Inilah Kampung Wadon, Kampung Unik di Indonesia yang Hanya Dihuni Kaum Wanita

Kampung Wadon Kampung Unik di Indonesia – Indonesia sebagai negara yang besar dengan beragam kebudayaannya memang benar-benar unik. Pernahkah anda mendengar tentang suatu kampung yang hanya berisikan kaum hawa saja? Hal ini benar-benar terjadi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tepatnya di Kampung Wadon, Kecamatan Pitu.

Kampung Wadon, Kampung Unik di Indonesia

Kampung Wadon, Kampung Unik di Indonesia

Kampung Unik di Indonesia Yang Dihuni Kaum Wanita

Tentu Anda akan bertanya-tanya, benarkah kampung seperti ini ada. Pasalnya, anda pasti akan meragukan bahwasannya wanita tidak bisa hidup tanpa laki-laki di sampingnya. Namun hal ini benar-benar terjadi di Kampung Wadon. Tidak ada satu pun lelaki yang tinggal di sini karena berbagai mitos dan larangan yang sangat dipercayai oleh masyarakatnya.

1. Mitos Kampung Wadon

Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika Kampung Wadon hanya dihuni oleh kaum perempuan saja. Tentu terdengar sangat memilukan jika seorang wanita hidup sendirian tanpa seorang laki-laki. Hal ini bukanlah hal yang baru di Kampung Wadon. Masyarakat sekitar sudah sangat mengetahui hal ini, oleh karena itu kampung ini sangat jarang dikunjungi oleh warga dari kampung lain. Begitu pula dengan laki-laki. Masyarakat percaya, jika ada laki-laki yang menikah dengan wanita dari Kampung Wadon dan tinggal di sana, makan hidupnya akan sengsara selama ia hidup. Mitos ini telah menurun sampai generasi saat ini. Karena mitos tersebut, Kampung Wadon benar-benar bersih dari jenis kelamin laki-laki.

2. Aturan Pernikahan Kampung Wadon

Jika tidak ada laki-laki di Kampung Wadon, lantas bagaimana cara mereka memperoleh keturunan? Di kampung ini, pernikahan dilakukan seperti pada umumnya. Hanya saja terdapat beberapa hal yang berbeda dari aturan pernikahan pada umumnya. Seorang wanita dari Kampung Wadon boleh menikah dengan lelaki manapun yang ia sukai, namun dengan syarat lelaki tersebut tidak boleh tinggal di Kampung Wadon dan harus hidup terpisah dengan isteri di kampung lain. Suami boleh mengunjungi isteri jika memang dibutuhkan, misalnya untuk memperbaiki rumah.

Jika suatu saat mereka memiliki seorang anak laki-laki, maka anak tersebut harus hidup di kampung lain atau ikut dengan ayahnya. Sedangkan jika anak perempuan, maka ia dibebaskan untuk memilih, ikut dengan ayah atau menetap di Kampung Wadon dengan sang ibu.

3. Terbiasa Mandiri Tanpa Lelaki

Siapa yang bilang jika wanita tidak bisa hidup mandiri? Para wanita di Kampung Wadon sudah membuktikan hal tersebut sejak dahulu. Hampir seluruh wanita di kampung ini bertahan hidup dengan mengandalkan hasil pertanian, seperti ketela, padi, dan jagung. Sementara untuk air minum, para wanita ini menggunakan sumber mata air yang dikeramatkan dan dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit yang diderita.

4. Lokasi Kampung yang Terisolir

Kampung ini memang terletak di Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Letaknya yang jauh masuk ke dalam hutan cukup membuat orang kesulitan jika hendak berkunjung ke kampung ini. Namun warga Kampung Wadon ini tetap bisa beraktivitas dengan baik, seperti berladang dan berkebun. Kehidupan mereka pun terbilang normal walaupun tidak ada laki-laki sebagai tulang punggung keluarga. Penduduk kampung ini juga tidak jauh dari peradaban dunia saat ini. Banyak sekali warga yang penasaran sehingga datang langsung ke kampung ini untuk melihat kehidupannya.

5. Generasi yang Mulai Hilang

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kampung Wadon mulai terancam punah. Rata-rata penduduk Kampung Wadon sudah berusia paruh baya atau sekitar 40 tahun ke atas. Sebagian dari mereka pun tidak memiliki keturunan sehingga generasi dari kampung ini mulai hilang sedikit demi sedikit.

Nah, itulah sekelumit mengenai kampung Wadon. Sangat unik bukan? Bila anda benar-benar pensaran dengan kampung ini, tak ada salahnya untuk berkunjung kesana.

Baca Juga:

tulislah peran kaum wanita dalam pergerakan kebangsaan indonesia, kampung wadon ngawi, kampung wadon kecamatan pitu ngawi, kampung wadon kecamatan pitu, kampung wadon kec pitu, kampung wadon jawa timur, kampung wadon jatim, kampung wadon di ngawi, kampung wadon di kecamatan pitu, kampung wadon di jawa timur, kampung wadon, fakta unik suku indonesia, fakta unik suku di indonesia, bagaimana peran kaum wanita dalam pergerakan nasional indonesia, asal usul kampung wadon