. Data Forgery  membuat data seolah-olah mengalami salah ketik  yang bertujuan menguntungkan pelaku kejahatan.

6. Carding

Carding merupakan jenis kejahatan di dunia internet  berupa pemalsuan nama identitas seseorang. Misalnya; aktivitas berbelanja dengan kartu identitas atau nomor milik orang lain yang didapatkan secara ilegal. Hal ini dilakukan biasanya dengan proses pencurian  data dari internet. Pelaku kejahatan ini sering dikenal dengan sebutan Carder.  Selain itu, pelaku kejahatan ini juga  terkenal dengan nama Cyberfroud. Cyberfroud merujuk pada sebuah aktifitas penipuan yang terjadi di dunia maya atau media sosial.

7. Hacking

Hacking merupakan kegiatan pencurian atau penerobosan program komputer milik orang lain. Pelaku hacking sering dikenal dengan nama Hacker. Hacker merujuk pada orang yang senang melakukan penerobosan komputer dengan keahlian yang dimiliki. Biasanya para hacker memiliki keahlian membaca dan membuat program tertentu dengan melakukan pengamatan keamanan security terlebih dahulu.  Salah satu jenis Hacker yang berbahaya ialah Hacker Pencoleng. Jenis Hacker ini mampu melakukan penerobosan program milik orang lain lalu merusaknya dan melakukan pencurian data.

8. Cracking

Cracking merupakan jenis Hacking yang memiliki tujuan jahat. Cracker sering dikenal dengan julukan Hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan Carder yang hanya melakukan pengintipan kartu kredit, Cracker lebih berbahaya karena mereka melakukan pengintipan simpanan para nasabah  di bank-bank maupun pusat data yang cukup sensitif dengan tujuan utama untuk menikmati hasilnya.

Nah, demikianlah ulasan tentang 8 macam kejahatan di dunia internet dan komputer. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.