Alasan Investasi Reksadana Tak Kalah Menguntungkan Dibanding Emas

Investasi Reksadana Atau Investasi Emas – Mungkin selama ini kebanyakan orang selau menganggap investasi emas adalah investasi yang paling menguntungkan karena rata-rata harga jual emas yang selalu meningkat tiap tahunnya. Memang tak bisa dipungkiri jika emas adalah salah satu instrumen investasi menguntungkan, tapi yang perlu diketahui tak hanya emas yang menguntungkan, ada banyak jenis investasi lain yang juga tak kalah menguntungkan. Dimana salah satunya adalah reksadana.

Nah, untuk lebih jelasnya, pada kesempatan ini telah kami rangkum ulasan tentang alasan kenapa investasi reksadana tak kalah menguntungkan dibanding investasi emas. Silahkan disimak.

Investasi Reksadana Tak Kalah Menguntungkan Dibanding Emas

Investasi Reksadana Tak Kalah Menguntungkan Dibanding Emas

Alasan Investasi Reksadana Sangat Menguntungkan, Tak Kalah Dibanding Investasi Emas

1. Return Lebih Besar, Meski Resiko Juga Lebih Besar

Sesuai dengan hakikat berinvestasi yaitu bertujuan untuk mendapatkan return (keuntungan) maka dapat dipastikan jika investasi reksadana mampu menghasilkan return yang lebih besar daripada investasi emas. Bahkan menurut data yang ada, walaupun harga jual emas sedang meningkat, return yang dihasilkan pun tetap lebih rendah dibandingkan reksadana. Namun tentunya, potensi keuntungan berbanding lurus dengan resikonya.

2. Modal Kecil

Jika anda memilih untuk berinvestasi reksadana maka untuk memulainya anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar. Bahkan dengan uang rp. 100.000 pun anda sudah dapat memulainya. Hal ini tentu berbeda dengan investasi emas dimana untuk membeli 1 gram saja harus menyiapkan dana di atas 500ribuan (emas 24 karat).

3. Reksadana Bisa Dibeli Online

Investasi reksadana bisa dengan mudah kita dapatkan, bahkan kita bisa melakukan pembelian atau penjualan dari smartphone. Asal sudah terkoneksi dengan internet dan mendaftar sebagai nasabah salah satu bank atau broker reksadana. Berbeda dengan investasi emas, karena dalam bentuk fisik, mau tidak mau kita harus pergi ke toko emas atau pegadaian, untuk melakukan transaksi, baik itu jual maupun beli. Walaupun sekarang ada beberapa website yang menjual emas secara online, namun tentu saja banyak kekhawatiran untuk melakukan transaksi tersebut.

4. Investasi Reksadana Tidak Mungkin Mendapat Barang Palsu

Apabila anda ingin berinvestasi emas maka ketelitian adalah kunci utamanya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor , dimana salah satunya adalah semakin banyaknya emas palsu yang beredar, entah dari segi kemurnian emas atau hal lainnya. Namun apabila anda memilih berinvestasi reksadana maka hal semacam ini bukan lagi menjadi masalah, sebab saat kita membeli di bank yang ditunjuk atau di broker resmi, tentu saja hampir tidak mungkin bisa terjadi pemalsuan.

5. Resiko Kehilangan

Ketika anda hendak memutuskan untuk berinvestasi emas maka saat itu pula anda juga sudah memutuskan untuk siap menanggung resiko kehilangan. Resiko kehilangan emas pun dapat dikatakan cukup tinggi presentasenya karena memang pada faktanya banyak barang curian yang berupa emas ketimbang barang lainnya. Oleh karenanya jika anda tidak ingin dikhawatirkan dengan rasa takut kehilangan itu, maka investasi reksadana adalah jenis yang paling tepat karena seluruh uang anda sudah pasti berada ditempat atau sistem yang tepat dan tidak akan hilang.

6. Dikelola Oleh Manajer Investasi Berpengalaman

Dalam investasi reksadana anda tidak lagi perlu dipusingkan dengan sistem pengelolaan investasi yang rumit karena ketika anda menaruh sejumlah uang pada instrumen reksadana, pihak manajer investasilah yang akan mengaturnya. Mau di investasikan dimana uang tersebut nantinya.

Nah, setelah beberapa alasan diatas, sekarang sudah tahu kan kenapa investasi reksadana tak kalah menguntungkan di banding investasi emas.