Jangan Bilang Pintar Kalau Masih Menganggap Asuransi Mobil dan Garansi Mobil Sama

Perbedaan Asuransi Mobil Dan Garansi Mobil РKenyamanan dalam berkendara memang menjadi prioritas utama para pengendara. Tidak heran ketika berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkannya. Sebagaimana yang diberikan oleh dua perusahaan jasa ini, yaitu jasa asuransi mobil dan garansi mobil. Keduanya sama-sama memiliki misi untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggannya dalam berkendara.

Namun, masyarakat seringkali menyalahartikan posisi keduanya. Baik asuransi mobil maupun garansi mobil, keduanya memiliki bentuk pelayanan yang berbeda. Bukankah sangat memalukan ketika Anda harus mengajukan klaim yang salah, hanya karena faktor tidak tahu.

Pastikan untuk memahami keduanya, sebelum Anda merasa malu ketika salah dalam mengajukan permintaan jasa atas kerusakan kendaraan Anda. Nah, berikut perbedaan mendasar antara asuransi mobil dan garansi mobil, yang wajib diketahui.

Jangan Bilang Pintar Kalau Masih Menganggap Asuransi Mobil dan Garansi Mobil Sama

Jangan Bilang Pintar Kalau Masih Menganggap Asuransi Mobil dan Garansi Mobil Sama

Perbedaan Asuransi Mobil dan Garansi Mobil Sama

Bentuk Pelayanan Asuransi Mobil

Asuransi mobil seringkali menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan perlindungan secara menyeluruh atas kendaraan pribadinya. Jasa pelayanan yang diberikan pun berdasarkan tingkat biaya atau premi yang dibayarkan oleh nasabah. Artinya, klaim asuransi ini bisa didapatkan, ketika Anda menjadi nasabah dari salah satu perusahaan jasa asuransi.

Sementara klaim asuransi sendiri bisa didapatkan ketika Anda melakukan prosedur pendaftaran sebagai calon nasabah di salah satu perusahaan asuransi. Biasanya Anda akan diminta melakukan pengisian formulir dan memenuhi kelengkapan data tertentu, seperti KTP, SIM, STNK, dan tentunya Polis Asuransi. Anda cukup mendatangi perusahaan jasa asuransi yang Anda pilih, untuk kemudian mendapatkan prosedur lanjutan sebagai calon nasabah.

Bentuk pelayanan yang biasanya diberikan oleh perusahaan asuransi mobil adalah dalam bentuk All Riks dan Total Loss Only (TLO). Keduanya sendiri juga memiliki system pelayanan yang berbeda.

Asuransi All Risk bisa didapatkan ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan dalam bentuk apa pun, serta masalah kehilangan akibat pencurian. Tentunya setelah Anda membayarkan sejumlah premi yang ditawarkan perusahaan. Atas pelayanan yang diberikan secara total inilah, maka tidak heran ketika premi yang ditawarkannya cukup tinggi.

Sementara TLO akan didapatkan ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan total hingga 75% atau lebih. Artinya, klaim hanya bisa didapatkan ketika mobil Anda mengalami kerusakan, yang bisa dibilang tidak memungkinkan bagi kendaraan untuk diperbaiki. Asuransi TLO juga akan memberikan klaim ketika Anda mengalami masalah kehilangan akibat kasus pencurian. Mengingat pelayanan jasanya yang terbilang terbatas, maka tidak heran ketika premi yang ditawarkan TLO lebih ringan daripada All Risk.

Bentuk Pelayanan Garansi Mobil

Istilah garansi seringkali dipakai ketika seseorang memberi suatu barang baru. Begitu halnya dengan garansi mobil, yang didapatkan ketika konsumen membeli produk dari sebuah perusahaan. Secara otomatis, Anda akan mendapatkan garansi atas pembelian mobil tersebut, yang biasanya memiliki jangka waktu hingga 2-5 tahun.

Pelayanan yang diberikan pun biasanya terbatas, sesuai yang tertera di awal pembelian. Itulah sebabnya jasa pelayanan ini diberikan secara gratis kepada pelanggannya.

Setelah mengetahui perbedaan antara asuransi mobil dan garansi mobil, pastikan untuk tidak melakukan kesalahan, ketika ingin mendapatkan permintaan perlindungan pada mobil Anda. Perlu diingat kembali, kerusakan internal pada mobil, akan lebih tepat untuk mendapatkan klaim dari garansi mobil. Anda juga bisa membawanya pada asuransi mobil, ketika pelayanan yang diberikan garansi mobil tidak cukup memuaskan. Sementara kerusakan secara menyeluruh, baik internal maupun eksternal, bisa Anda ajukan klaim pada perusahaan asuransi mobil.

Baca Juga:

perbedaan garansi dan asuransi, bedanya asuransi dan garansi, beda garansi dan asuransi, beda asuransi dan garansi, bank garansi via asuransi, bank garansi melalui asuransi, bank garansi dengan asuransi, bank garansi asuransi jasindo, asuransi yang menerbitkan bank garansi, asuransi untuk bank garansi, asuransi penerbit bank garansi, asuransi kontra garansi, asuransi kontra bank garansi, asuransi garansi bank, asuransi garansi