Deretan Ilmu Bela Diri Pasukan Khusus Indonesia yang Kehebatannya Sudah Mendunia

Ilmu Bela Diri Pasukan Khusus Indonesia yang Mendunia – Kemampuan bertarung dalam peperangan harus dimiliki oleh semua pasukan militer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Kemampuan bertarung ini dihasilkan dari latihan fisik yang lama, kemauan serta semangat yang kuat. Di Indonesia sendiri, berbagai jenis ilmu bela diri diterapkan dalam dunia militer untuk melatih kekuatan fisik dan strategi berperang tiap individu seorang prajurit/pasukan. Diantara beragam seni beladiri yang ada, setidaknya ada 4 ilmu bela diri pasukan Indonesia yang membuat dunia merinding. Penasaran apa saja kira-kira?

Ilmu Bela Diri Pasukan Khusus Indonesia yang Mendunia

Ilmu Bela Diri Pasukan Khusus Indonesia yang Mendunia

Deretan Ilmu Bela Diri Pasukan Khusus Indonesia

1. Merpati Putih

Merpati putih merupakan ilmu bela diri asli Indonesia yang digunakan dalam pelatihan pasukan khusus TNI. Merpati Putih merupakan kelompok ilmu bela diri yang menerapkan seni bela diri tangan kosong untuk menghadapi lawannya. Seni bela diri ini sudah mulai berkembang di Indonesia sejak tahun 1550an.

Ilmu bela diri Merpati Putih dipastikan adalah seni bela diri yang asli berasal dari Indonesia, yang konon pada zaman dahulu digunakan oleh keluarga keraton. Merpati putih dikenal menggunakan seni bela diri dengan tenaga yang bersumber dari dalam diri. Untuk mendapatkan kekuatan terserbut diperlukan teknik olah nafas.

Ilmu bela diri Merpati Putih ini digunakan oleh pasukan khusus di kalangan TNI-AD yaitu Kopassus, pasukan elit marinir, Kopaska TNI-AL, dan Paskhas TNI-AU. Selain dari kalangan TNI, Merpati Putih juga digunakan sebagai ilmu bela diri yang diajarkan pada pasukan Brimob Kepolisian.

2. Karate

Karate adalah ilmu seni bela diri yang berasal dari Jepang. Ilmu ini merupakan hasil perpaduan antara Kenpo (seni bela diri Cina) yang dipadukan dengan seni bela diri asli Jepang. Kenpo ini dalam bahasa Jepang lebih dikenal dengan istilah Tote (tangan Cina). Namun kemudian untuk memudahkan pengucapan, masyarakat Jepang mengubahnya menjadi Karate yang juga berarti tangan kosong.

Karate telah digunakan oleh TNI sebagai salah satu seni bela diri yang diajarkan pada setiap pasukan. Selain teknik-teknik bela dirinya, filsafat hidup karate juga diterapkan dalam latihan pasukan TNI. Dalam karate dikenal filsafat hidup kejujuran (Gi), keberanian (Yuu), dan sopan santun (Rei). Dengan karate ini, diharapkan akan lahir pasukan TNI yang bukan hanya kuat secara fisik, namun juga menjadi atlet bela diri yang berjiwa positif (Seishin) dan memiliki semangat tinggi (Seiki).

3. Kungfu

Kungfu adalah seni bela diri yang berasal dari Cina. Seni bela diri ini sudah terkenal di seantero dunia dan menyebar luas dengan cepat. Kungfu ternyata juga digunakan dalam pelatihan pasukan khusus Indonesia. Kungfu dalam kebudayaan Cina ternyata memiliki arti yang lebih luas dibandingkan hanya sekedar ilmu bela diri semata. Kungfu ini merupakan sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan dengan ketekunan yang tinggi. Bahkan dalam film-film laga sekalipun ilmu kungfu ini memang selalu digambarkan hanya bisa didapatkan oleh orang yang mau tekun dan serius mempelajarinya hingga waktu yang lama.

Kungfu sendiri merupakan ilmu bela diri tangan kosong yang mengandalkan tenaga dalam dan kecepatan gerak. Jika dilihat, kungfu ini mengandalkan gerak tubuh yang ringan dan mudah sekali berpindah untuk menghindari serangan dari lawan. Kungfu juga mengajakan bagaimana membidik sasaran dengan tepat walaupun dengan tangan kosong. Di Indonesia, ilmu kungfu dalam tubuh TNI diajarkan oleh seorang guru bernama Efendi. Ia mengajarkan ilmu ini dari satu tempat ke tempat yang lain untuk meningkatkan kualitas pasukan khusus TNI atau Kopassus. Kemampuan kungfu Kopassus ini bahkan pernah mendapatkan apresiasi dari Panglima Jerman yang berkunjung ke Indonesia.

4. Yong Moo Do

Yong Moo Do adalah seni bela diri yang berasal dari Korea. Yong Moo Do ini merupakan teknik bela diri yang dihasilkan dari gabungan berbagai aliran seni bela diri seperti Judo, Taekwondo, Apkido, Ssirum, dan Hon Sil Sul. Ilmu bela diri ini secara resmi diajarkan pada pasukan khusus TNI sejak tahun 2008.

Itulah diatas beberapa ilmu bela diri pasukan khusus Indonesia yang membuatnya ditakuti dunia.

Baca Juga:

www.pasukan khusus indonesia, aksi heroik pasukan khusus indonesia, aksi beladiri militer indonesia, ahli beladiri indonesia, 7 beladiri yang disegani di indonesia versi on the spot, 6 pasukan elit indonesia yang ditakuti dunia, 5 pasukan khusus terbaik indonesia, 5 pasukan khusus terbaik di indonesia, 5 pasukan khusus indonesia yang ditakuti dunia, 5 pasukan elit khusus indonesia, 5 pasukan elit indonesia yg ditakuti dunia, 5 pasukan elit indonesia yang paling ditakuti dunia, 5 pasukan elit indonesia yang ditakuti dunia, 5 pasukan elit indonesia ditakuti dunia, 10 pasukan khusus terbaik di indonesia