Hal Negatif yang Seringkali Dimiliki Orang Jenius

Hal Negatif Orang Jenius – Menjadi orang jenius pastinya merupakan suatu anugerah dari Yang Maha Kuasa. Karena seperti yang kita tahu, orang jenius memiliki kecerdasan intelektual (IQ) tinggi bahkan dengan nilai di atas 145. Maka, tak heran jika orang jenius bisa melakukan hal-hal luar biasa yang tak terbayang atau atau tak terpikirkan kebanyakan orang.

Namun, bukan hanya berdampak positif saja, karena nyatanya ada juga halĀ  negatif yang dimiliki oleh orang jenius. Nah, penasaran kira-kira apa saja hal negatif tersebut?

Hal Negatif yang Dimiliki Orang Jenius

Hal Negatif yang Dimiliki Orang Jenius

Kebiasaan Buruk Yang Dimiliki Orang Jenius

1. Menderita Penyakit Mental

Keterkaitan antara penyakit mental dengan kecerdasan seseorang memang masih menuai perdebatan. Akan tetapi, beberapa penelitian menyatakan bahwa terdapat keterkaitan antara dua hal tersebut. Salah satu gangguan mental yang diteliti adalah gangguan bipolar yang hanya teridentifikasi pada 2.4 persen dari populasi di dunia. Dua tokoh jenius yang mengidap gangguan bipolar tersebut antara lain Vincent van Gogh dan Emily Dickinson serta beberapa seniman lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa ada suatu protein spesifik di otak yang berhubungan dengan rasa ingin tahu dan kekuatan memori yang terhubung dengan gangguan bipolar dan schizophrenia.

Studi lainnya menunjukkan bahwa seseorang yang mampu menyelesaikan soal matematika dan menyerap informasi dengan cepat dapat meningkatkan resiko mengalami gangguan mental lainnya, yaitu mania. Mania merupakan aktivitas psikomotor serta tingginya fokus yang dialami seseorang yang menderita bipolar disorder.

2. Sarkastik

Mengatakan kalimat sarkastik merupakan salah satu hal yang dianggap tidak terpuji. Namun ternyata, berkata kotor dan sarkastik secara ilmiah adalah pertanda kecerdasan pikiran. Studi yang dilakukan pada 2016 yang dipublikasikan di jurnal Language Science menyatakan bahwa kata umpatan dapat dihubungkan secara positif dengan kemampuan verbal seseorang. Dari studi tersebut, dapat dikatakan bahwa penggunaan umpatan merupakan perwujudan kemampuan gaya bicara dan kemampuan menguasai dan mengolah kosa kata. Kemampuan ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang jenius.

3. Pengambil Resiko

Orang-orang yang berpikiran tertutup, kolot, serta konservatif menganggap bahwa mengambil resiko adalah suatu hal yang negatif. Namun, hal tersebut bertentangan dengan kenyataan yang ada bahwa sebenarnya mengambil resiko menunjukkan kecerdasan berpikir seseorang. Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan di jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang yang menyukai tantangan dan tak takut mengambil resiko dianggap berkecenderungan memiliki intelektualitas tinggi.

4. Malas

Sifat malas adalah sifat yang tentunya dianggap tidak baik dan sering dikaitkan dengan kebodohan. Padahal, sains berkata sebaliknya. Sebuah studi yang dilakukan sebanyak 60 kali membuktikan bahwa orang yang tak suka berpikir akan merasa cepat bosan dan memutuskan untuk melakukan berbagai kegiatan fisik dan membuat mereka terlihat rajin. Sebaliknya, seseorang yang jenius cenderung senang berpikir dan mempelajari banyak hal baru dan kurang melakukan aktivitas fisik sehingga membuat mereka dianggap malas.

5. Kecemasan Tinggi

Kecemasan atau anxiety adalah suatu kondisi dimana seseorang terlalu banyak berpikir tanpa henti mengenai segala hal yang ia takutkan tak sesuai dengan harapan dan impiannya. Kecemasan yang sebenarnya merupakan hal kurang baik ini banyak ditemukan pada orang-orang berotak jenius karena mereka banyak berpikir. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang dengan kecerdasan verbal memiliki kemampuan untuk membuat pertimbangan tentang segala hal di masa lalu dan di masa depan dengan detil. Ternyata, hal tersebut adalah salah satu penyebab seseorang menderita kecemasan berlebih.

Itulah diatas beberapa hal negatif yang seringkali ada pada orang jenius. Semoga informasi diatas bermanfaat.