Inilah Syarat Syarat Umum PNS yang Wajib Anda Tahu

Inilah Syarat Umum PNS – Mau tidak mau setelah dewasa kita perlu bekerja dan perlu berpenghasilan. Entah itu dengan jalan usaha atau menjadi pegawai. Namun ternyata, untuk bisa bekerja dan berpenghasilan, tidak semudah yang kita bayangkan dulu ketika masih kecil. Dulu mungkin kita membayangkan, kalau kita berhasil kuliah di universitas ternama, maka kita bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan di tempat yang diimpikan serta mendapat gaji yang besar. Tapi ternyata realita itu tidak seperti apa yang kita harapkan.

Inilah Syarat Umum Menjadi PNS

Inilah Syarat Umum Menjadi PNS

Karena semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan, maka saat ini, kita menemukan fakta/fenomena bahwa ketika ada pembukaan lowongan PNS, banyak yang berbondong-bondong untuk mengikuti proses seleksinya. Bahkan ada di antara mereka yang telah mempersiapkan persyaratannya jauh-jauh hari.

Nah, apakah Anda termasuk salah satunya? Dan berbicara mengenai persyaratan PNS, tahukah Anda persyaratan apa saja yang dibutuhkan?

Persyaratan Mendaftar PNS

1. Warga Negara Indonesia

Ketika seseorang menjadi PNS, maka secara otomatis Anda memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada negara. Nah, karena kewajiban inilah, maka untuk menjadi PNS, Anda harus terdaftar menjadi warga negara Indonesia, dan hal ini perlu Anda buktikan dengan melampirkan kartu tanda penduduk (KTP) ketika melakukan proses pendaftaran menjadi PNS.

2. Usia Tidak Lebih dari 35 Tahun

Apabila perusahaan merekrut pegawai baru, tentunya mereka ingin mendapatkan tenaga kerja yang masih enerjik dan adaptif dengan aneka perubahan yang ada. Begitupula dengan negara. Negara membutuhkan tenaga dan pegawai-pegawai yang masih sanggup mengabdi dan melayani dengan baik. Oleh karena itu, saat penerimaan PNS ada syarat usia maksimal yang digunakan untuk membatasi usia pendaftar. Dan batas usia maksimal itu adalah 35 tahun.

3. Tidak Pernah Terkena Tindak Pidana

Satu syarat mutlak yang Anda harus penuhi saat ingin menjadi PNS adalah dengan tidak pernah terkena tindak pidana. Untuk membuktikan hal ini, maka Anda harus melampirkan berkas surat catatan kepolisian bahwa Anda tidak pernah terlibat tindak pidana apapun.

4. Bukan PNS, TNI ataupun Polisi

Apabila saat ini Anda adalah PNS, TNI ataupun Polisi, lalu ingin ikut tes PNS lagi karena satu dan lain hal, maka ini tidak akan pernah terjadi. Kenapa? Karena jika Anda adalah PNS, TNI ataupun Polisi, maka Anda tidak diperbolehkan untuk mendaftarkan diri Anda kembali.

5. Sehat Jasmani dan Rohani

Jika yang bekerja pada negara ini diisi oleh orang-orang yang sehat secara jasmani dan rohani, maka kerja-kerja untuk mengabdi dan melayani rakyat akan bisa dilakukan dengan optimal. Sehingga hal ini menjadi salah satu syarat ketika Anda ingin menjadi PNS, yaitu dengan melampirkan surat keterangan sehat.

6. Siap Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia

Apakah benar Anda siap menjadi PNS? Jika Anda siap menjadi PNS, maka Anda pun harus bersiap-siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, apalagi untuk saat ini daerah-daerah membuka formasi lowongan PNS lebih banyak dibandingkan di kota-kota besar.

Bagaimana, apakah syarat-syarat jadi PNS ini sudah terpenuhi dalam diri Anda?