Inilah Alasan Kenapa Keamanan iPhone Lebih Baik Dari Android

Keamanan iPhone Lebih Baik Dari Android – Banyak orang yang lebih memilih menggunakan ponsel berbasis Android dibandingkan dengan iPhone dikarenakan harga iPhone yang dirasa terlalu mahal. Padahal jika ditelisik lebih dalam harga mahal yang dipatok Apple selaras dengan berbagai macam fitur dan kualitas yang dibawanya.

Salah satu keunggulan yang paling mencolok dari iPhone dibandingkan dengan ponsel-ponsel android adalah sistem keamanannya yang sangat mutakhir. Apalagi dengan penggunaan ponsel sekarang yang kerap kali menyimpan data-data penting seperti kartu kredit dan yang lainnya. Tentu sistem keamanan dari ponsel merupakan hal yang tidak bisa dipandang remeh. Nah untuk lebih meyakinkan Anda, berikut telah kami rangkum beberapa alasan mengapa sistem keamanan iPhone lebih baik dibanding Android.

Alasan iPhone Lebih Baik dari Android

Alasan iPhone Lebih Baik dari Android

Alasan Kenapa Keamanan iPhone Lebih Baik Dari Android

1. Metadata Dijaga dengan Baik

Metadata bisa dikatakan seagai arsip atau pengingat dari segala kegiatan yang pernah anda lalukan di smartphone anda. Baru-baru ini, NSA (National Security Agency) menggunakan metadata sebagai pengaman bagi seluruh pengguna smartphone di dunia melalui metadata yang ada pada ponselnya.

Namun, metadata dalam ponsel Android sangatlah rawan untuk digunaka oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menggunakan data-data yang terdapat dalam smartphone orang lain untuk tujuan yang tidak baik. Sedangkan metadata yang terdapat dalam ponsel iPhone lebih aman karena terlindungi dengan baik.

2. Aplikasi iPhone Tidak Dapat di Enkripsi

Enkripsi secara sederhana dapat dikatakan sebagai suatu metode yang dapat digunakan untuk mengkode data dengan berbagai macam cara sehingga membuat keamanan informasinya terjaga. Walaupun begitu, semua aplikasi yang terdapat dalam iPhone tidak dapat di enkripsi. Apple berpendapat bahwa apabila mereka membuat aplikasi enkripsi pada ponselnya, kemungkinan program itu untuk disalah gunakan sangatlah besar. Bahkan, Apple juga menolak bantuan dari NSA untuk mengerjakan aplikasi enkripsi ini bersama.

3. Aman dari Aplikasi Peretas

Banyak rumor mengatakan bahwa terdapat aplikasi android yang tanpa kita sadari dapat meretas data-data kita dan juga dapat merekam video dan juga merekam suara kita sehari-hari. Namun jika anda memakai iPhone, anda tak usah lagi mencemaskan hal-hal seperti ini karena semua aplikasi untuk iPhone sudah menjalani berbagai macam test dan seleksi yang ketat. Selain itu, iPhone juga sangat memperhatikan keamanan softwarenya sehingga untuk membuat aplikasi peretas iPhone sangatlah sulit.

4. Tidak Berhubungan Dengan Google

Aplikasi-aplikasi buatan Google yang terpasang di Android seperti Maps, Translate dan lainnya memang sangat membantu dan berguna. Tapi, kabarnya Google telah bekerja sama dengan NSA untuk memberikan informasi dan mengenai kegiatan semua smartphone Android tanpa terkecuali. Kesimpulannya, semua kegiatan yang anda lakukan melalui Android sudah diawasi.Sebaliknya, iPhone yang bukan merupakan ‘anak’ dari Google secara teori memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk diawasi dengan cara seperti ini.

5. Celah Keamanan

Tidak dipungkiri memang selama ini Android terkenal dengan banyaknya celah keamanan yang ada di ponsel-ponselnya. Apalagi jika sudah di root, walaupun memiliki beberapa fungsi, fitur root ternyata membuat celah keamanan pada ponsel android semakin terbuka.

Sebaliknya, iOS milik Apple dikenal sebagai sistem operasi yang memiliki celah keamanan yang sangat sedikit. Bahkan bisa dikatakan merupakan salah satu yang memiliki sistem keamanan terbaik. Selain itu, Apple juga rutin memberikan berbagai update-update yang sangat berguna untuk menambal celah-celah yang mungkin ada. Tercatat, rata-rata hanya memakan waktu 12 hari saja untuk Apple dapat menambal celah keamanan yang muncul

Nah, itu dia beberapa alasan kuat mengapa sistem keamanan iPhone bisa dikatakan lebih baik dan lebih tangguh daripada Android.